Enggak Kalah dari Terigu, Ini Kegunaan Tepung Kentang yang Perlu Anda Ketahui

Tepung kentang (sumber: pinterest)Tepung kentang (sumber: pinterest)

Kentang dapat diolah menjadi beberapa makanan, baik makanan pokok maupun kudapan. Fungsi kentang yang lain adalah sebagai bahan baku tepung. Tepung kentang merupakan bahan baku untuk berbagai macam makanan, seperti makanan bayi, cake, dan pastry.

Dalam jumlah sedikit, tepung kentang juga berfungsi sebagai pengental dan pengempuk adonan. Adonan kue yang terbuat dari tepung terigu atau tepung yang lain akan menghasilkan makanan yang empuk jika dicampur dengan tepung kentang. Hal ini disebabkan karena amilopektin pada kentang dapat mengikat air lebih banyak, sehingga adonan menjadi lunak.

Pati kentang memiliki kandungan amilosa sebesar 21% dan amilopektin sebesar 79%. Pati tersebut memiliki granulasi yang lebih besar daripada beras, gandum, ubi kayu, dan jagung, sehingga suhu gelatinasinya lebih rendah. Hal ini menyebabkan pati kentang cepat matang.

Jika dibandingkan dengan tepung lainnya, waktu untuk mematangkan tepung kentang lebih singkat. Hal ini tentu sangat baik untuk menjaga kualitas zat gizi yang dikandungnya. Selain itu, juga akan menghemat energi untuk mengolahnya.[1]

Tepung kentang memiliki karakteristik yaitu, mempunyai daya serap yang tinggi, tekstur halus, rasa sedikit manis, dengan aroma harum khas tepung kentang dan zat-zat gizi yang lainnya atau yang memungkinkan digunakan sebagai substitusi tepung terigu.[2]

Baca juga:  Rempah Populer, Bunga Lawang untuk Masak Apa?
Kentang

Kentang

Tepung kentang bisa digunakan menjadi bahan filler bakso. Adonan yang menggunakan tepung kentang akan memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan menggunakan tepung tapioka. Jika menggunakan tepung kentang, proses memasak bakso tidak membutuhkan waktu lama. Dibandingkan dengan tepung tapioka, tepung kentang lebih mudah menjadi gel (lebih cepat matang) pada suhu yang lebih rendah.[3]

Jika dibandingkan dengan tepung terigu, penggunaan tepung kentang sebagai bahan pengental relatif menghasilkan efek pengentalan yang jauh lebih merata dan tidak berbau seperti pengentalan menggunakan tepung terigu.

Tepung kentang pun kerap digunakan sebagai bahan campuran untuk berbagai jenis makanan, seperti makanan cepat saji, daging olahan, makanan yang dipanggang, sosis, mie, saus, sup, permen, makanan hewan peliharaan, hingga keju parut.

Penggunaan tepung kentang disebut-sebut dapat membantu meningkatkan rasa, tekstur, stabilitas, penampilan, dan kenikmatan produk makanan. Selain itu, tepung kentang juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku campuran produksi kertas, tekstil, dan industri perekat atau lem.

Baca juga:  Cara Membuat Makanan Kucing Seperti Whiskas Varian Dry Food dan Wet Food

Tepung kentang pun bermanfaat sebagai salah satu bahan baku dan penambah nutrisi pada produksi makanan ternak. Tepung kentang kaya akan protein untuk pakan ternak seperti sapi perah. Tepung kentang disebut memiliki nilai gizi yang tinggi serta melancarkan proses pencernaan dengan baik.

Nah, sebagai gambaran, berikut ini kami sajikan resep donat menggunakan tepung kentang yang nikmat untuk santapan bersama keluarga.

Donat kentang

Donat kentang

Resep Donat Kentang

Bahan Donat Kentang

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 45 gram gula pasir
  • 100 gram tepung kentang
  • 1 sdm (sendok makan) susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega suhu ruangan
  • 1/4 sdt garam halus

Bahan Biang untuk Donat Kentang

  • 1 sdt (sendok teh) ragi instan
  • 1 sdt gula pasir
  • 120 ml air hangat

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Campurkan bahan biang, biarkan sampai berbuih, sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu protein tinggi, tepung protein sedang (serbaguna), tepung kentang, gula, dan susu bubuk, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan telur dan bahan biang, aduk rata. Kemudian uleni hingga setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  4. Bulatkan adonan, letakkan di mangkok dan tutup dengan lap bersih atau plastic wrap hingga mengembang 2 kali lipat.
  5. Jika sudah mengembang, kempiskan adonan. Gilas adonan dan cetak menjadi bentuk donat.
  6. Proofing kembali hingga adonan yang sudah dicetak mengembang. Jika sudah terasa empuk, maka donat pun siap untuk digoreng.
  7. Panaskan minyak, goreng donat dalam sekali balik. Lalu tiriskan. Beri topping sesuai selera.
Baca juga:  Review Bedak Latulipe No 5

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Donat yang dibuat dengan kentang atau tepung kentang biasanya akan terasa lebih empuk dan lembut dibanding donat yang memakai tepung terigu biasa.

[1] Lingga, L. 2010. Cerdas Memilih Sayuran. Topan, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 207.

[2] Anova, IT dkk. 2014. Substitusi Tepung Terigu dengan Tepung Kentang (Solanum Sp) Pada Pembuatan Cookies Kentang. Jurnal Litbang Industri. 4(2): 123-131.

[3] A, Yuyun. 2007. Panduan Wirausaha Membuat Aneka Bakso. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 9.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: