Diburu Kolektor Tanaman Hias, Ini Jenis Aglaonema Termahal

Aneka koleksi tanaman aglaonema (sumber: pinterest)

Bagi Anda pencinta tanaman hias, pasti sudah cukup familiar dengan aglaonema. Tumbuhan ini hingga kini masih dicari oleh para kolektor untuk memenuhi taman dan halaman mereka. Para kolektor bisanya berlomba-lomba mendapatkan aglaonema dengan kriteria tertentu, mulai dari warna daun hingga bentuk daun dan struktur tanamannya, meskipun ada beberapa jenis yang punya harga sangat mahal.

Aglaonema sp. adalah tanaman yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara dan beberapa jenisnya berasal dari Indonesia. Tanaman yang juga kerap dijuluki Sri Rejeki ini termasuk salah satu jenis komoditas pertanian kelompok hortikultura, khususnya tanaman hias, yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Prospek tanaman ini dinilai sangat cerah, dengan kata lain harganya tidak akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Mungkin harganya bisa turun, namun bisa dinaikkan kembali jika masanya tiba.

Meskipun sudah pernah menjadi tren di tahun 2007 lalu, hingga kini aglaonema masih tergolong tanaman hias populer. Bahkan, beberapa orang rela membudidayakan aglaonema jenis tertentu untuk mendapatkan keuntungan.[1] Bagi Anda yang ingin mendapatkan tanaman tersebut, pastikan tahu jenis yang disukai kolektor karena harganya memang tidak murah.

Baca juga:  Awas, Ada yang Beracun! Begini Ciri Lidah Buaya yang Aman Dikonsumsi

Aglaonema Red Sumatra

Aglaonema red sumatra (sumber: pinterest)

Aglaonema red sumatra (sumber: pinterest)

Salah satu jenis aglaonema asal Indonesia yang menjadi idaman para kolektor saat ini, yaitu Aglonema Red Sumatra. Dilansir dari Tribun Timur, tanaman hias tersebut merupakan salah satu jenis tanaman kebanggaan Indonesia karena pernah memenangi kontes tanaman hias internasional di Belanda tahun 2002. Keberhasilannya memenangi kontes tanaman hias, membuat aglaonema tersebut dijuluki The Pride of Sumatera.

Aglonema Red Sumatra memiliki daun yang menyirip dengan gerigi lembut di bagian tepi daunnya. Batang tumbuhan tersebut mengandung banyak air dengan warna putih di bagian bawah dan merah di bagian pangkal daun. Daun aglaonema memiliki dua macam warna. Bagian permukaan daun berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna putih gading, sedangkan bagian belakang daun berwarna hijau dengan semburat merah keunguan. Tulang daun bagian belakang juga berwarna merah keunguan.

Keindahan aglaonema asal Sumatera membuat harga tanaman ini terbilang mahal dibandingkan jenis aglaonema lainnya. Untuk bibitnya saja, dibanderol mulai Rp165 ribuan hingga Rp250 ribuan. Sementara, untuk tanaman dewasa yang asli, harganya mulai Rp500 ribuan hingga Rp700 ribuan.

Baca juga:  Dibanderol Harga Rp 800 Ribuan per 20kg, Cat Tembok Dulux Dipercaya Anti Bocor

Aglaonema Khanza

Aglaonema khanza (sumber: jenis.net)

Aglaonema khanza (sumber: jenis.net)

Berbeda dengan jenis aglaonema sebelumnya, aglaonema khanza baru booming pada 2018 lalu. Meskipun tanaman hias ini tergolong masih baru, tetapi sudah banyak peminatnya. Aglaonema tersebut memiliki tampilan unik dan cantik. Kebanyakan orang memakai jenis ini sebagai salah satu dekorasi ruang dengan konsep floral.

Daun aglaonema khanza berukuran cukup besar dan lebar, dengan bentuk tulang daun menyirip. Bagian tulang daun dari pangkal menuju akar, warnanya ungu kemerahan seperti sirup. Sama seperti aglaonema lainnya, batang daun jenis aglaonema khanza mengandung banyak air. Meskipun begitu, batangnya sangat kokoh dan tidak mudah bengkok atau goyah karena angin.

Aglaonema khanza memiliki dua warna pada daunnya. Bagian permukaan daun berwarna hijau terang atau hijau tua dengan tulang daun berwarna ungu kemerahan. Sementara itu, bagian bawah daun berwarna hijau muda dengan semburat warna ungu kemerahan dengan konsep gradasi dari warna tulang daunnya. Untuk memiliki aglaonema khanza yang cantik ini, Anda perlu menyiapkan anggaran mulai Rp300 ribuan untuk bibitnya hingga Rp5 jutaan untuk tanaman dewasanya.

Baca juga:  Hydrating Lip Shine, Lipstik La Tulipe Untuk Bibir Hitam

Aglaonema Escada

Aglaonema estrada (instagram: @dimashendraartiyadi)

Aglaonema estrada (instagram: @dimashendraartiyadi)

Bagi Anda kolektor tanaman hias, cobalah untuk memelihara aglaonema escada. Aglaonema escada memiliki rumpun yang berbentuk seperti rumput. Bagian batang daun memiliki warna putih susu dari ujung hingga pangkal daun. Aglaonema ini memiliki daun yang melebar dengan bentuk tulang daun menyirip.

Daun aglaonema escada memiliki dua corak warna, yaitu putih susu dan hijau tua. Setiap daun akan berwarna putih dengan corak hijau di bagian ujung daun ketika dewasa. Untuk daun mudanya sendiri, lebih cenderung berwarna putih dengan corak hijau lebih banyak di bagian pinggir daun. Keindahan aglaonema escada membuat tanaman ini bernilai tinggi. Untuk bibitnya saja, harganya sekitar Rp300 hingga Rp500 ribuan. Sementara itu, tanaman aglaonema escada dewasa dapat dijual dengan harga hingga Rp16,5 jutaan.

[1] Damanik, Siti Rachma Aulia, dkk. 2018. Pengaruh Kolkisin terhadap Keragaman Morfologi dan Jumlah Kromosom Tanaman Aglaonema Varietas Dud Unyamanee. Jurnal Agroekoteknologi FP USU, Vol. 6(2): 362-370.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: