Kenapa Harga Produk Kecantikan Organik Lebih Mahal?

Ilustrasi: memakai krim perawatan kecantikanIlustrasi: memakai krim perawatan kecantikan

Harga kosmetik dan skincare terkadang dapat membuat kita bingung. Harga produk kecantikan organik bisa lebih mahal dibanding produk kecantikan modern yang mengandung bahan kimia. Padahal, efek pemakaian produk kecantikan berbahan dasar kimia lebih cepat dirasakan dibanding bahan herbal. Lalu, mengapa bisa demikian?

Alasan Mahalnya Produk Kecantikan Organik

Berbicara tentang kandungan pada produk kecantikan organik, sebagian besar tidak menggunakan bahan kimia. Bahan kimia pada kosmetik memang tidak bisa dikatakan berbahaya dan malah bisa bagus untuk kulit. Meskipun begitu, ada saja oknum yang menjual produk dengan bahan kimia yang tidak seharusnya dipakai untuk produk kosmetik.

Sepanjang tahun 2013, BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) telah menemukan sebanyak 4.232 macam kosmetik berbahaya yang dijual secara legal.[1] Kosmetik berbahaya adalah kosmetik modern yang mengandung bahan kimia tak terdaftar sebagai bahan kimia produk kecantikan. Skincare seperti ini biasanya dijual dengan harga yang murah dan tidak memiliki label yang jelas.

Sebagai solusi untuk menghindari pemakaian zat kimia di kulit wajah, Anda bisa beralih ke produk kecantikan organik. Dilansir dari HuffPost, kebanyakan produk kecantikan organik tidak mengandung parabean, petrolatum, dan pewangi buatan. Kosmetik seperti ini cenderung menggunakan bahan terbaik dari alam. Selain itu, wadah yang dipakai untuk mengemas bahan kosmetik organik juga bukan sembarangan. Biasanya, produk kecantikan organik dikemas dalam wadah khusus yang bukan bersifat daur ulang.

Baca juga:  Review Obat Benzolac untuk Mengatasi Jerawat Batu
Ilustrasi: produk perawatan kecantikan

Ilustrasi: produk perawatan kecantikan

Masih dikutip dari sumber yang sama, kombinasi bahan-bahan herbal pada produk kecantikan organik juga tidak bisa dicampur begitu saja. Efek samping dan manfaat setiap ekstrak tumbuhan akan diuji secara lab. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya reaksi alergi di kulit. Selain itu, setiap bahan dengan manfaat yang berbeda terkadang tidak bisa dicampur dengan bahan lain, meskipun mengandung nutrisi yang sama.

Bahan-bahan organik untuk membuat kosmetik tentunya tidak bisa didapatkan dengan mudah apalagi murah. Bahkan beberapa bahan, seperti witch hazel sebagai pengganti alkohol, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk diekstrak menjadi bahan aneka skincare, seperti essence, toner, dan serum. Biaya akan terus meningkat jika bahan yang diperlukan lebih banyak dan lebih dari satu. Seperti yang kita ketahui, dalam satu produk kecantikan, biasanya dibutuhkan lebih dari tiga macam bahan organik.

Baca juga:  Apa yang Terjadi pada Kulit Selama di Rumah Saja?

Mahalnya harga produk organik juga dipengaruhi oleh wadah kosmetik yang dipakai. Tidak semua bahan dari alam mampu bertahan dalam waktu yang lama. Kebanyakan akan mengalami proses oksidasi lebih cepat, apalagi jika mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk lemon dan asam. Sebagai solusi, biasanya pihak pabrik akan memilih wadah kosmetik yang terbuat dari kaca tebal dan berwarna gelap. Bisa dibilang, wadah premium seperti ini harganya lebih mahal dibanding pot kosmetik kimia yang biasanya terbuat dari bahan plastik atau akrilik.

Wadah kosmetik organik juga tidak boleh monoton jika ingin laris di pasaran. Sementara itu, mendesain sebuah kemasan produk tidaklah mudah dan biasanya membutuhkan biaya mahal. Untuk membuat desain khusus juga perlu memperhatikan bahan kemasan dan tidak bisa sembarangan. Ini adalah salah satu pekerjaan yang tidak mudah, karena harus memikirkan cat, ukiran, dan gambaran logo produk supaya bisa menempel di bahan wadah tanpa mengontaminasi kemasan atau isi produk.

Ilustrasi: bahan herbal organik untuk perawatan kecantikan

Ilustrasi: bahan herbal organik untuk perawatan kecantikan

Faktor lain yang menyebabkan produk kecantikan organik lebih mahal adalah proses pembuatan produk. Tak seperti produk modern berbahan kimia, para produsen harus berpikir lebih keras tentang cara mengelola bahan alami supaya tidak rusak dan manfaatnya bisa diserap oleh kulit. Kebanyakan bahan organik yang diekstrak biasanya mudah rusak dan kehilangan nutrisi, karena itu dibutuhkan mesin canggih yang harganya lebih mahal.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Atasi Kulit Kusam Agar Lebih Bercahaya

Dengan modal yang cukup besar untuk mendapatkan bahan, mengemas produk, dan membuat produk, tentunya pabrik kosmetik tidak ingin rugi, sehingga tak heran jika produk kosmetik organik harganya tidak murah. Sebagai solusi bagi Anda yang ingin meninggalkan produk berbahan kimia karena takut efek sampingnya, Anda bisa membeli produk kosmetik organik share in jar.

Sudah banyak toko kosmetik online yang menjual berbagai macam skincare berbahan dasar alami dengan kemasan repack yang harganya lebih murah. Selain itu, dengan membeli produk seperti ini, Anda bisa melihat apakah kulit Anda cocok dengan produk atau tidak. Sehingga, Anda tidak rugi sebelum ingin membelinya dalam jumlah banyak.

[1] Yoesmanam, Indarto Candra. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Organik. BISMA Jurnal Bisnis dan Manajemen UNESA, Vol. 7(2): 134-142.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: