Kanker Payudara dan Penyebarannya dalam Tubuh

Kanker Payudara - www.medicalnewstoday.comKenali Kanker Payudara - www.medicalnewstoday.com

Ada banyak sekali penyakit mematikan saat ini dan salah satunya kanker. Walaupun tidak menular, tetapi kanker sangat ditakuti dan sudah menjadi momok di dunia medis. Bagi kaum wanita, jenis kanker payudara menjadi salah satu yang wajib diwaspadai. Hal ini karena kanker payudara dapat menyebar hingga ke bagian dalam tubuh.

Metastasis Kanker Payudara

Sebelumnya, mungkin kata-kata ini sedikit terdengar asing, namun tidak di dunia medis. Metastasis merupakan istilah medis untuk menggambarkan kondisi sel kanker seseorang, yang dapat diartikan sebagai pergerakan atau penyebaran sel kanker, seperti sel kanker payudara, dari satu organ atau jaringan ke organ atau jaringan lainnya dalam tubuh inang. 

Sel kanker payudara yang rusak dapat menyebar melalui darah atau getah bening ke organ atau jaringan tubuh lain. Inilah mengapa jika seorang wanita memiliki kanker payudara, harus segera melakukan perawatan dan pengobatan medis. Penyebaran sel kanker melalui darah atau getah bening dapat terjadi di mana saja, apalagi ke organ ataupun jaringan terdekat. Walaupun terdapat kemungkinan kecil penyebaran pada organ maupun jaringan yang jauh, tetapi ini juga bisa terjadi.

Selain itu, seorang dokter juga mengatakan bahwa metastasis dapat diartikan sebagai kondisi ketika kanker menyebar di luar tempat awalnya. Penyebab persebaran sel kanker ke bagian tubuh lain disebabkan oleh banyak faktor, seperti jenis kanker, tahapan atau bisa juga disebut dengan stadium kanker, dan lokasi atau titik tumbuh awal dari sel kanker. 

Dari diagnosa metastasis, seorang dokter dapat menyimpulkan dan menyarankan pengobatan seperti apa yang harus dilakukan oleh pasien. Hal ini karena pengobatan kanker tergantung dari lokasi tumbuh, dari lokasi ini pula dapat diidentifikasi jenis kanker pada tubuh pasien, seperti kanker payudara yang lokasinya ada di daerah sekitar payudara. 

Metastasis Kanker Payudara - newsnetwork.mayoclinic.org

Metastasis Kanker Payudara – newsnetwork.mayoclinic.org

Sebagai informasi tambahan, kanker payudara ternyata tidak hanya dapat dialami oleh wanita, tetapi juga pria. Meski begitu, penelitian menunjukkan jumlah pengidap kanker payudara lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria. 

Cara Mengetahui Kanker Payudara Telah Menyebar

Pembelahan sel pada kanker payudara terbilang lebih cepat dibanding dengan pembelahan sel pada umumnya. Untuk mengetahui apakah kanker payudara sudah menyebar atau belum, Anda dapat melihat bagian yang terkena kanker di tubuh pasien. Jika terdapat kanker pada hampir seperempat bagian payudara, maka harus lebih waspada dan segera ke dokter untuk berkonsultasi. Bisa jadi, kemungkinan kanker telah menyebar ke beberapa bagian tubuh tertentu.

Jika nyeri pada bagian payudara menimbulkan sesak secara tiba-tiba hingga berkepanjangan, ini juga bisa menjadi tanda. Pada tahap ini, dokter akan memberitahu sejauh mana dan pada bagian apa saja kanker payudara menyebar. Dalam tahap ini pula, dokter akan memberitahu sudah di tahap mana atau stadium berapa kanker yang dialami oleh pasien. 

Kasus metastasis pada setiap wanita berbeda-beda, bagi sebagian wanita akan mengalami penyebaran lama, bahkan tanpa rasa nyeri, dan kondisi ini perlu diwaspadai setiap saat. Sementara, pada beberapa wanita, mengalami persebaran lambat namun diiringi rasa nyeri. Ada juga kasus ketika seorang wanita mengalami kanker payudara dengan penyebaran cepat dan rasa nyeri. 

Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan setiap saat minimal seminggu hingga 2 minggu sekali jika seorang pasien sudah mengalami kanker payudara. Persebaran kanker payudara paling umum biasanya ke organ terdekat seperti paru-paru. Selain itu beberapa tempat penting dalam tubuh seperti kelenjar getah bening, tulang, hati, dan otak dapat terkena juga.

Bagian Tubuh yang Bisa Terkena Persebaran Kanker Payudara

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan salah satu kelenjar yang letaknya tidak jauh dari payudara. Letak utama dari kelenjar getah bening yang sering terkena persebaran kanker payudara, yaitu pada bagian bawah lengan. Untuk letak lain dari kelenjar getah bening dengan kemungkinan dapat terkena persebaran kanker payudara adalah di dekat tulang selangka. 

Ini merupakan salah satu metastasis kanker payudara, jika menyebar di luar kelenjar getah bening maka kemungkinan juga dapat menyebar ke bagian lain. Untuk mengetahui apakah kanker payudara sudah menyebar, dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada kelenjar getah bening pasien. 

Dalam persebarannya di kelenjar getah bening, mungkin tidak dapat didiagnosis dengan mudah. Hal ini karena fungsi utama dari kelenjar getah bening. Pada tubuh manusia, kelenjar getah bening memiliki fungsi untuk membantu mengeringkan bakteri dan berbagai macam zat yang dapat membahayakan tubuh. Sehingga, kemungkinan kecil terdapat gejala yang dapat terlihat jika kanker payudara menyebar pada kelenjar getah bening.

Kanker Payudara dan Penyebarannya - www.medicalnewstoday.com

Kanker Payudara dan Penyebarannya – www.medicalnewstoday.com

Tulang dan Hati

Ketika kanker payudara sudah menyebar hingga ke tulang, pasien akan merasakan sakit dan nyeri pada bagian tulang. Biasanya, pasien akan merasa nyeri di bagian tulang belakang, kaki, dan lengan. Perlu diwaspadai jika penderita kanker mulai merasa mudah lelah dan seringkali mati rasa atau nyeri pada bagian tulang, maka perlu tindakan ekstra dari dokter.

Penyebaran kanker payudara pada tulang juga membuat beberapa orang mudah mengalami patah tulang. Selain itu, beberapa orang juga akan mengalami inkontinensia, jika persebarannya pada bagian tulang belakang. Sementara, jika kanker payudara mulai menyebar hingga hati, pasien mudah merasa kembung dan kenyang, diiringi oleh rasa nyeri di perut.

Itulah info mengenai kanker payudara beserta penyebarannya, pastikan Anda selalu mengecek keadaan payudara Anda dan melakukan hidup sehat. Hal ini sangat penting sebagai upaya pencegahan kanker payudara.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: