Kegunaan & Review Pixy Contour Kit (Highlight & Shading Perfecting Face Shape)

produk, contour, di, pasaran, Pixy, highlight, shading, perfecting, face, shape, berat, 10 gr, harga, Rp 40.000, kit, warna, coklat, dan, putih, shimmer, powdery, serbuk, kegunaan, review, konsumen, kemasan, compact, powder, aplikator, kacaMakeup shading (fstoppers.com)

Dalam dunia makeup, bagi pemula maupun yang sudah ahli mungkin akan sering mendengar mengenai istilah contour. Contour atau contouring merupakan teknik untuk membentuk struktur wajah.

Kegunaan dari contour juga ditegaskan oleh Mario Dedivanovik, seorang makeup artist langganan Kim Kardashian, menambahkan bahwa jika contour selain dapat digunakan untuk membentuk struktur wajah, juga bisa membuat wajah memiliki dimensi dan simetri. Teknik contouring juga bisa meniruskan wajah sehingga tampak lebih kecil.

Dilihat dari fungsinya, contour memiliki fungsi menciptakan bayangan untuk mendefinisikan fitur wajah. Mudahnya adalah membuat wajah terlihat tirus. Area wajah yang dibentuk lebih tirus seperti pipi, kemudian hidung lebih mancung, dan juga dahi yang lebar pun bisa terlihat lebih kecil. Teknik contouring ini biasa digunakan untuk membuat ilusi agar area wajah tertentu sedikit tersembunyi dengan permainan warna.

Area aplikasi contour biasanya di pipi yang chubby atau tembam. Bagi yang merasa punya pipi chubby atau tulang pipinya kurang menonjol, Anda bisa mempraktikkan teknik contouring. Caranya, aplikasikan tepat di bawah cekungan tulang pipi; atau mudahnya tarik garis dari telinga ke arah ujung mulut, lalu berhenti di tengah pupil mata.

Selain pipi, contour juga digunakan di hidung. Anda yang ingin hidung terlihat lebih mancung juga bisa menggunakannya di kedua sisi hidung. Begitu juga dengan area dahi, kalau ingin mengurangi penampakan lebar dahi, pakai produk contour di kedua sisi, tapi jangan melebihi lengkungan alis.

Anda yang merasa punya dahi panjang, bisa juga menggunakan contour secara mendatar di bagian dahi teratas. Contour pun bisa diaplikasikan pada sepanjang rahang untuk semakin mendefinisikan bentuk wajah Anda.

produk, contour, di, pasaran, Pixy, highlight, shading, perfecting, face, shape, berat, 10 gr, harga, Rp 40.000, kit, warna, coklat, dan, putih, shimmer, powdery, serbuk, kegunaan, review, konsumen, kemasan, compact, powder, aplikator, kaca

Makeup (jennysuemakeup.com)

Walau sekilas mirip dengan bronzer, namun warna yang paling cocok digunakan untuk contour adalah warna cokelat yang lebih gelap 1 sampai 2 shade dari warna kulit asli. Untuk wanita Indonesia kebanyakan, biasanya Anda bisa memilih warna coklat yang memiliki undertone netral. Yang harus diperhatikan lagi adalah hasil akhirnya. Sebaiknya pilih yang matte, jangan yang shimmery. Karena tujuan di sini adalah ingin membuat bayangan, kalau ada shimmer atau glitter yang berkilau, akan berlawanan dengan tujuannya.

Untuk produk yang digunakan, Anda bisa menggunakan kuas atau brush. Kuas jadi alat makeup utama untuk contour powder atau contour cream. Berbeda lagi dengan contour stick, kalau itu Anda bisa langsung mengaplikasikan dari produknya.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah cara membaurkannya. Pastikan untuk membaurkan ‘peta’ contour di wajah ke arah atas. Tidak disarankan untuk membaurkannya ke bawah karena garis contour yang semakin diseret ke bawah, malah akan membuat wajah terlihat turun dan tua.

Alat yang dibutuhkan untuk melakukan teknik contouring antara lain kuas makeup berujung rata yang pipih, kuas yang ujungnya mengerucut/tapered brush, kuas yang berujung miring/angled brush, atau bisa juga menggunakan beautyblender.

Produk contour yang bisa dipilih di pasaran sudah banyak tersedia. Mulai dari brand lokal hingga luar negeri. Dari harga yang cukup terjangkau hingga yang terbilang mahal (high end). Bagi Anda yang lebih menyukai produk dengan harga terjangkau, mungkin bisa memilih produk Pixy Highlight & Shading Perfecting Face Shape. Produk dengan berat 10 gr tersebut dijual dengan harga Rp 40.000.

Walaupun namanya shading, tetapi sebagian konsumen menggunakan produk tersebut untuk contour. Produk tersebut juga ada yang menyebutnya contour kit. Produk itu terdiri dari dua warna, coklat untuk shading (contour), dan warna putih untuk highlight.

Dari kemasannya, Pixy membungkus produk shading tersebut dengan box berwarna pink. Bagian depan tampak nama produk dan sedikit aksen berwarna pink. Di bagian belakang, terdapat penjelasan akan kegunaan produk.

Bagi pemula, menurut beberapa review, tidak perlu takut untuk membeli produk dari Pixy tersebut. Hal itu dikarenakan, di dalam produknya terdapat petunjuk pemakaian secara universal.

produk, contour, di, pasaran, Pixy, highlight, shading, perfecting, face, shape, berat, 10 gr, harga, Rp 40.000, kit, warna, coklat, dan, putih, shimmer, powdery, serbuk, kegunaan, review, konsumen, kemasan, compact, powder, aplikator, kaca

Pixy Contouring Kit (lucymarrafa.blogspot.com)

Kemasan produk sendiri berbentuk seperti compact powder, bulat, dan berwarna hitam. Kemasannya terbuat dari plastik yang cukup ringan jika dibawa. Tetapi, dengan bentuk dan ukuran seperti itu, akan memudahkan Anda jika dibawa bepergian.

Di bawah kemasan, ada penjelasan mengenai nama produk, berat, tanggal kedaluwarsa produk sebelum dibuka, dan diproduksi oleh perusahaan apa. Saat produk dibuka, akan tampak produk dan dilengkapi dengan kaca yang besarnya menyesuaikan. Sayangnya, contour kit tersebut tidak dilengkapi dengan aplikator, sehingga mengharuskan Anda untuk membelinya secara terpisah. Atau, menggunakan peralatan makeup yang sudah Anda miliki.

Ketika diaplikasikan secara baik, contour akan terlihat natural di wajah. Warna shadingnya terbilang ‘warm’ dengan highlight translucent dengan shimmer yang tidak terlalu berlebihan. Pixy Highlight & Shading tersebut dinilai cukup powdery, sehingga apabila Anda tidak berhati-hati, bisa saja serbuk shading akan jatuh ke bagian highlight. Selain itu, produk tersebut juga memiliki aroma, yang menurut beberapa orang seperti bedak zaman dahulu, tetapi masih tergolong tidak mengganggu. Tetapi, jika dipulaskan ke wajah, aroma tersebut tidak tercium.

Dilihat dari ketahanan, beberapa orang memiliki pendapat berbeda. Ada yang mengatakan, karena produk dari Pixy tersebut dapat bertahan lama meskipun sudah digunakan seharian. Tetapi, ada pula yang mengatakan bahwa produk tersebut hanya mampu bertahan selama 3 hingga 4 jam tanpa membuat kesan berminyak.

Walaupun di satu sisi ada kekurangan, tetapi produk dari Pixy tersebut dinilai mudah untuk diaplikasikan dan juga dibaurkan. Secara keseluruhan, produk shading & highlight tersebut bisa direkomendasikan untuk para pemula yang baru belajar makeup. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga, produk itu bisa digunakan oleh mereka yang sudah ahli dalam berdandan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: