Kandungan Nutrisi pada Tiap Jenis Susu, Konsumsi Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi: wanita minum susuIlustrasi: wanita minum susu

Ada banyak jenis susu yang beredar di pasaran, mulai dari susu sapi murni hingga susu nabati. Setiap jenis susu yang dihasilkan dari bahan yang berbeda, tentunya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda pula. Tidak hanya itu, cara membuat tiap jenis susu yang berbeda juga memengaruhi kadar nutrisi pada setiap jenis susu.

Hampir setiap orang memilih susu sebagai salah satu asupan pengganti makanan berkalori atau berlemak. Meskipun begitu, tak semua jenis susu memiliki jumlah kadar lemak cukup untuk mengganti kadar lemak pada makanan harian Anda. Untuk itu, Anda bisa memilih jenis susu yang tepat dengan kadar lemak dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Susu Sapi Skim Rendah Lemak

Ilustrasi: susu skim bubuk instan (sumber: laktopolis.lt)

Ilustrasi: susu skim bubuk instan (sumber: laktopolis.lt)

Jika Anda sedang diet, namun ingin merasakan kesegaran susu yang gurih dan bernutrisi, Anda bisa memilih susu skim rendah lemak. Produk susu skim rendah lemak adalah salah satu jenis susu yang populer sejak tahun 1990-an, ketika diet rendah lemak sedang populer di kalangan wanita saat itu.

Hingga sekarang pun, banyak wanita yang masih mengonsumsinya sebagai salah satu tambahan menu diet mereka. Namun, karena susu skim hanya memiliki kadar lemak sedikit, sehingga citarasa susu ini tidak begitu baik. Bisa dibilang, susu skim rendah lemak memiliki rasa yang hambar dan tidak gurih, seperti susu murni pada umumnya.

Dilansir dari Women’s Health, susu skim rendah lemak tidak bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam resep makanan. Hal ini karena rasanya yang cenderung hambar bisa mengurangi rasa dari resep masakan tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa satu cangkir susu skim bebas lemak mengandung 80 kalori, 0 gr lemak, 125 mg natrium, 12 gr karbohidrat, 12 gr gula, 12 gr serat, dan  8 gr protein.

Baca juga:  5 Parfum Halal untuk Wanita, Kamu Suka yang Mana?

Susu Sapi Murni

Susu sapi murni merupakan salah satu produk susu yang paling banyak ditemui di pasaran. Susu ini memiliki rasa yang lebih kaya dan gurih jika dibanding dengan susu sapi skim rendah lemak. Hal ini karena lemak susu yang belum berkurang membuatnya menjadi lebih terasa creamy dan gurih. Dilihat dari warnanya, susu sapi murni memiliki warna yang lebih kuning daripada susu sapi skim rendah lemak.

Jenis susu ini baik digunakan dalam berbagai jenis masakan, mulai dari kue hingga membuat makanan asin, seperti daging ayam atau sapi. Dengan citarasa yang kaya, susu tersebut dikatakan mampu membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih, apalagi jika digunakan untuk memasak daging.

Setiap cangkir susu sapi murni mengandung 150 kalori, 8 gr lemak, 106 mg sodium, 12 gr karbohidrat, 12 gr gula, 0 gr serat, dan 8 gr protein. Selain kandungan tersebut, susu sapi murni juga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor di tubuh Anda. Kandungan tersebut juga baik untuk Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Susu Bebas Laktosa

Ilustrasi: susu bebas laktosa (sumber: eatthis.com)

Ilustrasi: susu bebas laktosa (sumber: eatthis.com)

Sebagian besar orang mungkin tidak memiliki alergi terhadap laktosa, namun ada beberapa yang tidak bisa mengonsumsi laktosa dalam jumlah tertentu. Sayangnya, minum susu adalah salah satu hal yang disarankan, apalagi bagi anak-anak. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum susu bebas laktosa. Seperti namanya, ini adalah salah satu jenis susu yang tidak memiliki kadar laktosa.

Baca juga:  Bisa Picu Kematian Dini, Kenali Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Beberapa orang yang tidak toleran dengan laktosa atau gula pada susu biasanya mengalami gejala sakit perut setelah minum susu. Untuk membuat susu bebas laktosa, susu sapi murni dengan kandungan laktosa akan dihidrolisis untuk mengurangi atau menghilangkan kadar laktosanya.

Setiap cangkir susu bebas laktosa dikatakan mengandung, 122 kalori, 5 gr lemak, 115 mg natrium, 12 gr karbohidrat, 0 gr serat, dan 8 gr protein. Susu ini selain baik untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi laktosa, juga baik untuk penderita diabetes atau bagi Anda yang sedang menjalani diet gula.

Susu Almond

Susu almond (sumber: theodysseyonline.com)

Susu almond (sumber: theodysseyonline.com)

Salah satu susu nabati rendah lemak yang populer di pasaran saat ini. Banyak penggemarnya datang dari kalangan wanita yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena susu nabati tersebut memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih sedikit. Meskipun begitu, susu almond tidak memiliki rasa yang lezat seperti susu sapi murni.

Susu almond memiliki rasa yang lebih hambar dengan tekstur lebih cair. Susu almond sendiri diperoleh dengan cara menghaluskan kacang almond dengan cara diblender dan ditambah sedikit air. Setelah itu, jus kacang almond diperas menggunakan kain penyaring. Air perasan tersebut harus dimasak terlebih dahulu hingga sedikit mengental dan menyerupai susu.

Baca juga:  Wajib Tahu! Ini Efek Samping dan Manfaat Susu Whey Protein

Dalam secangkir susu kacang almond, mengandung 37 kalori, 2,5 gr lemak, 173 mg natrium, 1,5 gr karbohidrat, 0 gr gula, 0 gr serat, dan 1,5 gr protein. Sebaiknya, jika Anda ingin mengonsumsi susu almond, Anda tidak perlu menambahkan gula. Gula akan merusak kandungan nutrisi pada susu dan membuat manfaatnya hilang.

Susu Mete

Ilustrasi: susu mete (sumber: cretizndesign.com)

Ilustrasi: susu mete (sumber: cretizndesign.com)

Selain susu almond, masih banyak susu nabati yang populer saat ini, seperti susu mete. Susu mete memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan susu almond dengan tekstur yang sedikit lebih creamy. Kandungan lemak dan kalori pada susu kacang mete tidak setinggi susu murni. Selain itu, susu mete juga mengandung vitamin A dan vitamin E yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Susu mete biasanya dimanfaatkan untuk bahan pelengkap dalam pembuatan smoothie dan bubur. Rasa susu yang gurih dan sedikit creamy akan membuat resep smoothie dan bubur menjadi kaya rasa. Untuk membuat susu kacang mete, sama seperti membuat susu kacang almond. Anda hanya perlu menghaluskan kacang mete dengan air dan mengambil sarinya.

Satu cangkir susu mete mengandung 25 kalori, 0 gr lemak, 160 mg natrium, 1 gr karbohidrat, 0 gr gula, 0 gr serat, dan 1 gr protein. Kandungan lemak dan kalori yang sedikit pada susu kacang mete baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Itulah beberapa jenis susu yang saat ini beredar di pasaran beserta kandungan di dalamnya. Mengonsumsi susu setiap hari dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah osteoporosis. Anda bisa minum susu sebanyak dua gelas setiap pagi dan malam menjelang tidur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: