Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Ilustrasi: aktivitas olahragaIlustrasi: aktivitas olahraga

Memiliki tubuh sehat tentunya adalah keinginan banyak orang saat ini, dengan ini pula saat ini di Indonesia sudah banyak sekali dibangun tempat olahraga. Tidak hanya gymnasium, bahkan beberapa tempat umum seperti taman dan lapangan luas juga bisa menjadi tempat olahraga yang menyenangkan. Mempertimbangkan tempat untuk berolahraga memang penting, tetapi mempertimbangkan waktu terbaik dan tepat untuk olahraga juga sangat penting.

Beberapa orang mungkin lebih suka berolahraga di pagi hari, sebagian memilih olahraga di siang hari, bahkan ada pula yang memilih melakukan olahraga di sore maupun malam hari. Dari semua waktu yang ada mungkin beberapa di antaranya bukan termasuk waktu yang tepat untuk berolahraga. Pentingnya memperhatikan waktu untuk berolahraga sangat berkaitan dengan hasil yang akan Anda dapatkan setelah olahraga.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli kesehatan menyimpulkan bahwa waktu yang tepat dan terbaik untuk olahraga sebetulnya ditentukan oleh Anda sendiri. Maksud dari kesimpulan ini yaitu, Anda bisa memilih waktu terbaik Anda dengan mepertimbangkan keadaan fisik dan ambisi dalam berolahraga. Setiap orang tentunya memiliki gaya hidup masing-masing terkait dengan aktivitas kesehariannya.

Jika Anda ingin mencari waktu terbaik untuk berolahraga, Anda bisa melihat kondisi tubuh Anda. Jika kondisi tubuh Anda masih fit di pagi atau siang hari, Anda bisa melakukan olahraga pada waktu itu juga. Tetapi jika kondisi tubuh Anda baru bisa fit di malam hari, akan lebih baik jika Anda mencoba melakukan olahraga di malam hari. Dan ketika Anda sudah melakukan olahraga pada waktu yang Anda pilih, Anda tidak bisa mengganti waktu Anda untuk melakukan olahraga secara rutin.

Baca juga:  Mengandung SPF 15 dan PA++, Revlon Powdery Foundation Jadi Favorit Wanita Indonesia

Menemukan Ritme untuk Menentukan Waktu Terbaik Berolahraga

Ilustrasi: aktivitas olahraga ringan di rumah

Ilustrasi: aktivitas olahraga ringan di rumah

Cara untuk menemukan waktu terbaik untuk olahraga yaitu dengan menemukan ritme Anda. Untuk menemukan ritme, Anda juga perlu mengetahui apakah Anda termasuk orang yang aktif di pagi hari atau orang yang aktif di malam hari terlebih dahulu atau ini juga disebut dengan ritme sirkadian.

Ritme sirkadian merupakan salah satu jenis siklus terkait dengan siklus tidur dan bangun Anda setiap harinya, siklus ini juga merupakan siklus ilmiah yang dapat mengatur perubahan pada fisik, mental, dan perilaku Anda selama 24 jam. Dan beberapa hal seperti suhu tubuh, tekanan darah, dan metabolisme merupakan beberapa proses fisiologis di mana proses ini sangat berpengaruh terhadap jam internal tubuh Anda.

Ritme ini tampaknya merespons adanya perubahan dalam lingkungan yang dapat diatur secara berulang-ulang. Ritme sirkadian pada setiap orang tentunya berbeda-beda karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan, penggunaan cahaya buatan atau lampu dalam kegelapan, penggunaan alarm saat tidur, suhu lingkungan, waktu makan, dan waktu beraktivitas. Dengan mengetahui itu semua, Anda bisa menentukan apakah Anda termasuk orang yang aktif di pagi hari maupun malam hari.

Baca juga:  Perimenopause: Fase Transisi ‘Menyakitkan’ Menjelang Menopause

Waktu Terbaik Berolahraga untuk Orang Aktif di Pagi Hari

Ilustrasi: aktivitas olahraga pagi hari

Ilustrasi: aktivitas olahraga pagi hari

Jika Anda termasuk orang yang aktif di pagi hari, Anda tidak perlu khawatir kapan harus memulai olahraga. Pagi hari merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan olahraga rutin. Menurut penelitian, orang yang aktif di pagi hari dapat menjalani olahraga rutin lebih konsisten daripada melakukan olahraga di waktu lain. Hal ini karena orang yang cenderung lebih aktif di pagi hari dapat menyalurkan tenaganya lebih besar di pagi hari untuk membakar kalori seperti berolahraga.

Dan bagi Anda yang melakukan olahraga di pagi hari, ada baiknya Anda melakukan olahraga terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lain. Agar Anda selalu bugar dan fit ketika berolahraga, isilah perut Anda dengan beberapa jenis makanan ringan mengandung sedikit protein. Berolahraga dengan perut kosong dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti pusing, migrain, dan gangguan kesehatan lain. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sangat penting bagi Anda yang ingin menaikkan massa otot.

Waktu Terbaik Berolahraga untuk Orang Aktif di Malam Hari

Adapun waktu yang tepat bagi Anda yang tidak bisa terlalu aktif di pagi hari adalah berolahraga di malam hari. Waktu tersebut sebenarnya tidak hanya untuk Anda yang aktif di malam hari saja. Jika Anda tidak bisa aktif di pagi hari, ada baiknya Anda melakukan olahraga saat sore atau malam hari. Olahraga yang cocok di sore ataupun malam hari merupakan jenis olahraga santai.

Ilustrasi: aktivitas olahraga malam hari

Ilustrasi: aktivitas olahraga malam hari

Ada baiknya Anda menghindari olahraga di siang hari apalagi di tempat terbuka, hal ini tidak hanya dapat membuat kulit lebih gelap tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Berbeda dengan jenis olahraga pagi di mana Anda bisa lebih bebas bergerak dan melakukan berbagai macam olahraga mulai dari olahraga ringan hingga berat, untuk olahraga malam atau sore Anda hanya bisa melakukan olahraga ringan. Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di sore maupun malam hari seperti jogging, skipping, atau sekadar jalan santai.

Baca juga:  Apa Penyebab Barbekyu Tidak Higienis dan Jadi Sarang Penyakit?

Hindari olahraga berat seperti senam aerobik dan maraton di malam hari karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Bagi orang yang aktif di malam hari, berolahraga di malam hari sangat baik karena dapat menghangatkan otot dan meningkatkan fleksibel otot di tubuh. Dan olahraga di malam ataupun sore hari juga dapat menghilangkan stres dan rasa lelah seharian beraktivitas.

Itulah waktu yang tepat bagi Anda yang aktif di pagi hari ataupun sore dan malam hari, pastikan Anda memperhatikan waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: