Alasan Kenapa Artis Pilih Homeschooling Ketimbang Sekolah Formal

kenapa artis pilih homeschooling, mikha tambayongMikha Tambayong

Model pendidikan di era sekarang sudah mengarah ke fleksibilitas dan lebih mementingkan pemahaman. Hal ini tentu merupakan kabar baik. Pendidikan bisa menjadi kegiatan yang seru, bukannya membosankan. Termasuk hal ini juga berhubungan dengan beberapa alasan kenapa artis pilih homeschooling daripada sekolah konvensional.

Fleksibilitas namun pemahamannya mendalam, merupakan salah satu alasan yang dipilih. Sebab, dengan menjadi artis, tekanan dan sorotan dari dunia luar juga bakal meningkat. Bila sekolah biasa pada umumnya, tentu tekanan tersebut makin terasa. Alasan lain, banyak dari artis yang mengeluhkan jadwal padat mereka sehingga memilih homeschooling.

Lalu, kira-kira apa ya alasan mereka, kenapa artis pilih homeschooling? Berikut beberapa rangkuman ringkasnya.

1. Dul Jaelani

Dul Jaelani

Dul Jaelani

Berkarier sebagai pemusik tentu merupakan pilihan yang telah dipikirkan matang-matang oleh Dul, putra bungsu Ahmad Dhani. Sejak kecil memang sudah terlihat bakat bermusik dari ketiga putranya, termasuk Dul. Bahkan mereka juga pernah membentuk sebuah grup band bernama The Lucky Laki.

Baca juga:  5 Opsi Pekerjaan Freelance Online untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga

Keputusan Dul Jaelani untuk menekuni karier di bidang musik juga berdampak pada pendidikannya. Ia pun memutukan untuk memilih homeschooling sebagai alternatif untuk mengenyam pendidikan. Hal ini dipilih karena ia juga sudah memiliki jadwal yang padat. Namun begitu, ia juga tetap ingin bersekolah.

2. Nikita Willy

Nikita Willy

Nikita Willy

Mungkin kita sering lihat beberapa sinetron yang diperankan oleh Nikita Willy. Aktris muda berbakat yang dijuluki sebagai Ratu Sinetron, karena saking banyaknya series yang ia bintangi. Hal ini juga tak lepas dari mahirnya ia dalam berakting dan popularitasnya dalam menaikkan rating sebuah sinetron.

Jika dirunut, Nikita Willy ternyata juga memilih homeschooling sebagai jalur untuk mencari ilmu. Jalur non formal ini ia pilih karena jadwal syuting yang sangat padat. Sebelumnya ia pernah menjalani studi formal pada salah satu sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta, namun akhirnya memutuskan keluar.

3. Mikha Tambayong

kenapa artis pilih homeschooling, mikha tambayong

Mikha Tambayong

Artis cantik yang berbakat dalam akting dan juga bernyanyi, Mikha Tambayong pun memilih homeschooling sebagai alternatif pendidikan. Namun jangan salah, prestasi yang ia torehkan di bidang karier pun juga diikuti oleh prestasinya dalam bidang akademik. Ia dikenal sebagai wanita cerdas nan cantik.

Baca juga:  Korelasi Usia Ayah Dalam Perkembangan Mental Anak

Kini, ia sudah berhasil menempuh pendidikan di Harvard University. Hal ini membuktikan bahwa homeschooling bukan berarti tak bisa berprestasi. Semua tergantung pada usaha dan kegigihan masing-masing. Alasan ia memilih homeschooling pun tak jauh dari alasan pekerjaan sebagai artis.

4. Aurel Hermansyah

Aurel Hermansyah

Aurel Hermansyah

Anak dari artis Anang Hermansyah, Aurel, memilih homeschooling. Hal ini dipilihnya karena ia ingin mendalami pekerjaan sebagai artis. Pekerjaan yang tak jauh-jauh dari sinetron, film layar lebar, hingga menyanyi. Aurel tampak percaya diri dan ingin melanjutkan kiprah sukses sang ayah di bidang entertaintment.

Alasan ia mengikuti homeschooling juga karena ia ingin mengatur jadwal kesibukan di dunia entertaintment dengan profesi sebagai aktris dan penyanyi. Tentu hal ini bukan pekerjaan yang mudah karena harus membagi waktu antara pekerjaan, pendidikan, hingga keluarga. Karena itulah, Aurel memilih homeschooling.

Baca juga:  Studi Terbaru: Otak Wanita Lebih Lamban Menua Daripada Pria

5. Ranty Maria

Ranty Maria

Ranty Maria

Sama seperti Nikita Willy, Ranty pernah bersekolah formal di salah satu SMA di Jakarta. Namun lagi-lagi, padatnya jadwal syuting membuat mereka harus membagi prioritas. Karena tidak bisa dipaksakan apabila sekolah formal, maka ia memutuskan untuk mengambil homeschooling sebagai alternatifnya.

Homeschooling dinilai fleksibel dan bisa memberikan keluwesan untuk belajar. Sehingga bisa fokus untuk membagi waktu dan melakukan pekerjaan lain. Hal ini adalah kegiatan syuting yang harus dilakukan oleh Ranty mengingat jadwal sinetron yang ia ambil begitu padat.

Nah itu dia tadi sederet alasan kenapa artis pilih homeschooling daripada sekolah konvensional. Apapun alasan yang dipilih, tentu mereka telah mempertimbangkan keputusan tersebut secara matang. Mudah-mudahan juga bisa jadi bahan pertimbangan para orangtua, bila ingin anaknya homeschooling.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: