Kelola Stres dan Cemas Dengan Metode Mindfulness

Praktik, mindfulness, teknik, metode, meditasi, istilah, menghindari, mengatasi, cemas, stres, distraksi, emosi, negatif, kepedulian, perhatian, fokus, definisi, penelitian, studi, kesadaran, latihan, sesi, tradisi, pakar, pikiran, perasaan, kualitas, hidup, hubungan, fisik, mental, manfaat, buddhis, Ilustrasi: stres kerap melanda manusia modern

Beberapa tahun terakhir istilah mindfulness mulai populer. Konon, praktik mindfulness adalah salah satu kunci menghindari dan mengatasi rasa cemas, pun stres. Banyak orang mengatakan, mindfulness-lah yang diperlukan di zaman yang penuh distraksi saat ini. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan mindfulness dan apakah berbeda dengan meditasi?

Apa itu mindfulness?

Tidak ada definisi khusus tentang mindfulness atau meditasi, meskipun sebagian besar penulis melihat kesadaran sebagai satu bentuk meditasi, yang mencakup banyak kegiatan lain seperti visualisasi dan kontemplasi. Perhatian penuh melibatkan fokus sepenuhnya pada apa yang terjadi di dalam diri Anda dan di luar Anda – menjadi pengamat tanpa terlibat dalam apa yang Anda amati.

Jon Kabat-Zinn menjelaskan dengan sangat apik: “Mindfulness means paying attention in a particular way: on purpose, in the present moment, and non-judgmentally.”

Dari definisi ini kita dapat simpulkan bahwa kunci dari mindfulness adalah memberikan perhatian (atensi) dengan cara tertentu. Perhatian adalah pintu menuju kesadaran. Kita tidak akan menyadari apa yang terjadi pada diri kita tanpa memberikan perhatian kepadanya. Namun, perhatian yang kita berikan perlu dilakukan dengan cara tertentu yaitu on purpose (secara sengaja; diniatkan), in the present moment (pada saat ini), non-judgmentally (tanpa menghakimi).

Praktik, mindfulness, teknik, metode, meditasi, istilah, menghindari, mengatasi, cemas, stres, distraksi, emosi, negatif, kepedulian, perhatian, fokus, definisi, penelitian, studi, kesadaran, latihan, sesi, tradisi, pakar, pikiran, perasaan, kualitas, hidup, hubungan, fisik, mental, manfaat, buddhis,

Ilustrasi: meditasi mindfulness di alam bebas

Situs web yang bermanfaat untuk tentang kesadaran disediakan oleh National Health Service of UK. Pelatihan mindfulness pribadi biasanya melibatkan dan menghabiskan banyak waktu dalam keheningan, seringkali dengan mata tertutup, untuk mencatat apa yang terjadi di sekitar Anda, seperti bersenandung cahaya atau suara mobil di luar, atau suasana udara mengalir melewati wajah dari AC.

Sering juga melibatkan apa yang sedang terjadi di dalam Anda, terutama napas Anda dan sensasi udara masuk melalui hidung Anda atau keluar dari mulut Anda. Tujuannya adalah untuk hadir dengan pengamatan ini, tidak terganggu oleh kekhawatiran tentang daftar hal yang harus dilakukan, hubungan Anda, atau beberapa kejadian baru-baru ini. Sering sesi kesadaran dimulai dan diakhiri dengan bunyi genta, yang merupakan tradisi yang berasal dari praktik meditasi Buddhis.

Jika Anda mempelajari -teknik kesadaran – memperhatikan sensasi fisik dan persepsi inderawi Anda, sambil belajar mengamati dan perasaan Anda – Anda cenderung mengelola stres dengan lebih baik, memiliki lebih sedikit episode depresi, dan mengurangi . Penelitian juga menunjukkan Anda mungkin mengalami kualitas hidup yang lebih baik dan yang lebih baik, meskipun kurang begitu dibandingkan dengan manfaat mental.

Praktik mindfulness

Mempraktikkan mindfulness berefek sama dengan meditasi. Hanya saja, Anda tak perlu duduk diam memejamkan mata sambil mengatur napas. Mindfulness adalah meditasi yang bisa Anda sisipkan dalam aktivitas sehari-hari. Beberapa pakar dikutip Psych Central dan Tiny Buddha memberi cara mempraktikkan mindfulness dalam keseharian.

Latih mindfulness dalam aktivitas sehari-hari. Jangan memulai hari macam pesawat dalam mode auto-pilot. Kata penulis The Mindful Manifesto, Ed Halliwell, Anda bisa mempraktikkannya saat mandi, jalan ke kantor, makan, dan lain-lain. “Anda bisa merasakan rutinitas itu ternyata lebih menyenangkan dan menarik,” ujar Halliwell.

Praktik, mindfulness, teknik, metode, meditasi, istilah, menghindari, mengatasi, cemas, stres, distraksi, emosi, negatif, kepedulian, perhatian, fokus, definisi, penelitian, studi, kesadaran, latihan, sesi, tradisi, pakar, pikiran, perasaan, kualitas, hidup, hubungan, fisik, mental, manfaat, buddhis,

Ilustrasi: meditasi di tengah aktivitas

Praktik dimulai sejak Anda bangun tidur. “Ini membantu Anda menyetel sistem saraf untuk kegiatan sepanjang hari, meningkatkan kemungkinan munculnya momen mindful lain,” ujar Lucas. Mulailah aktivitas saat Anda merasa sudah siap dengan sikap mindful.

Perhatikan, jangan dipikirkan. Bayangkan Anda adalah murid yang baru belajar melakukan sebuah aktivitas untuk pertama kalinya. Jangan menilai, memberi label, atau terlalu memikirkan apa yang Anda lakukan.

Gunakan kelima indera yang Anda miliki. Mindfulness berarti benar-benar merasakan apa yang sedang terjadi. Seperti apa aromanya, rasakan dengan tangan, bagaimana teksturnya, dengarkan dengan seksama.

Jika pikiran membelandang, itu pertanda baik. “Memiliki yang sibuk adalah aset,” Lucas berujar. Coba cek napas, diam sejenak dan atur napas kembali. Rasakan betul udara masuk, dan keluar. Ini akan mengembalikan Anda ke momen yang sedang terjadi.

Ada hal yang terus mengganggu pikiran? Satu trik yang biasanya berhasil adalah menuliskannya. Biasanya pikiran bisa sedikit , karena Anda tahu Anda bisa melihat tulisan itu lagi lain waktu.

Cari sebuah benda atau aktivitas sebagai pengingat untuk kembali ke modus mindful. Misal, saat minum teh di pagi hari, atau ketika Anda berkaca sambil mencuci tangan.

Latih mindfulness secara singkat. Menurut Lucas, otak kita merespons rentetan aksi mindful. Sikap mindful beberapa kali sehari lebih membantu daripada sesi panjang, bahkan semacam retret akhir pekan. Standar 20 menit bisa dipakai, namun memulai dengan beberapa menit sehari juga bisa dilakukan.

Praktik, mindfulness, teknik, metode, meditasi, istilah, menghindari, mengatasi, cemas, stres, distraksi, emosi, negatif, kepedulian, perhatian, fokus, definisi, penelitian, studi, kesadaran, latihan, sesi, tradisi, pakar, pikiran, perasaan, kualitas, hidup, hubungan, fisik, mental, manfaat, buddhis,

Ilustrasi: meditasi mindfulness

Meditasi membantu Anda untuk mempraktikkan mindfulness tanpa harus berusaha keras. “Cara terbaik untuk menumbuhkan mindfulness dalam hidup sehari-hari adalah belajar meditasi,” kata Halliwell.

Tak perlu menganalisis pengalaman mempraktikkan mindfulness. Anda hanya harus mencobanya terus setiap hari.

Studi paling baru menyebut manfaat dari belajar mindfulness yang bisa dirasakan orang lain di sekitar kita. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Experimental Psychology, orang yang melakukan praktik mindfulness ternyata menjadi lebih baik dan ramah pada orang asing, terutama orang yang menjadi korban.

“Ketika seseorang melihat orang lain menjadi korban, biasanya hal ini menyebabkan stres,” kata ketua peneliti Daniel Berry. Ia menambahkan, terkadang rasa stres dan kesal itu kita abaikan sehingga kita tidak terganggu oleh orang lain. Di lain pihak kita hanya merasakan negatif terhadap orang yang jadi korban. “Sebenarnya orang memang cenderung berpaling dari orang yang sedang butuh bantuan,” kata Berry.

Reaksi berbeda ditunjukkan oleh mereka yang secara rutin mempraktikkan mindfulness, terutama meditasi, karena secara emosi mereka lebih terhubung dengan orang yang menjadi korban. “Mereka tidak merasakan emosi negatif terhadap diri sendiri. Karena mereka punya kepedulian pada orang lain, dan hal ini spesifik pada kondisi mindfulness,” katanya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: