Jenis Roti Paling Mudah Dibuat, Ini Resepnya

Jenis Roti Paling Mudah Dibuat - faktualnews.coJenis Roti Paling Mudah Dibuat - faktualnews.co

Roti merupakan salah satu kudapan yang lezat dan biasa dijadikan sebagai pengganti makanan pokok, seperti nasi. Ini karena roti yang dibuat dengan bahan tepung, mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup sebagai sumber energi. Selain membeli di toko roti, Anda bisa membuat beberapa jenis roti dengan resep yang mudah.

Roti merupakan salah satu jenis makanan fermentasi berbahan dasar tepung terigu. Roti disebut sebagai produk fermentasi karena mengandung ragi dalam pembentukan rasa serta aromanya. Mikroba utama pada ragi roti yang dipakai adalah saccharomyces cereviceae. Ragi tersebut akan merombak gula menjadi gas karbondioksida dan alkohol. Gas karbondioksida akan terperangkap pada adonan yang menyebabkan adonan mengembang, sehingga menghasilkan roti dengan tekstur empuk dan lembut.[1]

Ada beberapa jenis roti yang bisa Anda buat sendiri di rumah, bahkan bahan-bahannya mudah ditemui dengan harga terjangkau.

Roti Kasur

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan roti kasur. Roti jenis ini selalu ada di outlet toko roti karena mudah dibuat dan rasanya lumayan enak. Secara fisik, roti kasur memiliki bentuk seperti kasur dengan model persegi empat dan memiliki pola kotak-kotak di atas permukaannya. Secara tekstur, roti kasur sangat empuk dan kenyal.

Baca juga:  Biaya Produksi & Cara Membuat Kertas Daur Ulang

Untuk membuat roti kasur, Anda perlu menyiapkan 250 gr tepung roti protein tinggi, 50 gr gula pasir, 30 gr margarin, 120 ml susu cair, 1 butir telur, 6 gr ragi, dan sejumput garam. Isiannya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Anda bisa menambahkan 10 gr keju atau 1 sendok cokelat meses.

Setelah semua bahan terkumpul, masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam ke dalam wadah baskom plastik atau mangkuk berukuran sedang. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata, Anda bisa mengaduk menggunakan sendok atau mixer. Kocok telur dalam wadah terpisah dan masukkan ke dalam campuran tepung.

Sebelum menuangkan telur ke dalam wadah, buat campuran susu cair dan ragi. Cara membuatnya, masukkan ke dalam panci dan rebus. Tunggu suhunya turun dan menjadi hangat. Masukkan ragi ke dalam panci dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Aduk susu dan ragi hingga rata, lalu diamkan selama 7 menit hingga berbuih. Susu yang sudah berbuih dimasukkan ke dalam wadah berisi tepung dan diuleni hingga setengah kalis.

Baca juga:  Pentingnya Diet Bagi Ibu Hamil dan Anak untuk Menghindari Racun

Tambahkan margarin pada adonan dan masukkan ke dalam wadah yang ditutup kain lap bersih selama 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Tekan-tekan adonan agar udaranya keluar, lalu potong adonan menjadi 9 bagian dan bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Isi tiap bulatan dengan isian yang sudah Anda siapkan, seperti keju dan cokelat. Susun adonan di dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit hingga roti matang. Keluarkan roti dari loyang dan olesi sedikit mentega, lalu hidangkan.

Roti Kasur - id.pinterest.com

Roti Kasur – id.pinterest.com

Roti Manis

Jenis roti yang mudah dibuat selanjutnya adalah roti manis. Untuk membuat roti manis, Anda cuma membutuhkan 700 gr tepung terigu protein tinggi, 50 ml susu bubuk, 2 butir telur, 120 gr gula pasir, 2 sendok teh ragi instan, 1 sendok teh vanila, 400 ml susu cair, 70 gr butter, dan sejumput garam.

Campur tepung terigu, susu bubuk, telur, gula pasir, ragi instan, dan vanili di dalam wadah plastik. Uleni adonan hingga setengah kalis dan masukkan butter, susu, serta garam. Uleni adonan hingga kalis dan elastis. Biarkan adonan di dalam wadah dengan tutup serbet yang bersih selama 1 jam.

Baca juga:  Ternyata Bisa Dimakan! Begini Cara Membuat Keripik dari Bonggol Pisang

Setelah adonan mengembang, letakkan ke wadah dengan permukaan datar dan tekan-tekan permukaannya. Cetak adonan sesuai selera, Anda bisa membentuknya menjadi lonjong, bulat, dan lainnya. Masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan oven di suhu 200 derajat Celcius.

Setelah 10 menit atau ketika roti setengah matang, lapisi bagian atasnya dengan margarin atau telur. Masukkan kembali roti ke dalam oven selama 10 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan taburi dengan sedikit gula halus sebagai topping, lalu sajikan.

Roti Manis - www.tokomesin.com

Roti Manis – www.tokomesin.com

Itulah beberapa jenis roti yang mudah dibuat. Anda bisa membuatnya dengan berbagai varian toping dan isi. Dua jenis roti tersebut juga bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

[1] Sitepu, Kerina Muli. 2019. Penentuan Konsentrasi Ragi pada Pembuatan Roti. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Agrokompleks, Vol. 2(1): 71-76.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: