Kek Pisang, Camilan dari Pisang yang Unik Khas Batam

Cake Pisang [sumber]

Berbagai manfaat yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi pisang antara lain, menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan yang terdapat pada pisang juga diyakini mampu memperbaiki kualitas tidur, utamanya bagi orang yang memiliki masalah dengan tidur atau disebut dengan insomnia.

Dengan menambahkan pisang sebagai menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Kandungan kaya serat pada buah ini dianggap mampu membantu tubuh mencapai penurunan berat badan dan memperlancar sistem pencernaan. Namun juga menjaga perut tetap sehat.

Selain memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, buah pisang juga memiliki rasa yang manis dan lezat ketika dimakan langsung maupun dalam bentuk olahan. Buah ini kerap dianggap primadona bagi masyarakat Indonesia, maka tak heran jika hampir di setiap pelosok daerah terdapat berbagai macam pisang. Berbagai jenis makanan juga menggunakan pisang sebagai bahan dasar maupun bahan pendamping.

Baca juga:  Cara Diet Alami dan Sehat Saat Puasa

Kek pisang, merupakan salah satu contoh camilan berbahan dasar pisang yang diminati oleh masyarakat luas. Camilan ini merupakan oleh-oleh khas Batam, meskipun Pulau Batam bukanlah daerah penghasil pisang. Kek pisang Villa, merupakan salah satu macam kek pisang yang paling terkenal di Batam dan sudah diproduksi massal. Lokasi penjualan Kek pisang Villa terdapat di Citra Buana Industrial Park III, Lot 38 Batam Center.

Sebelum dijadikan sebagai produksi masal, Villa cake pisang ini berasal dari industri rumahan yang dirintis pasangan suami istri, Denny Delyandri dan Selvia Nurlia pada tahun 2006 lalu. Penanamaan Villa ini terinspirasi dari nama tempat tinggal mereka.

Hanya bermodalkan kompor dan oven, yang merupakan hadiah pernikahan. Mereka mencoba untuk membuat produk Kek pisang dengan resep warisan nenek Selvia Nurlia. Karena Kek buatan mereka dianggap memiliki rasa yang enak dan unik, maka pesanan pun kian bertambah banyak. Dari banyaknya peminat Kek pisang inilah, yang membuat Selvia menjadikan penganan pisang buatannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Batam.

Baca juga:  Dengan Sensasi Rasa Segar, Olahan Kolang Kaling Banyak Diminati Masyarakat
camilan kek pisang

Kek Pisang Villa khas Batam

Sebelum memutuskan untuk memiliki tempat produksi di Citra Buana, Selvia dan suami memproduksi kek pisang tersebut di rumah pribadi mereka yang berukuran 36 meter persegi. Namun karena meningkatnya jumlah pesanan, mereka memutuskan untuk menyewa sebuah ruko untuk proses pembuatan dan penjualannya.

Sebagai bahan baku pembuatan makanan khas Batam ini, Deddy memilih untuk menggunakan pisang Medan karena pisang Medan dianggap memiliki rasa yang khas dan sesuai dengan jenis penganan yang Ia produksi.

Mengenai pilihan rasa, kek pisang Villa ini memiliki beberapa varian dengan rasa yang lezat. Mulai dari kek pisang original, blueberry, blck forest, choconut, pandan cheese, fantastic yoghurt naga, buah naga dan banana bread. Namun setiap 3 bulan, setiap varian rasa diulas berdasarkan permintaan pasar. Akan tetapi beberapa varian rasa yang merupakan favorit pelanggan akan tetap dipertahankan, seperti kek pisang Villa rasa original.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: