Jenis Kain Brokat yang Bagus Untuk Mempercantik Tampilan Saat Wisuda

Kain brokat untuk kebaya (sumber: modelkebaya.net) Kain brokat untuk kebaya (sumber: modelkebaya.net)

Jenis kain brokat di Indonesia saat ini sangatlah beragam. Hal ini semakin membuat para pecinta fashion klasik makin bingung. Dari harga yang ekonomis sampai yang membutuhkan kocek berlebih, dari yang model klasik sampai modern sekarang bisa ditemui di banyak brokat yang beredar di Indonesia. 

Brukat atau brokat, berasal dari kata yang sama dari kata brokoli, yaitu sebuah kata Italia brocato yang berarti kain yang disulam. Sumber lain mengatakan jika brokat berasal dari bahasa lain brocarre yang memiliki arti menusuk atau bahan yang ditusuk. Dengan adanya hal tersebut menunjukkan jika bahan kain brokat ini bisa disamakan dengan needle work.

Brokat merupakan bahan utama dalam pembuatan kebaya, dan hal inilah yang membuat para pencipta motif brokat semakin berkembang sehingga anak-anak muda jadi lebih nyaman dalam mengenakan kain brokat nan cantik dan anggun. 

Tiap brokat dengan jenis yang berbeda akan semakin beda juga tingkat kesulitan menjahitnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan lapisan kain untuk brokat atau juga ketika akan menjahit. Semakin bagus kualitas brokatnya, maka akan memiliki kemudahan untuk menjahitnya.

Perlu diketahui bahwa kain brokat memiliki tekstur yang berpori dan relatif sangat tipis, untuk itu ada baiknya menghindari penggunaan rader dengan jenis gerigi. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir kerusakan pada kain brokat. Jika memang menggunakan kain brokat, ada baiknya menggunakan kampuh balik yang akan membantu pada bagian-bagian tertentu ketika sedang dijahit.

Bahan brokat pada dasarnya memiliki tekstur yang tipis dan tidak tahan terhadap cuaca panas. Untuk itu hindari menyetrika busana kebaya brokat Anda. Itulah beberapa informasi seputar tips memilih kain brokat untuk membuat model kebaya brokat. Kabar baiknya kini banyak juga kain brokat yang dijual secara online.

Jenis Kain Brokat di Indonesia yang Bagus untuk Kebaya Wisuda

Wisuda adalah salah satu momen penting bagi sebagian orang. Kehadiran momen ini banyak ditunggu-tunggu, sehingga menjadikan setiap orang yang tampil wisuda ingin tampil menarik. Di Indonesia sendiri, kebanyakan calon wisudawati hadir dengan outfit kebaya.

Baju kebaya wisuda berbahan kain brokat

Baju kebaya wisuda berbahan kain brokat

Beragam warna serta motif dapat dipilih sesuai dengan mood dan kepribadian Anda. Untuk Anda bisa menggunakan kain brokat sebagai luaran serta sabun sebagai dalamannya. Yuk langsung saja intip beberapa jenis brokat yang bagus digunakan untuk kebaya wisuda berikut ini.

Brokat Prancis

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Memilih Helm Bogo untuk Wanita

Brokat Prancis sering disebut dengan nama French Lace. Brokat ini memiliki kualitas terbaik diantara brokat-brokat yang lain, tidak heran jika harga yang ditawarkan untuk jenis brokat ini terbilang tinggi. Brokat eksklusif ini mempunyai karakteristik yang mumpuni di segala hal yaitu bahan yang lembut, tidak panas, tidak gatal ketika menyentuh kulit yang menjadi kelebihan utama adalah bahan brokat Prancis ini mampu membentuk tubuh pemakainya dengan sempurna. 

Brokat Semi Prancis

Setelah kita mengetahui seperti apa itu brokat Prancis, tentunya banyak dari pecinta kain brokat ingin mendapatkan kain tersebut, namun berpikir ulang mengenai harga yang ditawarkan. Nah, untuk jenis brokat kedua adalah KW-nya brokat Prancis. Dengan kualitas yang mirip brokat Prancis namun sedikit kaku pada bahannya. Namun banyak para desainer yang malah menggunakan bahan brokat semi Prancis dibandingkan brokat Prancis. Pemilihan brokat semi Prancis bukan semata karena harganya, namun karena tekstur bahannya yang lebih kuat sehingga mudah untuk di jahit. 

Brokat Jepang

Baca juga:  Studi Baru: Tak Perlu Khawatir, Tidak Semua Anak Remaja Melakukan Sexting

Brokat yang akan kita intip selanjutnya adalah brokat Jepang. Brokat ini mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan brokat semi prancis. Namun untuk ketenarannya, brokat jenis ini masih kalah dibandingkan brokat semi prancis. Banyak orang lebih memilih menggunakan brokat semi prancis karena brokat jepang dianggap terasa sintetisnya. Ada harga ada rupa, tentunya brokat jepang memiliki harga yang lebih murah dibanding brokat semi prancis.

Brokat Prada

Brokat prada adalah brokat pilihan para desainer. Brokat ini mempunyai karakteristik motif timbul yang halus dan elegan, sehingga tetap terlihat cantik meskipun dibentuk dalam model apapun dan dipotong-potong sebagai aplikasi kebaya. Dari segi harganya, brokat prada menawarkan harga yang bervariasi tergantung dari kehalusan bahan dan jenis motifnya. 

Brokat Italy

Brokat italy mempunyai karakteristik yang mudah diingat, yaitu brokat yang sudah dibordir atau dipayet. Jika menyukai aplikasi payet dan bordir, pilihan yang tepat jatuh ke brokat ini. Karena kita tidak perlu repot lagi untuk menambahkan payet atau bordir di dalamnya. Untuk harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dari kerumitan payet atau bordir yang disajikan. 

Detail motif kain brokat (sumber: emakwatik.com)

Detail motif kain brokat (sumber: emakwatik.com)

Brokat Corneli

Jenis kain satu ini merupakan jenis brokat dengan tile yang sangat cantik manakala digunakan untuk kebaya. Hadir dengan tekstur yang timbul maka bisa membedakan antara 1 brokat  dengan brokat lainnya. Terdapat benang yang timbul pada pinggiran motif kain. Benang tersebut disebut dengan chord sehingga namanya adalah brokat corneli. Untuk jenis yang bagus harganya berkisar Rp90.000 untuk setiap meter.

Brokat Biasa

Baca juga:  Rekomendasi Produk Pelembab Wajah Untuk Kulit Kering Dan Berjerawat

Dari semua jenis brokat yang kita sebutan sebelumnya, brokat yang satu ini adalah jenis brokat yang paling banyak dijumpai, selain mudah didapatkan di hampir semua toko kain menjual jenis brokat ini, harga yang ditawarkan juga sangat menarik, murah dan tentunya tidak banyak merogoh kocek kita. Kekurangan dari brokat ini adalah motif yang terlihat biasa dan kadang tidak menarik. Bahkan warna yang ditawarkan juga tidak terlalu bervariasi. Namun, bahan brokat biasa ini akhirnya banyak menjadi pilihan di banyak acara, salah satunya menjadi seragam keluarga dalam suatu pernikahan. 

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan manakala menentukan jenis kain brokat ketika menjahitnya. Semakin bagus kualitasnya, tentu akan memiliki kemudahan menjahitnya atau semakin mudah menjahitnya.

Perlu diketahui juga jika kain brokat ini memiliki tekstur berpori serta relatif sangat tipis. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari menggunakan kain dengan jenis gerigi. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir kerusakan pada kain brokat itu sendiri.

Jika terpaksa harus menggunakan, sebaiknya menggunakan kampuh balik yang akan bisa membantu pada bagian tertentu ketika sedang dijahit pada dasarnya, brokat ini memiliki tekstur yang tipis serta tidak tahan terhadap cuaca panas. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari untuk menyetrika busana brokat.

Nah sudah ada gambaran, bukan, mau membuat kebaya dengan menggunakan jenis brokat yang mana? Kebaya memang pakaian yang penuh keindahan dan mampu memunculkan kesan elegan bagi pemakainya. Pemilihan bahan kain dan model kebaya juga menjadi satu yang penting dalam pembuatan kebaya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: