Kenali Bentuk Tubuh Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

wanita, pria, bentuk, tubuh, faktor, masalah, kesehatan, apple shape, pear shape, makanan, olahraga, diabetes, kolesterol, ideal, dokter, penelitian, yoga, indeks, masa, IMS, pinggang, ukuran, otot Macam-macam bentuk tubuh pria & wanita

Setiap wanita dan terlahir dengan bentuk berbeda-beda. Dengan mengetahui bentuk , Anda bisa menentukan busana yang cocok dipakai. Namun ternyata lebih dari itu, bentuk juga bisa menjadi salah satu faktor untuk mengetahui masalah . Dilansir dari laman WebMD, berikut ulasannya.

Ectomorph

Satu sistem memisahkan bentuk tubuh menjadi ‘somatotypes’. Jenis ectomorph memiliki kerangka yang lebih sempit, tulang yang lebih tipis, dan sendi yang lebih kecil, dan mungkin lebih datar di dada dan pantat. Bentuk tubuh ini sangat melekat pada pelari jarak jauh, model fesyen, atau balerina. Meskipun Anda mungkin terlihat kurus dan sulit untuk menambah , Anda dapat memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada yang Anda pikirkan, terutama saat Anda bertambah tua. Itu karena tubuh Anda sering memproses makanan dengan cepat, yang membuatnya lebih sulit untuk membangun .

wanita, pria, bentuk, tubuh, faktor, masalah, kesehatan, apple shape, pear shape, makanan, olahraga, diabetes, kolesterol, ideal, dokter, penelitian, yoga, indeks, masa, IMS, pinggang, ukuran, otot

Bentuk tubuh ectomorph (sumber: mport.com)

Endomorph

Somatotip ini biasanya memiliki lebih banyak lemak tubuh dan otot, bahu yang lebih kecil, tungkai yang lebih pendek, dan struktur tulang yang lebih besar. Bentuk tubuh ini mirip dengan linemen sepak bola, pelempar tembakan, atau wanita kurator. Anda dapat menambah berat badan dengan mudah, terutama di bagian bawah perut dan pinggul, dan merasa lebih sulit untuk kehilangan. Ini mungkin sebagian karena tubuh Anda lebih mungkin menyimpan makanan ‘tinggi karbohidrat’ sebagai lemak daripada membakarnya.

wanita, pria, bentuk, tubuh, faktor, masalah, kesehatan, apple shape, pear shape, makanan, olahraga, diabetes, kolesterol, ideal, dokter, penelitian, yoga, indeks, masa, IMS, pinggang, ukuran, otot

Bentuk tubuh endomorph (sumber: mport.com)

Mesomorph

Somatotip ini memiliki tubuh atletis, kuat dengan bahu lebar, pinggang sempit, dan lemak tubuh rendah. Bentuk tubuh yang satu ini khas dengan pelari atau pemain sepak bola. Karena Anda secara alami kuat dan kehilangan dan menambah berat badan dengan mudah, jenis tubuh Anda sangat cocok untuk aktivitas pembentukan otot seperti binaraga.

wanita, pria, bentuk, tubuh, faktor, masalah, kesehatan, apple shape, pear shape, makanan, olahraga, diabetes, kolesterol, ideal, dokter, penelitian, yoga, indeks, masa, IMS, pinggang, ukuran, otot

Bentuk tubuh mesomorph (sumber: mport.com)

Pear Shape

Ini menggabungkan tubuh bagian atas ‘ectomorph’ yang lebih ramping dengan tubuh bagian bawah ‘endomorph’. Orang dengan bentuk ini memiliki lemak ekstra di area pinggul dan paha. Ini lebih umum di antara wanita, dan itu mungkin menjadi bagian dari alasan mereka sering hidup lebih lama daripada pria. Itu bisa karena lemak perut, lebih umum pada pria, terkait dengan masalah kesehatan yang lebih banyak daripada lemak tubuh bagian bawah. Satu studi menemukan bahwa dalam beberapa kasus lemak di pinggul dan paha terkait dengan kemungkinan lebih rendah untuk beberapa penyakit.

Bentuk tubuh pear/pear shape (sumber: mport.com)

Apple Shape

Juga disebut ‘perut bir’, itu berarti Anda memiliki lebih banyak lemak yang tersimpan di sekitar perut Anda, sementara tubuh bagian bawah Anda tetap kurus. Ini lebih sering terjadi pada pria, dan itu lebih buruk bagi kesehatan Anda daripada bentuk buah pir. Itu karena lemak perut sering menjadi pertanda bahwa Anda memiliki lebih banyak lemak di dalam, di sekitar organ internal Anda, bukan hanya di bawah kulit. Jenis itu lebih terkait erat dengan penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan kolesterol tinggi.

Bentuk tubuh apel/apple shape (sumber: mport.com)

Indeks Massa Tubuh (IMS)

Dokter tidak bergantung pada bentuk tubuh sendiri untuk mengetahui seberapa Anda. Mereka menggunakan beberapa alat untuk mengukur berapa banyak lemak tubuh yang Anda miliki, dan IMS adalah salah satunya. Ini adalah angka yang dihitung dari tinggi dan berat badan Anda. Skor 25 atau lebih memberi kesan Anda kelebihan berat; 30 atau lebih poin untuk obesitas. Tapi itu tidak mengukur lemak tubuh secara langsung atau memberi tahu Anda di mana di dalam tubuh, lemak cenderung hidup.

pinggang

Ini adalah cara sederhana untuk mengukur berapa banyak lemak yang ada di sekitar perut Anda, yang dapat memberitahu Anda peluang untuk masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Untuk memeriksa Anda, buatlah pita pengukur dengan pusar Anda dan keluarkan sekali lagi (jangan mengulum perut saat Anda mengukur). Pada wanita, 35 inci atau lebih adalah tanda terlalu banyak lemak perut. Pada pria, itu 40 inci. Angka-angka ini dapat sedikit berbeda jika Anda memiliki ukuran tubuh yang sangat besar.

Rasio Pinggang ke Pinggul

Ini adalah cara lain untuk mengukur lemak di sekitar bagian tengah tubuh Anda. Ukur pinggang Anda tepat di atas pusar dan bagi dengan ukuran pinggul Anda pada titik terlebar. Apapun yang lebih besar dari 0,85 untuk wanita atau 0,9 untuk pria menempatkan Anda di zona bahaya untuk masalah kesehatan. Apakah itu ukuran yang lebih baik daripada ukuran pinggang Anda? Penelitiannya tidak jelas. Tetapi banyak menunjukkan bahwa keduanya melakukan pekerjaan yang baik dalam memprediksi risiko kesehatan.

wanita, pria, bentuk, tubuh, faktor, masalah, kesehatan, apple shape, pear shape, makanan, olahraga, diabetes, kolesterol, ideal, dokter, penelitian, yoga, indeks, masa, IMS, pinggang, ukuran, otot

Mengukur lingkar pinggang dan pantat

Paha Besar, Kesehatan Lebih Baik?

Para ilmuwan mempelajari sekitar 3.000 orang selama lebih dari 12 tahun dan menemukan mereka yang pahanya diukur kurang dari 24 1/2 inci lebih mungkin memiliki penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Dan masalahnya memburuk saat paha menjadi lebih tipis. Namun, penelitian itu tidak melacak apakah paha orang itu lebih besar karena lemak, otot, atau keduanya, jadi sulit untuk mengatakan mengapa mereka lebih baik.

Ketika dokter mengawasi 4.000 pria antara usia 60 dan 79 untuk mencari tahu komposisi tubuh mereka, mereka menemukan bahwa bersama dengan pinggang ramping, lengan yang lebih besar tampaknya memprediksi hidup lebih lama dan kesehatan yang lebih baik. Mereka yang memiliki ukuran otot lengan tengah yang lebih besar hidup lebih lama. Mungkin saja bahwa lengan otot mencerminkan hidup yang lebih sehat, tetapi otot itu sendiri juga dapat membantu.

Untuk Bentuk Tubuh Ideal

Seringkali, bentuk tubuh Anda adalah sesuatu yang Anda miliki sejak lahir. Tetapi tidak peduli seperti apa penampilan Anda, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi sehat. Olahraga dapat membantu Anda menyingkirkan lemak yang lebih dalam dan membentuk otot, meskipun berat badan Anda tetap sama. Dan jika Anda menurunkan berat badan, latihan rutin dapat membantu Anda mempertahankannya. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya 30 menit latihan moderat setiap hari selama seminggu. Membangun otot dengan beban atau yoga juga bisa membantu.

Makanan Untuk Bentuk Tubuh Ideal

Lemak trans dan makanan dan minuman manis tampaknya meningkatkan lemak perut. Makan makanan yang berfokus pada sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Dan carilah protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: