Jenis, Manfaat, dan Alasan Mengapa Anda Butuh Pelukan Setiap Hari

Jenis, manfaat, alasan, mengapa, butuh, pelukan, setiap, hari, berpelukan, teman, halo, seksual, gembira, nyaman, dopamine, serotonin, sistem, saraf, kesehatan, pasangan, kepedulian, rasa, sayang, bahagia, hubungan, emosional, fisik, stres, sentuhan, hormon, oksitosin, intim, mood, endorfin, kecemasan, kesepian, Pelukan erat dan panjang

Kebiasaan berpelukan dianggap sebagai kunci kebahagiaan dan kesehatan. Salah satu manfaat pelukan adalah efek menenangkan secara emosional. Pelukan menyampaikan pesan, dan mereka hanya merasa senang jika Anda terbuka untuk menerima pesan itu.

Berpelukan diprediksi mampu memberikan sebuah sebuah yang lebih harmonis untuk . Hal tersebut mungkin terjadi karena berpelukan membuat tubuh merilis hormon oksitosin. Pria yang diberikan dosis oksitosin tinggi dalam tubuhnya memiliki kemungkinan berpaling dari pasangannya lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak diberikan hormon tersebut. Dengan kata lain, makin sering berpelukan, maka memungkinkan lebih saling menyayangi.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang sering memeluk dan dipeluk saat mereka kecil memiliki tingkat yang lebih rendah daripada mereka yang kurang mendapat pelukan saat kecil. Sentuhan fisik pada orang dewasa juga diprediksi mampu mengurangi tekanan dalam kehidupan mereka, bahkan meski hanya mendapat sedikit sentuhan.

Manfaat lain dari pelukan adalah menumbuhkan perasaan positif bagi siapa saja yang melakukannya. Hal ini dikarenakan hormon oksitosin yang dihasilkan selama berpelukan mampu membentuk ikatan intim, saling terikat, dan memupuk kepercayaan. Bisa dikatakan bahwa melalui pelukan, seseorang bisa mendapatkan ikatan dan pengalaman positif dalam kehidupan sehingga mampu merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Manfaat Pelukan

Jenis, manfaat, alasan, mengapa, butuh, pelukan, setiap, hari, berpelukan, teman, halo, seksual, gembira, nyaman, dopamine, serotonin, sistem, saraf, kesehatan, pasangan, kepedulian, rasa, sayang, bahagia, hubungan, emosional, fisik, stres, sentuhan, hormon, oksitosin, intim, mood, endorfin, kecemasan, kesepian,

Pelukan kelembutan cucu kepada kakek nenek

Menurut penelitian, berpelukan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menyembuhkan depresi, mengurangi stress. Dilansir dari laman Hipwee, berikut adalah beberapa manfaat pelukan sekaligus alasan mengapa Anda membutuhkannya setiap hari.

Membuat lebih tenang dan sabar

Hubungan dan koneksi antar manusia membuat mereka menghargai satu sama lain. Pelukan adalah salah satu cara manusia untuk menunjukkan betapa mereka menghargai orang lain. Di era yang segalanya serba instan, cepat, dan sibuk, orang secara konstan terburu-buru untuk melakukan banyak tugas. Pelukan akan membuat seseorang lebih tenang dan tak lagi diburu-buru waktu sepanjang hari. Mereka akan lebih sabar dan menghargai hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

Produksi dopamine

Semua hal yang dilakukan manusia bisa berpengaruh terhadap aliran dopamin pada tubuh. Dopamin yang rendah akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit parkinson atau depresi. Dopamin berfungsi memberikan perasaan bahagia pada seseorang, sekaligus memberikan motivasi. Pelukan bisa memicu aliran dopamin dalam tubuh sehingga membuat seseorang lebih bahagia, termotivasi, dan jauh dari depresi.

Merangsang serotonin

Tak hanya dopamin, pelukan juga merangsang pelepasan endorphin dan serotonin pada pembuluh darah ke seluruh tubuh. Kedua hal ini akan memicu perasaan senang, meredakan rasa sakit mencegah perasaan sedih, serta menjaga kesehatan jantung. Selain itu, serotonin dan endorfin juga membantu menghilangkan kelebihan lemak dan menambah harapan hidup. Uniknya, hal ini juga berlaku ketika seseorang memeluk hewan peliharaan mereka. Berpelukan meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh, menaikkan mood, menghilangkan stres, dan membuat bahagia.

Keseimbangan sistem saraf

Pelukan juga berfungsi untuk menyeimbangkan sistem saraf. Kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Respons yang terjadi pada tubuh ketika seseorang mendapatkan pelukan ini membuat sistem saraf parasimpatik menjadi semakin seimbang dan berfungsi dengan baik.

Jenis Pelukan dan Artinya

Jenis, manfaat, alasan, mengapa, butuh, pelukan, setiap, hari, berpelukan, teman, halo, seksual, gembira, nyaman, dopamine, serotonin, sistem, saraf, kesehatan, pasangan, kepedulian, rasa, sayang, bahagia, hubungan, emosional, fisik, stres, sentuhan, hormon, oksitosin, intim, mood, endorfin, kecemasan, kesepian,

Kolega bisnis berpelukan

Ada banyak jenis pelukan, masing-masing memiliki makna yang agak berbeda. Anda dapat membedakannya hanya dengan memperhatikan pengalaman Anda. Misalnya, Anda mungkin mengenali pelukan ini:

Pelukan halo

Kadang-kadang begitu cepat sehingga Anda hampir tidak bisa menyebutnya sebagai pelukan. Bahkan jika Anda menyukai orang itu, keinginan Anda untuk melakukan ini akan bergantung pada seberapa besar Anda menyukai sentuhan fisik.

Pelukan

Lebih panjang dari pelukan halo, dan Anda dapat melakukannya saat menyapa teman Anda. Ini mengkomunikasikan rasa suka sejati satu sama lain.

Pelukan gembira

Mungkin terjadi ketika Anda melihat seseorang yang belum Anda lihat dalam waktu yang lama atau dalam perayaan beberapa kesempatan.

Pelukan nyaman

Ditawarkan ketika seseorang kesal. Itu mengkomunikasikan kepedulian dan merupakan upaya untuk membantu orang tersebut.

Pelukan seksual

Diadakan lebih lama dan sering menjadi awal sentuhan lainnya bersama pasangan.

Ketika seseorang bergerak untuk memeluk Anda, pikirkan apa yang mereka katakan kepada Anda. Pertimbangkan apakah Anda ingin menerima pesan itu. Jika Anda tidak melakukannya, maka hindari pelukan atau cepat mundur. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak nyaman memeluk bahkan jika Anda menyukai pesan itu. Sekali lagi, Anda dapat mundur untuk memberi diri Anda kesempatan untuk memikirkan apa yang membuat Anda tidak nyaman.

Jenis, manfaat, alasan, mengapa, butuh, pelukan, setiap, hari, berpelukan, teman, halo, seksual, gembira, nyaman, dopamine, serotonin, sistem, saraf, kesehatan, pasangan, kepedulian, rasa, sayang, bahagia, hubungan, emosional, fisik, stres, sentuhan, hormon, oksitosin, intim, mood, endorfin, kecemasan, kesepian,

Pelukan kasih sayang terhadap pasangan

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak nyaman dengan memeluk bahkan ketika Anda bersama seseorang yang Anda sayangi, Anda mungkin ingin bekerja untuk membuka diri terhadap pengalaman itu. Memeluk dapat membantu Anda merasa lebih dekat dengan orang lain dan dapat mengurangi penderitaan yang datang dengan banyak , seperti , kesedihan, kesepian, dan ketakutan. Anda mungkin merasa terbantu untuk memulai dengan memikirkan apa yang memotivasi pertahanan Anda dari pelukan.

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin menerima pelukan seseorang, pastikan Anda percaya bahwa itu cukup aman secara emosional untuk mencobanya. Kemudian, perhatikan pesan yang sepertinya ingin dikirimkan oleh orang lain. Saat menyadari hubungan dan pesan yang dituju orang lain, perhatikan bagaimana perasaan Anda secara fisik selama pelukan. Pada awalnya Anda mungkin merasa atau terjaga, tetapi terus berikan perhatian. Anda mungkin melihat penurunan ketegangan atau bahkan kehangatan.

Ada manfaat serupa untuk memberi pelukan. Ini sering membuat orang lain merasa baik, yang mengarah ke perasaan yang lebih positif dalam hubungan. Dengan menolak pelukan – atau menunjukkan ketidaknyamanan pada mereka – Anda cenderung memberi pesan kepada orang lain bahwa Anda menginginkan lebih banyak jarak emosional atau fisik.

Sejauh ini akurat, Anda memindahkan hubungan Anda ke arah itu. Namun, ketika Anda berbagi pelukan dengan orang lain dengan cara yang mencerminkan apa yang Anda rasakan secara mendalam, itu dapat membantu Anda mengatasi kesepian, meringankan perasaan yang mengganggu, dan merasa lebih bahagia dalam diri Anda dan hubungan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: