Banyak Dipakai untuk Skincare, Apa Saja Sih Kegunaan Castor Oil/Minyak Jarak?

Minyak biji jarak/castor oil (sumber: ndnr.com) Minyak biji jarak/castor oil (sumber: ndnr.com)

Banyak skincare atau produk perawatan kulit dan juga rambut yang kini memasukkan bahan minyak jarak ke dalam komposisi produknya. Minyak jarak atau yang dalam Bahasa Inggris disebut castor oil ini ternyata menyimpan banyak kegunaan, mulai dari untuk kecantikan kulit, wajah, dan masih banyak lagi. Tak heran jika bahan satu ini makin banyak digunakan untuk produk perawatan. Castor oil umumnya dihasilkan dari bagian biji tanaman jarak kepyar.

Biji jarak kepyar mengandung minyak antara 46-57%. Minyak biji jarak kepyar inilah yang dikenal sebagai minyak kastor (castor oil). Pada zaman penjajahan Jepang, orang Indonesia dipaksa untuk menanam tanaman ini. Waktu itu, minyak biji jarak kepyar terutama digunakan sebagai minyak pelumas untuk mesin perang penjajah. Setelah Indonesia merdeka sampai sekarang, tanaman ini jarang dibudidayakan. Kebanyakan hanya tumbuh liar di kebun atau bahkan dianggap sebagai gulma yang mengganggu karena pertumbuhannya cepat.

Di era modern ini, minyak kastor banyak digunakan untuk industri otomotif, industri farmasi dan kosmetik, dan industri manufaktur lain. Minyak kastor murni dapat diproses menjadi pelumas mesin berkualitas tinggi, yang digunakan untuk pesawat terbang, mobil, dan motor. Sejak zaman Mesir kuno, minyak ini juga digunakan untuk bahan bakar lampu penerangan.

Baca juga:  Diet Sehat Untuk Program Kehamilan

Indonesia mulai mengembangkan bahan bakar yang berbahan baku minyak nabati. Minyak nabati yang sudah banyak dikembangkan menjadi biofuel adalah minyak sawit dan minyak jarak pagar. Minyak jarak kepyar pun bisa digunakan sebagai bahan baku biofuel.

Minyak kastor juga digunakan pada pembuatan obat-obatan dan kosmetik. Banyak kosmetik yang mengandung castor oil maupun hydrogenated castor oil (minyak kastor yang dihidrogenasi). Selain itu, minyak kastor digunakan pada berbagai industri pembuatan sabun, minyak rem, tinta printer, cat, pewarna, wax dan polishes, insulator, coating, plastik, dan nilon.[1]

Manfaat Castor Oil

Ilustrasi: menggunakan minyak biji jarak kepyar (sumber: healthline.com)

Ilustrasi: menggunakan minyak biji jarak kepyar (sumber: healthline.com)

Menyembuhkan Luka

Minyak jarak atau castor oil dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk mengobati bisul, abses, dan sakit kepala ringan. Minyak jarak disebut-sebut bisa merangsang penyembuhan jaringan yang keras serta menyembuhkan luka.

Baca juga:  Urutan dan Cara Tepat Menggunakan Face Primer, Anda Harus Tahu!

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jika Anda memiliki permasalahan rambut rontok, memijat kulit kepala dengan castor oil kabarnya bisa melancarkan peredaran darah di akar rambut supaya rambut lebih cepat tumbuh.

Meratakan Warna Kulit

Kegunaan minyak jarak lainnya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat, sehingga membantu memulihkan warna kulit yang tidak merata.

Mengatasi Bibir Kering

Minyak jarak dikenal kaya akan emolien yang dapat melembapkan bibir kering. Anda bisa mengoleskan minyak jarak secara langsung pada bibir, kemudian diamkan sebentar, dan basuh dengan air hangat. Selain menggunakan minyak jarak langsung, Anda juga bisa memanfaatkan pelembap bibir yang mengandung minyak jarak.

Ilustrasi: bibir sehat (sumber: ftoxins.com)

Ilustrasi: bibir sehat (sumber: ftoxins.com)

Mengurangi Nyeri Sendi

Bagi Anda yang kerap mengalami nyeri sendi atau arthritis pun bisa memanfaatkan minyak serbaguna satu ini. Castor oil bersifat anti-inflamasi, sehingga dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi, peradangan saraf, dan juga nyeri otot.

Disinfektan Luka

Castor oil memiliki sifat anti mikroba yang membuatnya jadi salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati luka ringan dan goresan. Selain itu, sifat anti inflamasi di dalamnya pun dapat meminimalisir rasa sakit.

Baca juga:  Tak Hanya Wajah, Rambut Juga Perlu Perawatan Anti-Aging

Mencegah Sembelit

Berdasarkan sejumlah penelitian, minyak jarak sudah lama dikenal sebagai obat sembelit atau susah buang air besar (BAB). Minyak jarak atau castor oil ini disebut mampu meningkatkan cairan dalam usus besar dan merangsang gerak pencernaan.

Mencegah Kulit Keriput

Seperti dilansir dari Doktersehat, menurut penelitian di North Carolina State University, ekstrak biji jarak mengandung asam yang bisa memecah minyak di wajah dan menyumbat kelenjar dan pori-pori. Cara menggunakan minyak jarak untuk wajah cukup mudah. Bersihkan dulu wajah dengan air hangat. Selanjutnya oleskan minyak jarak pada wajah sembari dipijat dengan lembut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan kain halus yang sudah dicelupkan air hangat. Tak hanya dapat mencegah jerawat, castor oil pun diklaim dapat mencegah penuaan dini.

[1] Widodo, W dkk. 2007. Seri Budidaya Jarak Kepyar: Tanaman Penghasil Minyak Kastor untuk Berbagai Industri (hlm. 9-10). Yogyakarta: Kanisius.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: