Kegunaan Tepung Komachi untuk Roti dan Donat

Ilustrasi: tepung tinggi protein (sumber: goodness.com)Ilustrasi: tepung tinggi protein (sumber: goodness.com)

Untuk membuat kue manis yang empuk dan lezat, kebanyakan orang memilih menggunakan tepung Komachi. Tepung terigu ini mudah ditemukan di pasar, khususnya di toko bahan kue. Tepung Komachi tidak hanya bisa untuk membuat roti manis, tetapi ada banyak hidangan yang bisa Anda buat dengan tepung tersebut.

Tepung Komachi untuk Roti Manis

Tepung Komachi adalah bahan yang baik untuk membuat roti manis. Ini karena dalam pembuatan roti manis, Anda harus menggunakan tepung terigu berkualitas baik, mampu menyerap air dalam jumlah besar, dan dapat mencapai konsistensi adonan yang tepat.[1] Sehingga, adonan memiliki elastisitas yang baik dan bertekstur lembut dengan volume yang besar setelah dipanggang.

Dilansir dari puripangan.co.id, tepung terigu Komachi adalah tepung yang berasal dari Jepang. Tepung tersebut terbuat dari biji gandum pilihan, sehingga tepung memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding tepung terigu lainnya. Tepung terigu berprotein tinggi seperti ini memang paling pas jika dipakai untuk membuat roti, termasuk roti manis.

Produk tepung komachi

Produk tepung komachi

Selain mengandung protein yang tinggi, Komachi wheat flour juga memiliki kadar gluten yang tinggi. Kadar gluten yang tinggi mampu membuat adonan kue menjadi lebih elastis, kenyal, dan mudah diuleni. Hasil akhirnya, tekstur roti menjadi lembut dan mudah mengembang.

Baca juga:  Cara Membuat Henna dari Kunyit, Lengkap dengan Reviewnya

Membuat roti manis dengan bahan tepung Komachi tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan A, yang terdiri dari 300 gr tepung Komachi, 10 gr susu bubuk, 30 gr gula pasir, dan 5 gr ragi. Sementara, bahan B, antara lain 20 gr whipping cream bubuk, 1 butir kuning telur, dan 215 ml susu cair. Siapkan juga bahan C, antara lain sejumput garam, 30 gr margarin, dan bahan olesan berupa susu cair ditambah 1 butir kuning telur. Sebagai bahan tambahan atau isi, Anda bisa menggunakan cokelat atau keju.

Siapkan baskom plastik berukuran sedang dan masukkan bahan A. Setelah itu, campur dengan bahan B dan aduk menggunakan mixer. Tambahkan bahan C ke dalam adonan dan uleni adonan hingga kalis. Setelah itu, tutup adonan memakai plastik wrap selama 1 jam.

Setelah adonan mengembang, uleni sebentar dan bagi menjadi beberapa bagian. Isi adonan yang sudah dibagi dan biarkan selama 10 menit sebelum dipanggang. Olesi adonan menggunakan bahan olesan dan panggang adonan dengan oven selama 10 menit atau hingga matang.

Baca juga:  Cara Membuat Bika Ubi dengan Resep yang Sederhana

Tepung Komachi untuk Donat

Dilansir dari Detikfood, pada tepung Komachi, juga ditemukan bahan campuran lain. Tepung ini adalah jenis tepung terigu premix yang mengandung bahan pengembang dan pengempuk. Sehingga, hidangan yang dibuat memakai tepung Komachi, hasilnya akan lebih empuk dan terlihat bervolume. Karakteristik tepung Komachi ini cocok untuk membuat donat.

Ilustrasi: bahan membuat kue

Ilustrasi: bahan membuat kue

Tidak sulit membuat donat dari tepung Komachi. Siapkan 200 gr tepung Komachi, 50 gr terigu berprotein sedang, 40 gr gula pasir, 50 ml whipping cream cair, 60 ml air dingin, 1 butir telur, 5 gr susu bubuk, 5 gr ragi, 45 gr butter, dan 1/4 sendok teh garam. Siapkan juga coating secukupnya, biasanya orang menyukai gula kastor sebagai taburan donat.

Siapkan mangkuk plastik berukuran sedang dan masukkan tepung terigu, telur, kuning telur, gula, susu, ragi, dan whipping cream cair. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan tambahkan sedikit air dingin, yang bertujuan untuk menstabilkan kelembapan bahan. Uleni semua bahan hingga kalis dan tambahkan butter serta garam.

Baca juga:  Sejumlah Mitos Seputar Retinol dan Faktanya Menurut Dermatologis

Uleni lagi adonan dan bagi menjadi beberapa bagian, lalu bulatkan dan lubangi bagian tengahnya menggunakan jari. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memakai cetakan donat. Diamkan adonan selama 10 menit atau hingga mengembang, lalu goreng menggunakan minyak panas dengan api sedang. Donat yang sudah jadi bisa ditaburi dengan gula kastor dan dihidangkan selagi hangat.

Selain bisa dijadikan bahan untuk membuat resep di atas, Anda bisa menggunakan tepung Komachi untuk membuat mie, roti maryam, dan roti gulung. Namun, tepung ini tidak cocok dipakai untuk membuat biskuit, crackers, dan roti kering. Ini karena tepung protein tinggi tersebut memiliki daya tahan yang kurang baik dan tidak bisa membuat adonan menjadi garing saat dibakar.

[1] Makmur, Satria A. 2018. Penambahan Tepung Sagu dan Tepung Terigu pada Pembuatan Roti Manis. Gorontalo Agriculture Technology Journal Universitas Gorontalo, Vol. 1(1): 1-9.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: