Jenis Bedak dan Kosmetik yang Dibutuhkan Untuk Usia 40 Tahun Ke Atas

Bedak untuk Wanita Usia 40 Tahun Ke Atas Bedak untuk Wanita Usia 40 Tahun Ke Atas

Setiap individu pasti akan mengalami proses penuaan, demikian pula dengan kulit wajah. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kondisi kulit tidak akan sama seperti saat masih muda. Ketika memasuki usia 40 tahun ke atas, biasanya wajah akan mulai tampak lebih menua. Kulit mudah menjadi kusam. Belum lagi produksi kolagen yang menurun mengakibatkan tekstur kulit menjadi kendur dan rentan berkeriput.

Untuk memiliki kulit yang sehat meski memasuki kepala empat, maka Anda harus rutin melakukan perawatan. Dengan perawatan yang rutin ini, tanda-tanda penuaan juga tampak lebih lambat. Dalam artian tekstur kulit wajah tidak terlalu kusam dan berkeriput. Memiliki tampilan tetap sehat dan cantik di usia 40’an tentunya menjadi kebanggaan untuk diri sendiri. Anda pun juga akan lebih percaya diri.

Ada banyak cara dan tips untuk tetap awet muda dan cantik di usia 40 tahunan yang wajib untuk Anda ketahui. Beberapa di antaranya adalah:

Rajin olahraga

Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan jogging atau bersepeda di pagi hari. Dengan olahraga yang dilakukan secara teratur ini akan melancarkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan sistem kerja organ. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kondisi kulit Anda yang pastinya akan terlihat lebih sehat dan awet muda.

Perbanyak konsumsi air putih

Rutin Minum Air Putih untuk Merawat Kulit Wajah

Rutin Minum Air Putih untuk Merawat Kulit Wajah

Air putih tidak hanya sekadar bermanfaat untuk mengatasi rasa haus, namun juga bisa membantu pengeluaran racun-racun dalam tubuh, menghancurkan lemak dan tentunya membuat kulit lebih kenyal, serta untuk cara memutihkan wajah kusam secara alami. Anda bisa mengonsumsi air putih 7-8 gelas per hari. Bila Anda dapat melakukan hal ini secara rutin, dipercaya keriput dan garis halus pada kulit wajah akan memudar secara perlahan.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Baca juga:  Beda Dengan Pria, Begini Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan sumber vitamin serta mineral yang baik. Ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sebab tubuh tidak mampu memproduksi vitamin sendiri, kecuali vitamin K. Maka dari itu Anda harus mencukupi asupan vitamin lewat makanan. Anda bisa membuat jus buah atau smoothie setiap pagi sebelum beraktivitas. Kemudian selalu hadirkan juga sayuran untuk menu makanan harian.

Aplikasikan sunscreen
Sunblock atau sunscreen merupakan krim yang bertugas melindungi kulit dari sinar UV matahari. Penggunaan sunblock ini sangat penting bagi wanita, sebab paparan matahari dapat  berdampak buruk bagi kulit. Selain menyebabkan hyperpigmentasi, juga membuat kulit keriput, kering bahkan bersisik.

Apabila kulit terus-menerus terpapar sinar UV maka efeknya bakal terjadi penuaan dini. Nah, untuk mencegah hal tersebut maka gunakan sunscreen setiap beraktivitas di luar rumah. Ini perlu Anda lakukan semenjak usia remaja. Dengan begitu, pada saat memasuki usia ke 40 tahunan kondisi kulit akan tetap bagus.

Gunakan skincare khusus anti aging

Ketika memasuki usia 40 tahunan, Anda harus mulai menggunakan produk skincare yang khusus anti aging daripada jenis brightening. Biasanya krim anti aging pun sudah dilengkapi dengan formula mencerahkan. Beberapa bahan aktif yang kerap digunakan pada krim anti aging adalah retinoid, Hyluronic Acid, vitamin C, ataupun kolagen.

Contoh lain dari zat anti aging adalah pitera yang merupakan ekstrak dari air beras yang mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Fungsi pitera antara lain untuk melembabkan kulit, menghaluskan kulit, meratakan warna kulit, menampilkan kulit jernih dan bening, mengatasi sebum berlebih, dan masih banyak lagi. Sayangnya kosmetik yang mengandung pitera terbilang mahal, sebut saja satu brand ternama, SK-II.

SK II Anti Aging - (Sumber: herworldplus.com)

SK II Anti Aging – (Sumber: herworldplus.com)

Semakin tua usia seseorang, daya sel sel kulit elastis semakin menurun. Alhasil kulit menjadi keriput dan kering. Untuk mencegah dan merawat kulit wajah usia 40 tahun diperlukan kosmetik yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan wajah usia ini. Bahan utama dari kosmetik untuk usia 40 tahun adalah anti aging atau anti penuaan dini. Ada beberapa item kosmetik yang dapat dipilih dan digunakan oleh seseorang yang memiliki usia 40 tahun ke atas, mulai dari pelembab, krim, hingga bedak.

Kulit wajah usia 40 tahunan diperlukan jenis pelembab yang mempunyai kandungan SPF yang lebih besar dan mampu melembapkan kulit wajah dengan baik. Usahakan memilih pelembap dengan kandungan SPF 25 / 30 atau bila ada pilihlah di atasnya. Wajah usia 40 lebih kering yang mengarah pada bertambahnya keriput. Penggunaan pelembab pada wajah akan bisa mempertahankan kesegaran dan elastisitas pada kulit wajah, mengatasi kekeringan secara bertahap sehingga meminimalisir keriput untuk muncul lebih banyak.

Foundation atau alas bedak juga diperlukan guna menutupi keriput pada wajah saat mengaplikasikan make up. Fungsi foundation adalah menempelkan make up, menyamarkan ketidaksempurnaan, khususnya pada warna kulit, menutup noda pada wajah dan menutup keriput. Usahakan untuk memakai foundation tipis tipis saja agar kulit wajah bisa bernapas dengan baik. Pilih foundation sesuai dengan warna kulit dan jenis kulit agar membuat tampilan terlihat lebih cantik.

Demikian juga dengan bedak, gunakan jenis bedak yang mengandung hydrating factor. Anda dapat memilih jenis bedak anti aging, mulai dari jenis loose powder, compact powder, bb cushion, bedak tainted, maupun concealer dari sejumlah produk kenamaan seperti Wardah, Laneige, SK II, LT Pro, Garnier, Olay, Ponds, dan brand lainnya yang menawarkan pilihan produk bedak anti aging khusus untuk usia 40 tahun ke atas.

Kemudian, kosmetik perawatan wajah yang baik  untuk usia 40 tahun adalah kosmetik yang mengandung kolagen. Kolagen ini menjadi zat yang banyak dicari untuk mengatasi keriput dan masalah kulit di usia 40 tahun. Fungsinya untuk meremajakan kulit dan mengembalikan kemampuan sel sel kulit seperti usia muda. Kandungan ini membuat kulit lebih segar, muda dan halus karena memperbaiki sel sel rusak dan meremajakan sel sel kulit Anda.

Yang terakhir, suplemen vitamin E dan C juga sangat diperlukan untuk perawatan wajah usia 40. Yakni untuk menjaga keremajaan dan kesehatan sel sel kulit wajah. Suplemen vitamin E dan C harus rajin diminum untuk hasil lebih maksimal. Kedua vitamin ini bisa diperoleh dari buah dan sayur yang kita konsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: