Jangan Sampai Keliru, Ternyata Ini Jenis Pisang yang Paling Cocok untuk Bikin Pisang Goreng

Olahan Makanan Pisang Goreng - www.indoindians.comOlahan Makanan Pisang Goreng - www.indoindians.com

Orang Indonesia tentunya sudah tak asing dengan jajanan pisang goreng. Ya, gorengan renyah dengan rasa yang manis ini disukai banyak orang untuk dijadikan cemilan atau bahkan pengganjal perut di kala lapar. Meski jenis pisang ada ratusan, ternyata hanya beberapa macam saja yang bisa diolah untuk dijadikan pisang goreng.

Pisang goreng adalah makanan ringan yang banyak ditemui di Indonesia dan cocok disajikan sebagai teman minum teh atau kopi dalam berbagai kesempatan. Makanan ini dibuat dari pisang yang dibalut adonan kental yang umumnya terbuat dari pisang yang dibalut adonan kental yang umumnya terbuat campuran tepung terigu, telur, gula, dan garam, lalu digoreng hingga matang.

Pisang yang digunakan untuk pisang goreng adalah pisang nangka, pisang uli, pisang raja, pisang kepok, pisang batu, atau pisang tanduk. Jenis olahannya pun bervariasi, ada pisang goreng molen, pisang goreng pasir, atau pisang goreng wijen.[1]Berikut ulasan lengkap jenis pisang untuk pisang goreng.

Jenis Pisang untuk Pisang Goreng

Pisang Kepok

Pisan kepok bentuk buahnya gemuk, panjangnya sekitar 10-15 cm. Kulitnya tebal, pada saat masih mentah berwarna hijau dan sesudah matang berubah menjadi kuning. Daging buahnya berwarna krem dan rasanya pulen.

Baca juga:  Dengan Sensasi Rasa Segar, Olahan Kolang Kaling Banyak Diminati Masyarakat
Pisang Kepok - ayselalver.blogspot.com

Pisang Kepok – ayselalver.blogspot.com

Pisang Uli

Bentuk buahnya mirip pisang raja sereh, tetapi kulitnya lebih tebal berwarna kuning cerah. Daging buahnya berwarna kekuning-kuningan. Rasanya manis, pulen, dan aromanya harum.

Pisang Uli - www.bukalapak.com

Pisang Uli – www.bukalapak.com

Pisang Raja

Nama lengkapnya pisang raja bulu. Disebut demikian karena permukaan daging buahnya tidak mulus dan agak berbulu. Buahnya berukuran sedang, panjangnya 15-20 cm. Kulitnya tebal dan kasar, berwarna kuning jika telah matang. Daging buahnya berwarna krem kekuningan.

Pisang Raja - @plim

Pisang Raja – @plim

Pisang Nangka

Buahnya mirip pisang ambon lumut, panjangnya 15-20 cm. Kulitnya berwarna hijau tua polos, daging buahnya berwarna kuning tua, beraroma harum, dan rasanya asam manis.

Pisang Nangka - 8villages.com

Pisang Nangka – 8villages.com

Pisang Tanduk

Ukuran buahnya besar, panjang 30-40 cm. Ujungnya meruncing seperti tanduk, kulitnya berwarna kuning kecokelatan dan berbintik-bintik cokelat bila sudah matang. Daging buah berwarna krem kekuningan dan rasanya manis.

Pisang Tanduk - id.pinterest.com

Pisang Tanduk – id.pinterest.com

Cara Memilih Pisang yang Baik

Mutu pisang ditentukan oleh tingkat ketuaan pisang saat dipetik. Jika pasang ‘matang pohon’, mutunya semakin baik. Saat membeli pisang, pilih yang padat berisi, bagian ujung buah tampak penuh, tangkainya berwarna hijau-kuning, kulitnya mulut tidak keriput/memar. Pisang yang sudah matang sebaiknya disimpan dalam suhu ruang dengan cara digantung, agar bagian bawah pisang tidak memar.

Baca juga:  Minim Modal, Inilah Sekilas Tentang Bisnis Jilbab Murah Dengan Sistem Dropship

Pisang matang ini bisa juga disimpan di dalam lemari es, walau kulit buahnya akan menjadi hitam, tetapi kondisi daging buahnya tetap bagus. Pisang yang sudah terlalu matang bisa disimpan di dalam freezer. Buang dahulu kulitnya dan bungkus dengan plastik lengket (cling wrapped). Jika akan dipergunakan keluarkan dari dalam lemari es dan simpan beberapa saat sampai tercapai suhu ruang. Setelah itu pisang siap diolah lebih lanjut.[2]

Tips & Cara Menggoreng Pisang Goreng Supaya Tidak Berminyak

  1. Masukkan pisang yang telah dilumuri tepung dalam minyak yang benar-benar panas supaya balutan tepungnya benar-benar renyah dan cita rasanya lezat.
  2. Sedangkan untuk menggoreng pisang setelahnya bisa menggunakan api sedang saja agar bagian dalamnya juga matang secara menyeluruh.
  3. Jangan menumpuk pisang goreng ketika ditiriskan. Jika selesai menggoreng dan menyaring pisang, sebaiknya segera tata posisi pisang goreng supaya tidak saling bertindihan. Hal ini dilakukan supaya pisang goreng yang berada di bawah tak menyerap minyak pisang goreng yang berada di atasnya.
  4. Pakai tisu makan sebagai alas pisang goreng untuk menghilangkan minyak berlebih. Jika tisu sudah penuh dengan minyak, segera ganti dengan tisu yang baru.
Baca juga:  Rekomendasi Produk Skincare Lokal Murah untuk Merawat Kulit Kering

Meskipun pisang goreng adalah jajanan yang lezat dan nikmat dimakan kapan saja, sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu sering dalam wujud gorengan. Jika Anda ingin lebih sehat, maka usahakan untuk makan buahnya saja dalam wujud segar atau diolah dalam wujud jajanan lain yang lebih rendah minyak seperti cake, es krim, atau bahkan diolah menjadi smoothies tanpa gula.

[1] Ide Masak. 2013. Resep Favorit untuk Usaha – Aneka Pisang Goreng. Hardiman I, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Muaris, H. 2004. Variasi Pisang Goreng. Hardiman I, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: