Tak Hanya untuk Masak, Ini Kegunaan Lain Minyak Wijen yang Perlu Anda Ketahui!

Minyak wijen (sumber: ikoma.co.id)Minyak wijen (sumber: ikoma.co.id)

Minyak wijen termasuk jenis minyak yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kegiatan masak-memasak hingga untuk perawatan kulit. Minyak yang memiliki beragam kegunaan ini adalah minyak esensial dari biji wijen. Secara umum terdapat dua jenis minyak wijen, yakni minyak wijen yang dibuat dari wijen mentah dengan warna minyaknya yang cenderung lebih bening. Kemudian ada pula minyak wijen yang berasal dari biji wijen sangrai yang memiliki warna cenderung lebih keruh serta memiliki aroma yang lebih harum.

Menurut Lingga (2012), minyak wijen termasuk minyak nabati yang bermutu. Minyak tropis ini memiliki titik asap yang cukup tinggi (sekitar 190⁰C), maka dapat kita gunakan untuk memasak. Kita pun dapat menggunakan minyak wijen untuk menumis asal tidak kita panaskan pada suhu yang terlalu tinggi hingga membentuk asap.

Masih menurut sumber yang sama, minyak wijen yang paling baik adalah minyak wijen murni (Virgin Sesame Oil: VSO). Minyak tersebut dihasilkan dengan cara pengepresan biji wijen pada suhu rendah, maka kemurnian zat yang dikandungnya relatif terjaga. Minyak wijen jenis ini termasuk dalam pangan fungsional (neutraceutical oil) yang termasuk dalam golongan suplemen.

Biasanya minyak wijen yang paling mudah ditemui di pasaran adalah jenis minyak wijen yang telah dipress dengan suhu tinggi dan juga dipanaskan ketika ditambahi bahan lain seperti rempah-rempah. Minyak wijen jenis itu biasanya lebih cocok digunakan untuk memasak (menambah sedap rasa makanan) dan kurang menawarkan khasiat untuk perawatan kulit atau kesehatan.

Manfaat Minyak Wijen

Minyak wijen (sumber: productnation.co)

Minyak wijen (sumber: productnation.co)

  • Sate yang dioleskan minyak wijen sebelum dibakar akan lebih harum dan lezat (Sitanggang, 2005).
  • Sedikit tetesan minyak wijen ke dalam adonan siomay sebelum dikukus akan membuat siomay terasa lebih gurih.
  • Mie goreng yang diberi tetesan minyak wijen akan terasa lebih harum dan juga lezat.
  • Membuat rasa nasi goreng lebih sedang.
  • Membuat rasa mie ayam lebih lezat jika Anda campurkan dengan bumbu-bumbu lainnya.
  • Mencegah rebusan pasta atau mie supaya tidak lengket atau membuat teksturnya terasa lebih kenyal.
  • Melenyapkan bau amis pada daging ayam.
  • Membuat aneka tumisan terasa semakin sedap.
  • Mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas.
  • Membantu proses penyembuhan luka, termasuk luka bakar ringan karena di dalamnya mengandung antioksidan, anti radang, dan antimikroba.
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena dikenal kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.
  • Konsumsi minyak wijen secara rutin dalam batas yang wajar diklaim dapat mengurangi risiko pembentukan sumbatan pembuluh darah jantung menurut sebuah penelitian berskala kecil, seperti dilansir Alodokter.
  • Dapat digunakan sebagai minyak pijat karena sifatnya yang dapat melembapkan kulit.
  • Bersifat antibakteri yang bisa mencegah masuknya kuman dalam tubuh seperti Staphylococcus dan Streptococcus, serta jamur kulit yang dapat menyebabkan penyakit kutu air atau tinea pedis.
  • Melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.
  • Membantu mengontrol gula darah bagi mereka yang menderita diabetes.
  • Meredakan nyeri di tubuh dengan cara mengoleskannya dari luar atau dikonsumsi sebagai bahan makanan dan jamu.
  • Meningkatkan kesehatan rambut, terutama bagi Anda yang mengalami rambut rapuh dan mudah patah.
  • Bisa dipakai untuk menghitamkan rambut, terutama minyak wijen yang dibuat dari wijen hitam.

Walaupun minyak wijen pada dasarnya dikenal relatif aman untuk dikonsumsi atau digunakan, pada beberapa kondisi kemungkinan minyak wijen juga bisa menyebabkan beberapa reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal dan ruam, sampai reaksi alergi yang berat atau reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis sendiri terjadi ketika sistem imun tubuh melepaskan zat pembentuk kekebalan tubuh yang bisa menyebabkan tekanan darah turun drastis atau syok dan saluran udara menyempit. Jika terjadi kondisi semacam ini, penderita dapat mengalami sesak napas hingga berujung kematian jika tidak segera ditolong.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu berhati-hati setiap hendak mengonsumsi atau menggunakan produk apapun. Pastikan juga untuk menggunakan minyak wijen sewajarnya atau jangan terlalu berlebihan.

Referensi:

Baca juga:  Berwarna Gelap, Bedak Fanbo Dinilai Cocok Digunakan Untuk Shading

Sitanggang, Tiurma. 2005. A-Z Tips Seputar Rumah: Dari Urusan Dapur Sampai Problem Tanaman. Maruti IA, editor. Depok (ID): Kawan Pustaka.

Lingga, Lanny. 2012. The Healing Power of Antioxidant. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: