Jenis Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat Terbanyak untuk Ibu Hamil Muda

Buah-Buahan untuk Ibu Hamil Muda - www.telegraph.co.uk Buah-Buahan untuk Ibu Hamil Muda - www.telegraph.co.uk

Asam folat adalah nama lain dari B9 yang menjadi salah satu dari 8 B kompleks. Asam folat telah lama dikenal mempunyai peran penting untuk menjaga sistem saraf serta membantu mengolah lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Bukan hanya itu, asam folat juga dapat mencegah cacat lahir seperti neural tube defect (cacat lahir pada bagian otak, tulang belakang, dan saraf tulang belakang), menjaga kulit, rambut, dan kuku, mencegah anemia dan jantung, hingga menurunkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Karena pentingnya asam folat untuk kandungan, banyak yang menganjurkan para wanita yang sedang dalam hamil maupun ibu hamil muda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat bisa didapatkan dari berbagai sumber, misalnya saja suplemen asam folat yang banyak beredar di apotik, sayur-sayuran, telur, biji-bijian, hingga buah-buahan.

Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat - www.videoblocks.com

Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat – www.videoblocks.com

Hingga kini ada banyak buah yang dikenal mengandung asam folat tinggi yang bermanfaat untuk para ibu hamil muda. Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi biasa atau diolah menjadi jus, smoothies, dan sebagainya. Berikut informasi buah yang mengandung asam folat untuk ibu hamil muda.

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Pepaya
Buah yang dagingnya berwarna oranye ini rupanya punya kandungan asam folat yang cukup tinggi, yakni 38 mcg per 100 gram, 10% AKG. Tingginya kandungan asam folat pada pepaya menjadikan buah yang harganya cukup terjangkau ini cocok untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil yang sedang hamil muda. Selain tinggi asam folat, buah pepaya juga tinggi kandungan serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan.

Jeruk
Jeruk adalah jenis buah-buahan yang cukup mudah ditemui di mana saja, entah di pasar tradisional hingga di supermarket maupun mini market. Kabar baiknya, buah jeruk juga sama-sama mengandung asam folat tinggi layaknya pepaya. Kandungan asam folat dalam buah jeruk sebanyak 30 mcg per 100 gram berdasarkan 8% AKG.

Strawberry
Buah stroberi disebut-sebut memiliki kandungan asam folat tinggi sebesar 24 mg per 100 gram berdasarkan 6% AKG. Buah berwarna merah segar yang rasanya asam ini juga disebut-sebut baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Pasalnya dalam buah stroberi tidak hanya mengandung asam folat saja, tetapi juga memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan kalium.

Tomat
Tomat adalah buah yang kaya akan anti-oksidan dan juga vitamin C. Buah yang berwarna kemerahan ini dikenal sebagai buah yang punya manfaat dahsyat untuk mencegah terjadinya kanker, terutama kanker serviks. Tak hanya itu, tomat pun dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang hamil. Pasalnya dalam buah tomat disebut-sebut mengandung asam folat 22,3 mcg per 100 gram, 6% AKG, yang juga bisa membantu proses perkembangan sel-sel baru pada janin.

Pisang
Pisang memang termasuk jenis buah-buahan yang rasanya nikmat, mengenyangkan, dan bisa ditemukan di mana saja. Tak hanya bisa dimakan langsung begitu saja, buah pisang juga bisa Anda oleh menjadi smoothies atau kudapan lain yang tak kalah lezat. Pisang bisa menjadi solusi bagi para ibu hamil muda yang mungkin merasa bosan atau kurang berselera memakan buah-buahan yang itu-itu saja. Buah pisang memiliki kandungan asam folat 20 mcg per 100 gram, 5% AKG, sehingga bisa bermanfaat untuk perkembangan janin dalam perut Anda.

Pisang untuk Ibu Hamil - www.today.com

Pisang untuk Ibu Hamil – www.today.com

Avokad
Hampir setiap orang mungkin menyukai buah yang rasanya lezat ini. Meskipun mungkin rasanya cenderung hambar, alpukat termasuk jenis buah-buahan yang juga bisa diolah menjadi berbagai macam sajian yang lezat. Seperti halnya buah-buahan yang telah disebutkan sebelumnya, avokad juga buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengandung. Dalam buah avokad mengandung 20 mcg per 100 gram berdasarkan 5% AKG.

Buah Naga
Buah Naga sudah cukup lama dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Di dalam buah naga mengandung zat besi dan folat yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil dan bisa mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir. Selain mengandung zat besi, buah naga juga dikenal tinggi kandungan karbohidrat yang dapat memberi energi tambahan bagi para ibu hamil, serta serat yang bisa menjaga fungsi pencernaan.

Anggur
Anggur disebut-sebut sebagai buah yang memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, fosfor, zat besi, kalsium, dan magnesium. Buah anggur pun dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kinerja organ ginjal. Anggur juga dikenal bisa mengurangi kadar kolesterol pada ibu yang sedang hamil.

Pir
Dalam buah pir memiliki kandungan asam folat dan vitamin B9 yang dipercaya mampu mengurangi risiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Selain itu, buah pir juga tinggi kandungan vitamin C, mampu membantu penyerapan zat besi, kaya akan sumber serat yang membantu proses pencernaan, serta kandungan 100 kalori yang menjadikannya sebagai sumber energi dan relatif mengenyangkan untuk dikonsumsi.

Nah, bila Anda sedang hamil muda dan ingin mengetahui jenis buah atau makanan apa saja yang kaya kandungan asam folat dan layak untuk Anda konsumsi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Pasalnya setiap ibu hamil tentu memiliki kondisi yang berbeda-beda, oleh sebab itu kebutuhan nutrisi tiap ibu hamil pun kemungkinan juga akan berbeda-beda. Selain dari buah atau sayuran, kebutuhan asam folat juga bisa didapatkan dari susu atau produk suplemen penambah asam folat yang banyak dijual di apotek.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: