Kegunaan Soda Ash untuk Kehidupan Sehari-Hari yang Perlu Anda Tahu

Soda ash (sumber: ksb.com)Soda ash (sumber: ksb.com)

Soda ash rupanya memiliki banyak kegunaan atau manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bahan kimia yang memiliki beberapa sebutan lain seperti natrium karbonat, soda cuci, dan soda abu ini memiliki simbol kimia Na2CO3.

Dilansir dari Wikipedia, soda ash merupakan garam natrium dari asam karbonat yang mudah larut dalam air. Natrium karbonat murni berwarna putih, bubuk tanpa warna yang menyerap embun dari udara, punya rasa alkalin/pahit, dan membentuk larutan alkali yang kuat.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahan satu ini menyimpan banyak fungsi untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari untuk keperluan pembuatan makanan hingga untuk keperluan rumah tangga. Agar lebih jelas, simak ulasan lengkap mengenai kegunaan soda ash berikut ini.

Fungsi Soda Ash

  • Untuk makanan. Berbeda dengan penggunaan lainnya, soda ash yang digunakan untuk makanan adalah jenis soda ash light food grade. Bahan ini berfungsi meningkatkan kekuatan adonan atau kekerasan bahan makanan seperti mie dan lain-lain. Efek dari pemakaian garam alkali atau soda ash pada mie akan membuatnya terlihat lebih kuning, lebih awet segarnya atau tidak cepat basi.
  • Membersihkan air di kolam renang. Soda ash bekerja dengan cara membuat semua kotoran di kolam renang mengendap di bawah atau dasar kolam, kemudian dapat dihilangkan dengan cara memasukkan kotoran lewat filter air.
  • Menjaga dan meningkatkan pH air kolam renang. Saat musim hujan, pH air di kolam renang akan mudah menurun. Agar pH air kembali tinggi dan kolam jernih dan bersih, Anda bisa memanfaatkan soda ash.
  • Melembutkan dan menjernihkan air. Soda ash juga dapat membuat air kolam renang terasa lebih lembut dan nyaman untuk kulit. Hal tersebut penting supaya air di kolam renang tak merusak kulit Anda.
  • Menyerap kelembapan udara. Soda ash yang bersifat asam ternyata dikenal baik untuk menjaga air dari kelembapan udara yang dapat memengaruhi kualitas air di kolam renang. Dengan pemakaian soda ash dapat menyerap kelembapan udara, sehingga air kolam renang tak mudah berbau atau kotor. Selain itu, soda ash juga dapat menjaga air kolam tetap jernih.
Ilustrasi: soda ash untuk menjernihkan kolam (sumber: ebay.com)

Ilustrasi: soda ash untuk menjernihkan kolam (sumber: ebay.com)

  • Dapat dimanfaatkan untuk membuat sabun colek atau detergen. Menurut Permono (2015), bentuk fisik soda ash adalah bubuk putih. Bahan ini berfungsi meningkatkan daya bersih. Namun, dengan tujuan menaikkan daya bersih sabun colek, kita tidak bisa menambah soda ash terlalu banyak. Dalam penyusunan formula, komposisi dari soda ash dibatasi tidak lebih dari 7%. Hal ini karena dapat menimbulkan rasa panas di tangan pada saat mencuci.
  • Dapat digunakan sebagai pelembut air dalam mencuci pakaian. Ia beradu dengan ion magnesium dan kalsium di air dan mencegahnya berikatan dengan deterjen yang sedang dipakai.
  • Natrium karbonat juga dapat dipakai untuk menghilangkan minyak, oli, dan karat anggur.
  • Soda ash dapat digunakan dalam eksperimen atau pengujian untuk membedakan ion logam yang lain, yang akan diendapkan dengan ion karbonat.
  • Dapat digunakan sebagai tambahan pangan (E500) yaitu pengatur keasaman, anti-lengket pada kue, pengembang, dan penstabil.
  • Digunakan dalam pasta gigi, sebagai pembentuk busa dan abrasi, serta sementara menaikkan pH mulut.
  • Untuk pembuatan kaca.
Baca juga:  Meski Dijalankan Dengan Modal Kecil, Bisnis Nasi Bungkus Mampu Datangkan Keuntungan yang Menggiurkan

Bahaya & Efek Samping Soda Ash

  • Apabila terkena mata, soda ash dapat menimbulkan rasa perih, panas, dan juga mata merah. Hal ini bisa Anda alami jika masuk dalam kolam renang yang soda ash-nya terlalu banyak. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan mata dengan air mineral atau obat (cairan) pembersih mata khusus.
  • Bila terkena kulit dapat menimbulkan rasa panas, gatal, dan kasar. Oleh sebab itu, bila kolam renang baru diberi soda ash, sebaiknya ditunggu dulu selama beberapa jam hingga kotoran mengendap dan air kembali bersih. Efek samping tersebut bisa ditanggulangi dengan cara mandi menggunakan air bersih setelah berenang dan memakai pelembap kulit.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir bahaya atau efek samping dari soda ash, sebaiknya gunakan bahan kimia satu ini secukupnya sesuai kebutuhan.

Baca juga:  Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Entok

Referensi:

Permono, Ajar. 2015. Membuat Sabun dan Shampo. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: