Manfaat/Kegunaan Kapur Sirih dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kegunaan Kapur Sirih - hellosehat.comKegunaan Kapur Sirih - hellosehat.com

Masyarakat Indonesia sampai saat ini tentu masih banyak yang memanfaatkan kapur sirih untuk kehidupan sehari-hari. Dulunya bahan satu ini lebih sering dipakai untuk menginang, dengan cara ditambahkan dengan buah pinang dan dikunyah setiap hari karena dipercaya dapat membuat gigi lebih putih dan kuat. Meski tradisi tersebut kini sudah cukup jarang dilakukan, rupanya kapur sirih tetap banyak dipakai karena menyimpan sejumlah kegunaan.

Kapur sirih kini lebih banyak digunakan dengan cara dicampurkan air, kemudian ditambahkan pada makanan seperti gorengan, keripik, atau semacamnya. Penggunaan air kapur sirih dalam dunia kuliner diyakini dapat membuat makanan terasa lebih renyah, gurih, dan juga nikmat. Pencampuran air kapur sirih dalam makanan lain seperti klepon bahkan bisa membuatnya lebih kenyal dan kesat. Nah, daripada penasaran, simak sederet kegunaan kapur sirih lengkap dengan cara-cara pemakaiannya berikut ini.

Manfaat Kapur Sirih

Membuat Keripik Lebih Garing
Air kapur sirih kerap dipakai untuk membuat gorengan atau bahkan keripik supaya lebih garing. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengiris tipis bahan untuk keripik, lalu cuci dengan air sampai air bilasannya bening. Kemudian air kapur sirih yang telah diencerkan, ambil bagian beningnya saja dan dipakai untuk merendam bahan keripik tersebut selama 1 jam. Tiriskan dan goreng sampai kering.

Membuat Klepon atau Cendol Lebih Kesat & Kenyal
Beberapa sendok air kapur sirih dapat ditambahkan dalam adonan cendol atau klepon supaya hasilnya lebih enak, kenyal, dan tak mudah hancur.

Makanan Klepon yang Memakai Air Kapur Sirih - www.hipwee.com

Makanan Klepon yang Memakai Air Kapur Sirih – www.hipwee.com

Membuat Rempeyek Lebih Garing dan Tahan Lama
Anda dapat memakai air kapur sirih (bagian yang bening saja) untuk dicampurkan ke dalam adonan peyek. Dengan demikian, hasil rempeyek buatan Anda dijamin lebih garing dan juga bisa bertahan lama.

Membuat Ketupat & Lontong Lebih Tahan Lama
Untuk menghasilkan ketupat atau lontong dengan tekstur yang lebih kenyal dan tahan lama, ternyata bisa memanfaatkan air kapur sirih. Anda tinggal mencampurkan sedikit air kapur sirih dalam beras yang hendak diolah menjadi lontong maupun ketupat. Kemudian diamkan beras tersebut selama 60 menit sebelum dibungkus.

Membuat Tekstur Potongan Buah Lebih Renyah
Potongan buah yang hendak digunakan menjadi manisan bisa tetap terasa renyah bila direndam dengan air kapur sirih. Caranya, usai potongan buah dibersihkan, Anda bisa merendamnya dalam air bersih yang diberi air kapur sirih. Kemudian bilas menggunakan air bersih sampai sisa air kapur sirih tidak lagi menempel pada buah.

Mengobati Diare
Selain menambah kenikmatan suatu makanan, air kapur sirih juga bisa meredakan diare. Caranya, cukup minum air rebusan potongan kunyit bersih yang ditambah 1 sendok air kapur sirih. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sampai diare sembuh.

Mengobati Luka Bakar
Anda juga bisa mencampurkan sejumput air kapur sirih dengan bubuk kunyit dan air kelapa hingga berbentuk pasta, lalu dioleskan pada area kulit yang mengalami luka bakar.

Cara Membuat Air Kapur Sirih

Menurut Soenarft (2007), untuk membuat air kapur sirih caranya mudah. Taruh kapur sirih (yang bisa dibeli di pasar tradisional bagian rempah segar atau jamu), beri air bersih dan masak, aduk sebentar lalu diamkan semalaman. Lapisan air yang bening keputihan yang ada di bagian atas kapur sirih inilah yang dipakai. Untuk tiap 1 liter air, tambahkan 1/2 sdm air kapur sirih.

Manfaat Kapur Sirih - tips-sehatu.blogspot.com

Manfaat Kapur Sirih – tips-sehatu.blogspot.com

Bahaya Kapur Sirih

  • Memicu sariawan
  • Memicu pertumbuhan tahi lalat yang lebih buruk
  • Mengakibatkan dehidrasi
  • Memicu penyakit kanker lidah
  • Mengakibatkan rambut rontok berlebihan bila dioleskan ke kulit kepala
  • Menyebabkan gangguan pencernaan
  • Mengganggu metabolisme tubuh
  • Memicu kelainan kromosom janin

Segala potensi bahaya dari penggunaan kapur sirih tersebut rupanya masih bisa diminimalisir apabila kapur sirih ditambahkan dengan bahan-bahan tertentu seperti air jeruk lemon, air kunyit, madu, minyak zaitun, hingga digunakan bersamaan dengan buah pinang dan air jeruk nipis. Setelah mengetahui kegunaan dan bahaya kapur sirih, sebaiknya mulai sekarang Anda belajar untuk menggunakan kapur sirih secara lebih bijak dan tak berlebihan.

Referensi:

Baca juga:  Rekomendasi Bedak Pixy untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Soenarft, Magdalena. 2007. Seri Usaha Boga : Manisan Buah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: