Kenali Cara Agar Wajah Tidak Kusam Serta Penyebabnya

Wajah Kusam - (Sumber: haicantik.com) Wajah Kusam - (Sumber: haicantik.com)

kusam bagi sebagian besar orang merupakan hal yang mengganggu. Khususnya bagi para wanita, karena merupakan aset utama selain rambut. Supaya Anda terhindar dari masalah tersebut, berikut cara agar tidak kusam:

  • Menghindari merokok. Kebiasaan merokok. Merokok selain akan merusak Anda, dapat juga menyebabkan kulit terlihat tidak menarik. Masalah kulit yang disebabkan karena rokok dapat tampak dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Zat karsinogenik dalam rokok sangat merugikan integritas dan struktur kulit. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen, membuat kulit tampak pucat, dan keriput.
  • Memakai perlindungan apabila terlalu lama atau sering berada di bawah paparan sinar matahari. Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan apabila Anda bekerja terlalu lama terkena sinar matahari adalah sunscreen, sunblock atau tabir surya. ini dilengkapi dengan SPF yang akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Hal tersebut penting apabila Anda khususnya sering beraktivitas di bawah sinar matahari pada pukul 10.00-14.00 WIB.
  • Menggunakan produk kulit yang tepat. Karena terlalu khawatirnya Anda terhadap ancaman kulit kusam, lalu membeli banyak produk yang diklaim memiliki khasiat mencegah masalah kulit tersebut. Hal ini malah akan menimbulkan masalah kulit yang baru dan tidak mendatangkan manfaat. Anda bisa memilih produk skincare yang sesuai dengan dan kebutuhan kulit masing-masing. Misalnya pelembap wajah. Apabila kulit Anda merupakan berminyak dan cenderung berjerawat, maka sebaiknya pilih pelembap yang oil free. Salah satu produk perawatan yang pertama serta yang utama adalah pembersih wajah. Pembersih wajah yang ditujukan mengatasi wajah kusam biasanya mengandung glycolic acid. Zat ini merupakan bentuk dari Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang biasanya ada pada produk eksfoliasi, penyembuh jerawat, pencerah wajah dan anti aging.
Membersihkan Wajah - (Sumber: merdeka.com)

Membersihkan Wajah – (Sumber: merdeka.com)

  • Rutin membersihkan wajah setelah bermakeup dan sebelum tidur. Waktu sebelum tidur adalah waktu bagi sel kulit melakukan regenerasi. Apabila Anda tidur dalam keadaan wajah yang kotor, dapat menyebabkan sel-sel kulit tidak dapat melakukan regenerasi dengan baik. Akibatnya, jika dilakukan terus-menerus dan menjadi kebiasaan tidur sebelum cuci muka, mengakibatkan kulit menjadi kusam.
  • Olahraga dan konsumsi makanan sehat. Makanan sehat tentunya bukan makanan siap saji, atau makanan seperti gorengan, makanan yang berlemak, dan lain sebagainya. Makanan sehat yang dimaksud di sini adalah dan sayur, karena keduanya mengandung zat-zat yang dapat membuat kulit terlihat segar dan sehat. Beberapa yang patut Anda coba adalah blueberry, cranberry, kacang merah, alpukat, jeruk, dan kiwi.
  • Tidur yang cukup. Tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk tidur, sekitar 6-8 jam tiap harinya.
  • Mengelola stres dengan baik. Selain cara mencegah, Anda perlu juga mengetahui penyebab kulit kusam. Penyebab masalah kulit ini bisa berasal dari luar ataupun dalam. Hal ini bisa diperparah karena kebiasaan atau gaya hidup yang buruk. Di bawah ini beberapa hal yang bisa menjadikan wajah menjadi kusam:
  • Tidak rutin melakukan eksfoliasi. Penyebab kulit kusam adalah adanya penumpukan sel kulit mati. Setiap harinya kulit akan menghasilkan kulit mati, oleh sebab itu perlu penanganan untuk hal yang satu ini yaitu eksfoliasi atau pengelupasan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati. Eksfoliasi juga dapat membuat kulit menyerap dengan lebih baik produk yang diaplikasikan ke wajah. Jika selama ini Anda merasa sudah rutin memakai skincare, akan tetapi tidak menunjukkan hasil yang maksimal, mungkin hal ini disebabkan karena Anda jarang atau tidak pernah melakukan eksfoliasi.
  • Kulit yang kurang lembap. Salah satu hal yang menjadikan kulit kusam adalah kurangnya kelembapan pada kulit. Kulit yang tidak cukup mendapatkan kelembapan akan tampak kering dan kusam. Sehingga disarankan untuk memakai pelembap setiap hari. Pilihan pelembap dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda.
Minum Air Putih - (Sumber: hellosehat.com)

Minum Air Putih – (Sumber: hellosehat.com)

  • Kurang minum air putih. Apa yang tampak pada kulit sebenarnya mencerminkan bagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda. Sama halnya apabila Anda tidak mempunyai kebiasaan untuk meminum cukup air putih. Apabila Anda jarang minum air putih akan menyebabkan tubuh dan kulit Anda terkena dehidrasi.

Dehidrasi yang menyebabkan kulit kering tidak selesai dengan hanya mengoleskan pelembap, tetapi juga harus didukung dengan perubahan kebiasaan, yaitu cukup minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

  • Stres. Penyebab berikutnya yang sudah menjadi cerita lama adalah stres. Seberapa mahal, seberapa dahsyat khasiat yang ditawarkan produk atau skincare Anda, apabila Anda tidak bisa menjaga pikiran serta pola hidup, maka hal tersebut akan sia-sia. Ketika berbicara mengenai stres, hal ini berdampak terhadap kulit Anda. Stres menyebabkan peningkatan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit. Rasa marah, kecewa, frustrasi, kecewa apabila tidak dapat dikendalikan dengan baik dapat menjadi penyebab kusamnya kulit wajah.
  • Tidak cukup tidur. Begadang. Hal ini agaknya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Apabila jam belum menunjukkan jam 12 atau jam 1 pagi, tubuh seolah belum mau diajak untuk tidur. Apapun yang menyebabkan Anda kurang tidur, entah itu stres atau karena pekerjaan, dan hal lainnya, akan menjauhkan Anda dari kulit yang diinginkan. Tidur adalah waktu di mana sel kulit memperbaiki diri dan regenerasi. Jika waktu regenerasi ini disingkat, sel kulit tidak dapat bekerja secara optimal. Karena tidak dapat bekerja optimal, kulit akan menjadi kusam dan area sekitar mata menghitam.
  • Polusi  udara dan paparan sinar matahari. Hidup di kota besar dengan banyaknya kendaraan berlalu lalang menyebabkan keadaan udara menjadi tidak sehat untuk kulit. Hal ini menyebabkan polusi udara yang nantinya berdampak terhadap kulit.

Selain polusi udara, terlalu lama atau sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit Anda kusam. Sebagai langkah preventif, Anda dapat memakai sunscreen atau sunblock dengan SPF yang cukup untuk mengurangi dampak buruk dari sinar matahari.

  • Jarang mencuci muka/mencuci muka tidak bersih. Hal ini dikhususkan bagi wanita yang gemar berdandan atau memakai makeup. Adanya makeup di wajah memang membantu Anda terlihat menarik, tetapi apabila tidak dibersihkan dengan benar, maka dapat menimbulkan masalah pada kulit. Sisa-sisa kotoran atau makeup yang tidak dapat terangkat dengan baik dan bersih, selain menyumbat pori-pori kemudian menimbulkan jerawat, juga dapat membuat kulit nampak kusam.
  • Kurang asupan buah dan sayuran. Bagi Anda pencinta buah serta sayuran, hal satu ini tentu tidak menjadi masalah. Lain halnya dengan yang kurang suka bahkan tidak doyan terhadap buah maupun sayur. Apa yang Anda konsumsi itu dapat memengaruhi kulit. Buah dan sayur mengandung zat-zat yang dapat membuat kulit terlihat segar dan sehat. Beberapa yang patut Anda coba adalah blueberry, cranberry, kacang merah, alpukat, jeruk, dan kiwi.

Setelah mengetahui beberapa alasan yang dinilai menjadi penyebab wajah menjadi tampak kusam, maka Anda dapat melakukan tindakan untuk menghindarinya. Kulit kusam dianggap tidak mendukung penampilan, karena selain tidak membuat kulit wajah tampak cerah, juga dapat membuat kulit tampak lebih tua daripada usia sebenarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: