Kenikmatan Manisan Agar-agar Sebagai Cemilan Saat Santai Bersama Keluarga

Manisan Agar-Agar - (Sumber: berbagiresepmasakan.com) Manisan Agar-Agar - (Sumber: berbagiresepmasakan.com)

Agar-agar, salah satu hasil alam kekayaan laut, di Indonesia khususnya agar-agar ini memiliki jumlah yang amat melimpah karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Beberapa terkandung dalam agar-agar, salah satunya adalah sebagai pemenuhan kebutuhan serat untuk pencernaan manusia.

Manisan Agar-Agar - (Sumber: berbagiresepmasakan.com)

Manisan Agar-Agar – (Sumber: berbagiresepmasakan.com)

Agar-agar yang merupakan zat gel hasil olahan dari rumput laut, seiring perkembangan teknologi kini dapat dibentuk dalam kemasan bubuk dan sangat mudah dijumpai di pasaran. Kebutuhan manusia akan agar-agar ini dikarenakan agar-agar kaya akan kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori.

Umumnya agar-agar disajikan dalam bentuk basah seperti dalam bentuk puding atau jelly dengan varian yang menarik dan rasa yang manis. Dengan pilihan yang beragam tersebut membuat agar-agar disukai oleh siapapun, khususnya anak-anak. Namun meski kerap disajikan dalam bentuk basah, nyatanya agar-agar juga dapat disajikan dalam bentuk manisan kering. Rasanya yang manis, beraneka serta awet dalam penyimpanan membuat manisan agar-agar kering digunakan sebagai pilihan cemilan saat santai.

Berikut adalah resep dan cara membuat manisan agar-agar kering,

bahan yang perlu disiapkan:

  • 4 bungkus agar – agar warna netral atau putih.
  • 800 gr gula pasir.
  • 500cc air.
  • Pewarna dan pasta sesuai selera.

Langkah-langkah dalam manisan agar-agar kering:

  • Campurkan semua bahan dalam wadah dan rebus semua bahan hingga mendidih sambil diaduk-aduk rata.
  • Setelah agak mendingin, tuang ke dalam loyang berbentuk kotak atau persegi.
  • Setelah agar-agar di dalam loyang menjadi dingin, potong agar-agar berbentuk persegi memanjang menggunakan pisau bergerigi sehingga potongan agar – agar menjadi lebih indah.
  • Susun agar-agar yang telah di potong tersebut ke dalam loyang atau wadah datar, beri jarak antara potongan dan jemur di bawah sinar matahari sambil di balik beberapa kali sehingga agar – agar menjadi kering merata.
  • Jika cuaca cerah, proses penjemuran bisa memerlukan waktu 2 hari, akan tetapi jika cuaca selalu mendung bisa diperlukan waktu yang lebih lama untuk menjemur manisan agar-agar tersebut.
  • Apabila potongan agar – agar yang telah dijemur telah keluar kristal gulanya, dan dipegang sudah agak keras, berarti manisan agar-agar sudah kering dan bisa dinikmati.
  • Simpan di dalam toples atau wadah tertutup lainnya.

Manisan agar-agar yang memiliki warna yang menarik ini disukai oleh anak-anak dan kerap disajikan untuk mengisi waktu luang bersama . Pada saat lebaran, selain aneka kue kering juga aneka keripik atau stik. Untuk menambah lengkap suguhan kue, sajian manisan agar agar ini juga dianggap sangat cocok jika dihadirkan di tengah tengah sajian kue lebaran lainnya.

Varian Bentuk Manisan Agar-Agar - (Sumber: hiresep.com)

Varian Bentuk Manisan Agar-Agar – (Sumber: hiresep.com)

Manisan agar agar ini memiliki cita rasa yang manis dan kenyal tak heran jika manisan satu ini sangat disukai anak anak. Maka dari itu, daripada Anda membeli manisan yang dijajakan di pasaran, yang diketahui banyak mengandung zat pemanis buatan yang berbahaya bagi anak. Tidak ada salahnya jika Anda menghadirkan manisan buatan sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: