Kapan dan Seberapa Sering Kita Perlu Memotong Rambut?

Memotong Rambut Sendiri di Rumah - timesofindia.indiatimes.comMemotong Rambut Sendiri di Rumah - timesofindia.indiatimes.com

Pernahkah Anda bertanya, mengapa harus potong rambut? Mungkin pertanyaan tersebut adalah hal yang mendasar bagi kaum pria, tetapi tidak bagi wanita. Apalagi sebagian besar wanita saat ini ingin memiliki rambut panjang yang indah. Meskipun begitu, ternyata rambut juga perlu dipotong jika waktunya tiba. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memotong rambut?

Waktu yang Tepat Memotong Rambut

Pada dasarnya, potong rambut adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan memperbaiki tekstur rambut. Sangat penting bagi Anda untuk merawat rambut, agar rambut terlihat selalu cantik dan sehat. Apalagi, saat ini stereotip orang mengenai penampilan tidak hanya dilihat dari wajahnya, tetapi juga rambutnya.[1]

Memotong rambut sendiri sebenarnya tidak harus dilakukan di salon, apalagi sebagai perawatan untuk menjaga rambut tetap indah. Anda bisa memotong rambut sendiri menggunakan gunting yang cukup tajam. Beberapa orang bahkan mencoba menggunting rambut mereka dengan gaya yang mereka sukai. Selain lebih ekonomis, memotong rambut sendiri juga lebih menyenangkan.

Sebelum mulai memotong rambut, Anda juga perlu mengetahui seberapa banyak waktu yang harus Anda luangkan untuk memotong rambut. Untuk pria, Anda perlu memotong rambut setidaknya sebulan sekali. Ini adalah waktu yang tepat memotong rambut, sebelum rambut Anda terlalu panjang.

Baca juga:  Update Cream Siang & Malam La Tulipe Atasi Tanda Penuaan Dini

Dilansir dari HuffPost, bagi wanita atau pria yang ingin memiliki rambut panjang, sebaiknya Anda memotong rambut setidaknya sebulan hingga dua bulan sekali. Potonglah rambut bagian ujung saja jika Anda tidak ingin memotong keseluruhan rambut. Anda juga bisa memotong bagian rambut yang rusak saja. Selain memotong rambut bermanfaat untuk mempertahankan bentuk dan tekstur rambut, masih ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari memotong rambut.

Waktu yang Tepat Memotong Rambut - flipboard.com

Waktu yang Tepat Memotong Rambut – flipboard.com

Manfaat Memotong Rambut

Terlihat Lebih Rapi

Memotong rambut secara rutin tentunya membuat tampilan Anda lebih rapi dan menarik, terutama bagi para wanita yang mementingkan keindahan rambutnya. Anda bisa memotong rambut yang terlihat lebih panjang dari bagian rambut lainnya. Sehingga, rambut terlihat lebih sejajar.

Selain rambut bagian belakang dan samping, Anda bisa memotong rambut bagian depan atau poni untuk dirapikan. Tidak harus memotong poni lebih pendek, Anda bisa memotongnya dengan cara zig-zag untuk membuat poni lebih tipis dan memperlihatkan sebagian dahi Anda. Sehingga, wajah akan terlihat lebih  segar dan cantik natural.

Baca juga:  4 Cara Berdamai dengan Kritik Akibat Kekurangan Diri Sendiri

Mencegah dan Mengatasi Rambut Bercabang

Bagi Anda yang sering melakukan perubahan gaya rambut, seperti pengeritingan rambut, catok rambut, bleaching, pewarnaan rambut, dan lainnya, tentunya memiliki risiko tinggi terhadap kerusakan rambut. Sehingga, tak jarang orang memiliki masalah rambut, seperti rambut bercabang dan kaku.

Untuk mencegah dan mengatasi rambut yang bercabang akibat perubahan gaya rambut, Anda perlu memotong ujung-ujung rambut tersebut. Sehingga, cabang pada rambut tidak akan meluas dan tidak membuat rambut mudah patah.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Dilansir dari Kawaii Beauty Japan, rambut yang tidak pernah dipotong bisa tumbuh terus hingga 6 tahun, tergantung kondisinya. Nah, setelah lebih dari 6 tahun, rambut tidak akan tumbuh dan mati.

Manfaat Memotong Rambut - www.canstarblue.co.nz

Manfaat Memotong Rambut – www.canstarblue.co.nz

Rambut yang mati tentunya akan rontok, dan bisa jadi menyebabkan beberapa penyakit kulit. Untuk merangsang pertumbuhan rambut agar terus hidup, Anda perlu memotong sedikit ujungnya. Secara ideal, untuk merangsang pertumbuhan rambut, Anda bisa melakukannya setiap 5 hingga 8 minggu sekali.

Baca juga:  Kapan Tanda Kehamilan Muncul?

Mengatasi Rambut Rontok

Memotong rambut secara teratur sebenarnya juga disarankan bagi Anda yang memiliki gangguan rambut rontok. Rambut rontok normal, pada umumnya hanya berkisar 7 helai hingga 20 helai, sedangkan kerontokan rambut tidak normal berkisar 50 helai hingga 100 helai per harinya.

Memotong rambut secara teratur, selain merangsang pertumbuhan rambut, juga menguatkan akar rambut. Sehingga, memotong rambut secara teratur konon dapat mengurangi jumlah rambut yang rontok, dan menormalkan kembali keadaan rambut Anda.

Itulah manfaat memotong rambut secara rutin. Selain memotong rambut, pastikan juga Anda menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut untuk menjaga keindahan rambut Anda. Anda bisa juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, putih telur, dan yogurt sebagai pengganti produk perawatan rambut yang harganya terbilang mahal.

[1] Sari, Rika Mailah. 2015. Hubungan Pengetahuan Perawatan Rambut Pasca Pelurusan (Rebonding) dengan Kesehatan Rambut Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: