Setelah Menjalani KB Steril, Apakah Mungkin untuk Bisa Hamil Lagi?

Biaya KB Steril - thedoctorweighsin.comBiaya KB Steril - thedoctorweighsin.com

Pasangan yang telah menikah umumnya mendambakan kehadiran momongan dalam rumah tangga mereka. Namun tak jarang pasangan di luar sana bisa dalam kondisi yang sama-sama subur sehingga dikaruniai lebih dari dua anak yang dianjurkan oleh pemerintah dalam program Keluarga Berencana. Banyak faktor seperti risiko kesehatan sang ibu, faktor ekonomi, dan faktor-faktor lainnya dapat memengaruhi pasangan untuk memutuskan menunda memiliki anak atau bahkan menghentikan kelahiran sama sekali dengan memanfaatkan KB steril. KB steril ini disebut-sebut ampuh dan permanen dibanding alat kontrasepsi lainnya di Indonesia.

Tentang KB Steril

KB steril adalah prosedur untuk mencegah kehamilan secara permanen. Pada wanita, tuba falopi akan ditutup atau diikat agar sel telur tak dapat bertemu dengan sperma sehingga menghalangi terjadinya pembuahan. Seseorang yang telah menjalani KB steril biasanya kemungkinan untuk hamil lagi sangat kecil.

Jadi, proses KB steril ini biasanya menjadi jalan terakhir bagi pasangan yang sudah mempertimbangkan secara matang untuk tidak ingin memiliki keturunan lagi. KB steril pada dasarnya menjadi kontrasepsi permanen yang diperuntukkan bagi pasangan yang tak mau atau tak boleh memiliki anak karena alasan kesehatan dan untuk mengurangi risiko kematian ketika melahirkan akibat faktor kesehatan risiko.

Baca juga:  Pixy Compact Powder Pure Finish, Kosmetik Pixy Untuk Kulit Berjerawat

Terdapat dua jenis KB steril untuk wanita yang dapat Anda pilih, yaitu implan tuba (non-operasi) dan ligasi tuba (operasi). Sementara itu, bagi pria dapat melakukan prosedur vasektomi. Sisi positif dari KB steril adalah tidak memengaruhi keseimbangan hormon dan siklus menstruasi seperti alat kontrasepsi lainnya, demikian seperti dilansir Popmama.

Konsultasi KB dengan Dokter - www.allwritersdestination.com

Konsultasi KB dengan Dokter – www.allwritersdestination.com

Lalu adakah risiko atau efek samping dari tindakan KB steril? Salah satu efek samping yang bisa saja terjadi apabila Anda menjalani KB steril adalah infeksi dan pendarahan di tuba falopi, walaupun kasus ini tergolong jarang. Pada kasus lain yang juga jarang terjadi, tuba falopi yang diikat bisa kembali tersambung atau sembuh secara spontan setelah sterilisasi.

Jika kondisi itu terjadi, maka akan ada kemungkinan kehamilan terjadi secara ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi saat janin tertanam bukan di rahim, tetapi di bagian lain termasuk tuba falopi. Apabila tidak ditangani dengan tepat, kehamilan ektopik pun bisa sangat berisiko serta mengancam nyawa. Risiko lainnya dari KB steril adalah infeksi pada bekas luka atau cedera di bagian perut.

Baca juga:  Update Bahaya Humidifier Untuk Kesehatan

Kisaran Biaya KB Steril

Sterilisasi pada wanita bisa dilakukan di berbagai rumah sakit. Misalnya saja di RS Yadika Pondok Bambu dikenai biaya mulai Rp3 jutaan, di RS Immanuel Bandung tarifnya berkisar mulai Rp1,82 juta, di RS Premier Jatinegara biayanya mulai Rp9,1 jutaan, di Siloam Hospitals Surabaya mulai Rp6 juta, RS Citra Medika Depok mulai Rp5,8 juta, RSIA Kirana Sidoarjo mulai Rp4,5 juta, RS Permata Bekasi mulai Rp2,4 jutaan, Mayapada Hospital Jakarta Selatan mulai Rp8,32 juta, SamMarie Wijaya Jakarta mulai Rp10 juta, hingga RSU Firdaus Jakarta mulai Rp1,15 juta. Biaya KB steril yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda atau mengalami perubahan.

Jika biaya KB steril itu Anda rasa terlalu mahal, Anda juga bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan. Menurut informasi, pelayanan kontrasepsi seperti vasektomi dan tubektomi termasuk pelayanan KB yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Namun, sebelum mengajukan KB steril ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan juga memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan.

Pasangan Menjalani KB Steril - www.drweil.com

Pasangan Menjalani KB Steril – www.drweil.com

Setelah KB Steril Apa Bisa Hamil Lagi?

KB steril bisa dilakukan dengan dua cara, memotong tuba falopi dan cara lain mengikat atau menjepit tuba falopi; yaitu saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Cara itu menyebabkan sel telur tidak dapat terjangkau sperma sehingga kemungkinan hamil kecil. Anda bisa hamil lagi atau tidak tergantung menggunakan KB jenis yang mana. Jika hanya KB Steril ikat, kemungkinan hamil lagi ada. Sebaiknya anda mendatangi dokter kandungan/penyuluh KB/bidan/ untuk mengetahui secara detail mengenai KB steril pada wanita.[1]

Baca juga:  Ciri-ciri & Rekomendasi Pembalut yang Tidak Membuat Iritasi

[1] Khasni, I. 2012. Ikut KB Steril Apa Bisa Hamil Lagi. jogja.tribunnews.com/2012/12/04/ikut-kb-steril-apa-bisa-hamil-lagi. Diakses tanggal 27 Maret 2020.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: