Kandungan dan Manfaat Tepung Ketan Hitam, Ternyata Bisa Jadi Alternatif Pengganti Terigu!

Tepung ketan hitam (sumber: ceklist.id)Tepung ketan hitam (sumber: ceklist.id)

Anda pernah mencoba tepung ketan hitam untuk membuat kue? Alternatif pengganti terigu ini rupanya memiliki banyak manfaat atau kegunaan. Seperti halnya tepung beras, tepung ketan hitam dibuat dari biji ketan hitam yang digiling.[1]

Tepung ketan hitam adalah salah satu bahan dasar pembuatan kue yangbanyak dijumpai di Indonesia sama seperti tepung- tepung lainnya. Banyak kue menggunakan tepung ketan hitam sebagai bahan dasar seperti, Gemblong Ketan Hitam, Kue Bugis, Brownies Ketan Hitam, Onde-Onde Ketan Hitam dan masih banyak lagi.[2]Tepung ketan saat ini sangat mudah mendapatkannya karena banyak yang dijual di pasaran dalam bentuk tepung yang halus dan kering.

Kandungan gizi dalam tepung ketan hitam tidak kalah dengan kandungan nilai gizi yang terdapat dalam tepung terigu. Tepung ketan hitam mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 78%. Kandungan karbohidrat dalam tepung ketan hitam terdapat dalam dua bentuk senyawa, yaitu amilosa dan amilopektin yang perbandingan jumlahnya sangat besar. Kandungan amilosa sebesar 1% sedangkan amilopektin 99%. Amilopektin memiliki sifat mengembang, sehingga dapat membantu dalam proses pengembangan dalam cake. Selain itu amilosa memberikan sifat keras dan amilopektin memberikan sifat lengket.

Baca juga:  Ingin Panjang Umur? Cari dan Tentukan Tujuan Hidup Anda

Selain itu, ketan hitam juga mempunyai keunggulan lain dimana ketan hitam ini mengandung senyawa antosianin yang dideteksi komponennya adalah cyanidin-3-glucoside dan peonidin-3-glucoside. Antosianin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain antosianin, beras ketan hitam juga mengandung senyawa lain seperti proantosianidin, flavonoid, isoflavon, tocotrienol phytosterol, gamma oryzanol, asam ferulat dan asam fitat yang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk mempertahankan mutu produk pangan.[3]

Tepung ketan hitam merupakan pilihan yang cukup tepat sebagai bahan pengganti terigu dalam pembuatan biskuit, Selain mengandung karbohidrat keuntungan yang bisa diperoleh dari biskuit berbahan baku tepung ketan hitam yaitu tingginya kandungan serat yaitu 3,8 g yang baik untuk kesehatan, selain itu indeks gula dalam beras ketan 55%. Zat kalsium dan magnesium dalam beras hitam yaitu 837,5 mg dan 129,0 mg bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung.[4]

Tepung ketan hitam (sumber: cookpad)
Tepung ketan hitam (sumber: cookpad)

Beras ketan hitam (6,09%) memiliki kadar serat paling rendah dibanding dengan beras merah dan beras hitam, sehingga memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih mudah dicerna.[5] Agar lebih jelas, simak uraian kegunaan atau manfaat dari tepung ketan hitam berikut.

Baca juga:  Bisa Dibikin Jadi Aneka Kue, Begini Cara Membuat Tepung Kulit Pisang

Manfaat Tepung Ketan Hitam

  • Cocok digunakan untuk membuat aneka kue tradisional.
  • Memiliki kandungan serat yang tinggi.
  • Dapat dikonsumsi untuk program diet.
  • Sumber antioksidan yang tinggi.
  • Mencegah anemia.
  • Dapat dipakai sebagai bahan pengganti terigu.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Secara umum, tekstur tepung beras ketan hitam hampir sama seperti tepung beras biasa. Namun, saat diraba tepung ketan terasa lebih berat dan melekat. Kemudian, warna tepung ketan hitam juga cenderung hitam keabu-abuan. Anda bisa dengan mudah menemukan tepung ketan hitam di toko-toko bahan kue hingga di pusat perbelanjaan tertentu. Jika kesulitan menemukannya di toko terdekat, Anda juga bisa membelinya secara online melalui sejumlah marketplace.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengawetkan Sambal Kemasan?

[1]Andie&Hadi. 2015. Kue Lezat Minim Alat: Tanpa Oven, Tanpa Mikser. Surabaya: Linguakata, hlm 11.

[2]Fadilla, D. 2016. Penggunaan Tepung Beras Ketan Hitam Sebagai Pengganti Tepung Terigu Dalam Pembuatan Brownies Kukus [Skripsi]. Bandung (ID): Sekolah Tinggi Pariwisata.

[3]Winda, I. 2017. Pengaruh Perbandingan Tepung Ketan Hitam (Oryza sativa glotinisa) dan Tepung Jagung (Zea mays, L.) terhadap Karakteristik Cake [Diploma thesis]. Padang (ID): Universitas Andalas.

[4]Susanti, D &Retty N. 2015. Pengaruh Penambahan Tepung Ketan Hitam Terhadap Biskuit Yang Dihasilkan. Jurnal Teknologi Pertanian. 4(2): 1-7.

[5] Azis, A dkk. 2015. Aktivitas Antioksidan Dan Nilai Gizi Dari Beberapa Jenis Beras Dan Millet Sebagai Bahan Pangan Fungsional Indonesia. Jurnal Biologi. 4(1): 45-61.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: