5 Jenis Tanaman Hias Merambat untuk Menyegarkan Rumah

jenis tanaman hias merambat, dolar rambat sumber: jamuin.com

Tanaman hias merambat banyak juga manfaatnya. Terutama untuk bagian luar rumah, seperti taman belakang. Tanaman ini merambat di dinding taman sehingga mampu menyejukkan pandangan. Rumah jadi terlihat lebih hijau. Selain dari estetika, oksigen juga semakin meningkat seiring sirkulasi udara yang lancar.

Dengan begitu, rumah kita bakalan terasa lebih adem dan nyaman ditinggali. Manfaat-manfaat seperti ini hanya sebagian kecil saja lho. Ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan ketika mampu menjadikan rumah sebagai tempatnya bertumbuh untuk tanaman-tanaman yang menghijaukan.

Ada beberapa jenis tanaman hias merambat yang bisa kita koleksi untuk mempercantik sekaligus menyegarkan rumah kita, terutama untuk taman belakang atau pergola garasi depan. Apa saja? Ini dia.

1. Dolar Rambat

jenis tanaman hias merambat, dolar rambat

sumber: jamuin.com

Tanaman rambat yang satu ini banyak sekali kita jumpai di taman-taman kota. Daunnya kecil namun memiliki akar yang kuat. Mampu merambat dengan cantik di tembok, atau juga tanaman lain yang berkayu. Tanaman ini bisa kamu manfaatkan untuk menghias dinding taman belakang agar terlihat lebih segar.

Baca juga:  Rekomendasi 5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Juga, ada keuntungan ketika menutupi dinding dengan dolar rambat. Yakni apabila dinding belum dicat, maka bisa diakali dengan menambahkan tanaman ini. Sehingga selain mampu menghasilkan udara yang bersih, juga bisa menghemat pengeluaran untuk cat dinding.

2. Morning Glory

morning glory

sumber: nc-narrations.com

Tanaman merambat berikutnya adalah morning glory. Tanaman ini akan berbunga dan bunganya berwarna-warni, tergantung spesiesnya. Warna bunga morning glory ada beragam, yakni kuning, ungu, biru, merah, dan putih. Daun tanaman morning glory berbentuk hati yang cantik.

Tanaman ini berbunga pada bulan Mei hingga September. Tanaman ini sangat kuat dan mampu bertahan bahkan di kondisi tanah yang kurang subur sekalipun. Karena itu, sangat cocok apabila dijadikan tanaman merambat, mengingat mudahnya tanaman ini beradaptasi di lingkungan ekstrem.

3. Petrea

petrea

sumber: instagram.com

Warna bunga yang cantik ungu putih, membuat petrea makin diminati. Tanaman ini bisa tumbuh dan dirambatkan pada teralis, arbors, dan pagar. Iklim tropis sangatlah cocok untuk tanaman petrea, meskipun asal dari tanaman ini adalah Amerika Latin. Namun cukup adaptif dan mudah dibudidayakan.

Baca juga:  5 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Bunga yang bergerombol dan lebat membuatnya menampilkan warna yang cerah dan kuat. Pandangan mata bakal langsung tertuju apabila pagar rumah dihiasi dengan tanaman hias merambat petrea. Untuk perawatannya juga cukup dibiarkan, nanti tanaman ini akan tumbuh merambat dengan sendirinya.

4. Wisteria

wisteria

sumber: grid.id

Apabila tertarik menanam tanaman yang agak langka, maka wisteria bisa jadi pilihannya. Tanaman merambat yang satu ini tergolong mahal karena kelangkaannya. Namun juga tidak ada salahnya apabila kamu ingin membudidayakannya dan menjadikan tanaman ini sebagai penghias eksterior.

Tanaman ini dapat berbunga 3-4 kali dalam setahun. Namun sayangnya, tanaman satu ini tergolong membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Karena habitat aslinya di iklim subtropis, maka butuh perawatan intens agar tanaman wisteria mampu tumbuh di sekitar rumah.

5. Melati Irian

melati irian

sumber: jamuin.com

Tanaman terakhir namun bukan yang paling akhir, ialah melati irian. Warna yang identik dengan tanaman ini adalah biru dan orange kemerahan. Penamaan melati irian juga bukan tanpa alasan. Tanaman ini memiliki bunga yang menjuntai panjang, besar, juga menggerombol.

Baca juga:  5 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun untuk Mempercantik Teras Rumah

Sama dengan tanaman wisteria, tanaman melati irian termasuk ke dalam tanaman yang tergolong langka. Maka jangan heran ya, kalau harga yang dibanderol untuk tanaman ini agak mahal. Tapi ya lagi-lagi, ini soal pilihan dan kamu berhak memilih tanaman hias mana yang akan kamu tanam di rumah.

Itu dia beberapa jenis tanaman hias merambat yang tentu bakal menjadikan rumah kita terasa segar, sejuk, sekaligus nyaman ditinggali. Dengan begitu, rumah bakalan jadi destinasi paling nyaman buat kita setelah pulang kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: