5 Jurusan Kuliah yang Mudah dan Cepat Lulusnya

agribisnis, jurusan kuliah yang mudah dan cepat lulusnya Agribisnis

Pertengahan tahun selalu menjadi fase yang paling sibuk untuk kelas 12 SMA/sederajat. Mereka berbondong-bondong untuk mencari-cari informasi tentang jurusan kuliah. Jurusan kuliah yang mudah dan cepat lulusnya, menjadi salah satu topik yang diminati. Jurusan ini cukup populer dan prospektif.

Namun, apapun jurusan kuliahnya, tetap saja lama tidaknya masa studi ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri. Apakah tekun dalam mengerjakan tugas, aktif di kelas, mendapat nilai yang bagus; semua tergantung pada masing-masing individu. Akan tetapi, jurusan kuliah juga turut serta menentukan motivasi kita.

Berikut ini penulis coba ulaskan beberapa jurusan kuliah yang mudah dan cepat lulusnya. Supaya dalam perjalanannya, masa studi bisa dioptimalkan sehingga lulus tepat waktu. Penasaran? Yuk kita mulai.

1. Peternakan

peternakan

Peternakan

Jurusan yang dekat sekali dengan kedokteran hewan, karena juga mempelajari tentang penyakit hewan ternak. Namun, tidak sedalam di kedokteran hewan, ya. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari tentang bagaimana manajemen ternak, jenis hewan ternak, manajemen usaha, penyakit hewan ternak, dan lain-lain.

Baca juga:  Rekomendasi Tempat Makan Malam Populer di Jogja

Jurusan yang relatif tidak memerlukan waktu lama untuk lulus ini juga punya prospek kerja yang luas. Bisa di pemerintahan, swasta, hingga membuka usaha ternak sendiri. Bahkan ada beberapa koperasi usaha yang menjadikan peternakan sebagai roda perekonomiannya. Jadi, tak perlu khawatir soal prospek kerja.

2. Perikanan

perikanan

Perikanan

Masih sedikit berhubungan dengan peternakan, jurusan perikanan juga tidak begitu sulit dilakoni. Apalagi kalau kamu menyukai hal-hal berbau laut. Budidaya ikan juga sekarang makin naik daun. Berkat Menteri Susi Pudjiastuti, pamor untuk lebih peduli dengan mengkonsumsi ikan jadi meningkat signifikan.

Karena itu, prospek kerja di bidang perikanan juga bukan masalah yang besar. Banyak sekali kesempatan yang bisa dipilih untuk meniti karier di bidang perikanan. Banyak Dinas Kelautan yang membutuhkan sarjana perikanan untuk membantu memberdayakan laut dan seisinya, sampai ke produk jadinya.

3. Agribisnis

agribisnis, jurusan kuliah yang mudah dan cepat lulusnya

Agribisnis

Tidak berbeda jauh dengan dua jurusan sebelumnya, namun kini lebih fokus ke tumbuh-tumbuhan. Komoditi pangan juga sedang gencar dibangkitkan agar tidak tergantung dengan komoditi impor. Agribisnis menjadi sektor yang potensial, sekarang pun bermunculan banyak perusahaan start-up yang menggarap sektor ini.

Baca juga:  Gula Merah Resto, Tempat Kuliner Khas Indonesia Dengan Harga Terjangkau

Agribisnis sendiri mempelajari budidaya tanaman mulai dari penyiapan, perawatan, hingga antisipasi hama dan penyakit tanaman. Fokus dari agribisnis selain membudidayakan tanaman, juga menjualnya dengan profit yang bagus. Jadi, ada pelajaran-pelajaran ekonomi yang didalami di jurusan ini.

4. Pariwisata

Pariwisata

Pariwisata

Industri pariwisata di dalam negeri tengah digencarkan agar mampu mendongkrak devisa negara. Parisiwata Indonesia juga dibarengi dengan minat generasi milenial untuk berlibur di penjuru Indonesia. Wisata tanah air kini mulai dilirik dan menjadi destinasi apik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karena itu, mengambil kuliah di jurusan pariwisata merupakan pilihan yang bagus. Apalagi jika kamu suka dengan pariwisata, mulai dari akomodasi, transportasi, hingga promosi ke calon wisatawan. Belajar di jurusan ini juga akan banyak prakteknya, yakni mengunjungi tempat-tempat wisata. Seru kan?!

5. Tata Boga

Tata Boga

Tata Boga

Siapa yang tidak suka dengan kuliner Indonesia? Begitu nagih dan membuat kita selalu lapar. Banyak dari kita yang juga hobi wisata kuliner. Mencoba berbagai macam menu makanan dari berbagai daerah yang punya ciri khas dan cita rasa masing-masing. Seru dan banyak pengalaman baru.

Baca juga:  ASI Pumping Diperbolehkan, Asal Jangan Lewatkan Menyusui Secara Langsung

Buatmu yang ingin kuliah tanpa harus sering bertemu dengan pelajaran matematika, maka tataboga bisa menjadi pilihan. Pelajarannya tidak terlalu rumit. Dan lulusnya juga tidak terlalu lama. Apalagi kalau kita antusias, tertarik, dan suka mendalami kuliner yang beragam jenisnya.

Nah, itu dia tadi sederet ulasan tentang jurusan kuliah yang mudah dan cepat lulusnya. Moga-moga bisa membantumu untuk menimbang-nimbang jurusan apa yang akan kamu pilih untuk menyiapkan karier dan masa depan. Good luck!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: