Jika Anda Memiliki Kulit Berminyak atau Rawan Jerawat, Cobalah Jelly Primer!

Ilustrasi: memakai primer wajah (sumber: blog.smartcover.com) Ilustrasi: memakai primer wajah (sumber: blog.smartcover.com)

Jenis kulit berminyak memang lebih berisiko menimbulkan masalah jerawat. Selain dengan melakukan atau treatment di klinik , pemilihan item kosmetik juga dianggap penting. Pasalnya, jika salah dalam pemakaian kosmetik justru akan membuat kulit semakin berminyak dan muncul banyak jerawat.

Salah satu ciri-ciri memiliki kulit berminyak adalah wajah terus menerus tampak mengkilap. memang membantu menjaga kulit agar tetap lembap. juga diyakini mampu membuat kulit tampak halus dan tidak mudah mengalami keriput. Namun, jika tubuh memproduksi terlalu banyak maka permasalahan kulit seperti jerawat dapat lebih mudah muncul.

Pada beberapa penemuan, sebagian besar kulit berminyak disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi, jika Anda memiliki kulit berminyak, mungkin karena orang tua Anda juga memiliki jenis kulit berminyak. Selain faktor keturunan, kelebihan minyak dapat menjadi suatu pertanda kadar hormon yang meningkat. Kondisi yang demikian menyebabkan timbulnya jerawat pada usia remaja. Pada siklus menstruasi, umumnya cenderung memiliki kulit berminyak.

Untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak ini, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan produk pembersih (cleanser), astringent dan jenis perawatan lain yang dapat membantu menjaga wajah bebas minyak. Dalam pemilihan produknya, dipastikan untuk memilih produk yang benar. Karena pemakaian produk yang salah justru pemicu munculnya masalah kulit yang lain.

Bedak menjadi salah satu item kosmetik yang dalam fungsinya bisa membendung minyak pada wajah Jika Anda bisa memilih produk bedak yang cocok untuk jenis kulit yang Anda punya, maka bedak tidak hanya mampu menyerap minyak, namun juga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Mencari bedak yang cocok untuk berminyak pun tidak susah, karena banyaknya kosmetik yang memproduksi bedak untuk segala jenis . Umumnya, untuk kulit berminyak dan berjerawat lebih disarankan memakai jenis bedak tabur dan bukan jenis compact powder atau bedak padat. Pasalnya bedak tabur memiliki formula yang lebih ringan dan cocok diaplikasikan pada kulit berminyak.

Penggunaan bedak padat Wardah tidak terlalu disarankan untuk kulit berminyak dan berjerawat, dan lebih disarankan untuk memilih face powder dan atau acne face powder yang berbentuk tabur dan bisa menyerap produksi minyak berlebih di wajah tanpa membuatnya lepek karena kandungan oil control yang bagus.

Primer untuk Jenis Kulit Berminyak dan Berpori

Ilustrasi: wanita dengan kulit berminyak (sumber: teenvogue.com)

Ilustrasi: wanita dengan kulit berminyak (sumber: teenvogue.com)

Jika masalah pemilik kulit kering adalah tampilan foundation yang patchy, lain halnya dengan pemilik kulit berminyak. Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kulit berminyak adalah makeup yang rentan ‘bergeser’ karena kulit berminyak sehingga tidak tahan lama. Lantas, bagaimana jika Anda harus menggunakan makeup dalam jangka waktu yang lama? Kunci makeup yang flawless dan tahan lama, tentu saja bermula dari base makeup atau primer yang juga oke dan sesuai dengan kondisi kulit. Berbeda jenis kulit, berbeda pula pilihan produknya.

Meskipun merek kecantikan Amerika seperti Cover FX dan Dermablend baru-baru ini meluncurkan tren mereka, konsep jeli primer bukanlah hal baru di Korea Selatan. Bahkan, inovasi primer berasal di Seoul pada 2015, berkat aktris Ha Jiwon. Dia membantu meluncurkan J.One Jelly Pack. Formulanya yang lengket, formula jernih, yang berfungsi sebagai masker, serum, dan makeup primer,

Pada tahun 2018, jalur J.One Jelly Pack diperluas dengan versi Merah. Ini adalah pengantar penata rias yang berbasis di New York City Tony Tulve untuk fenomena jelly primer. Sekarang, J.One Red Jelly Pack adalah pokok dalam kit-nya. Tidak seperti aslinya, itu dibubuhi ceramides, yang menurut King bagus untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Plus, ia memiliki sedikit, warna merah muda yang mencerahkan kulit, karena ekstrak kembang sepatu dan raspberry.

Mengapa Jelly Primer Berfungsi Untuk Kulit Berminyak?

Dermablend Professional Insta-Grip Jelly Primer (sumber: dermablend.ca)

Dermablend Professional Insta-Grip Jelly Primer (sumber: dermablend.ca)

Tulve mengatakan dengan primer jeli untuk kulit berminyak, khususnya, karena mereka tidak terlalu menggelapkan kulit seperti kebanyakan primer untuk jenis kulit ini. Sebagai gantinya, primer jeli membiarkan kulit memiliki ‘glass-skin’ yang bersinar tanpa minyak yang tidak diinginkan.

Mereka yang memiliki kulit berjerawat juga harus memperhatikan jeli primer. Leigh Dickson, seorang seniman dari Vancouver, Kanada, yang dikenal di Instagram karena riasannya yang berani, biasanya kesulitan menemukan primer yang tidak membuat kulitnya pecah atau memperburuk jerawat kistiknya. Akhir-akhir ini, dia telah meraih Primer Dermablend Professional Insta-Grip Jelly Primer, dan belum mengalami gangguan. (Ini diformulasikan dengan ekstrak kulit quercus suber, yang menurut King membantu mengontrol minyak.) Ini juga membantu menghaluskan bekas jerawatnya.

Jika kulit Anda berjerawat dan Anda terlalu takut untuk memakai primer biasa, jelly primer sangat cocok untuk kulit berjerawat Anda. Produk jelly primer dapat berperan sebagai shooting agent untuk menenangkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit Anda. Anda  tidak perlu khawatir kulit Anda akan teriritasi.

Dengan jelly primer, maka akan membuat wajah Anda tampak lebih flawless dan terbebas dari kulit berminyak dan kusam. Teksturnya yang ringan ini dapat membuat wajah tampak lebih flawless dan make-up lebih tahan lama saat diaplikasikan ke wajah.

Selain dapat membuat make-up tahan lama, produk jelly primer juga bermanfaat untuk melembutkan wajah. Produk yang satu ini juga dapat membuat wajah lebih kenyal dan glowing saat memakai make up. Nah, setelah tahu manfaatnya ini, pasti Anda akan tertarik untuk mencoba produk jelly primer sebagai base makeup Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: