Jangan Tertipu Harga Mahal, Begini Cara Mengetahui Peringkat Susu Formula Terbaik

Pertimbangan, peringkat, susu, formula, terbaik, sufor, merek, populer, brand, murah, mahal, reaksi, alergi, kondisi, anak, fungsi, organ, tubuh, kesehatan, gangguan, pemilihan, produk, ASI, FDA, kandungan, sapi, asupan, nutrisi, tambahan, alternatif, dokter, konsultasi, komposisi, Memberi asupan gizi pada bayi, baik melalui susu formula maupun ASI (sumber: babycenter.com)

Baik pakar , maupun masyarakat umum sepakat bahwa pemberian Air Susu Ibu adalah langkah yang terbaik untuk asupan . Namun, pada beberapa contoh kasus, banyak ibu tidak dapat memberikan ASI karena suatu alasan tertentu. Maka dari itu, demi memastikan si mendapatkan proses kembang sempurna, diberikanlah asupan nutrisi tambahan atau alternatif, salah satunya dengan .

Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan -anak yang berfungsi sebagai pendamping ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam bayi karena seringkali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi. Karenanya, komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati dan FDA (Food and Drugs Association/Badan Pengawas Obat dan Amerika) mensyaratkan ini harus memenuhi standar ketat tertentu.

Susu formula menjadi pilihan yang dianggap tepat bagi para ibu yang tidak bisa sepenuhnya memberi asupan berupa ASI kepada bayi. Dalam pemilihannya pun tidak bisa sembarangan, terlebih untuk bayi baru lahir atau yang masih berada di bawah usia satu tahun. Susu formula terbaik adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak menimbulkan gangguan. Bukan karena yang disukai, termahal, terkenal atau yang mengandung berbagai macam kandungan kecerdasan.

Secara umum prinsip pemilihan susu yang tepat dan baik untuk anak adalah susu yang sesuai dan bisa diterima sistem tubuh anak. Susu terbaik harus tidak menimbulkan gangguan saluran cerna seperti diare, muntah atau kesulitan buang air besar. Susu yang terbaik juga harus tidak menimbulkan gangguan lainnya seperti batuk, sesak, gangguan kulit dan sebagainya. Penerimaan terhadap susu pada setiap anak sangat berbeda.

Pemilihan susu terbaik bagi anak harus dilakukan secara cermat dan teliti. Susu merupakan makanan bayi dan anak yang dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak dan jangka panjang. Bila susu tersebut tidak cocok bisa menimbulkan gangguan tumbuh kembang yang terjadi terus menerus dalam jangka panjang.

Pertimbangan, peringkat, susu, formula, terbaik, sufor, merek, populer, brand, murah, mahal, reaksi, alergi, kondisi, anak, fungsi, organ, tubuh, kesehatan, gangguan, pemilihan, produk, ASI, FDA, kandungan, sapi, asupan, nutrisi, tambahan, alternatif, dokter, konsultasi, komposisi,

Memilih produk susu terbaik di supermarket (sumber: ft.com)

yang mahal dan merek yang terkenal juga bukan merupakan jaminan bahwa susu tersebut yang terbaik. Keterkenalan merek susu formula tertentu di suatu negara atau daerah sebenarnya lebih karena pertimbangan keberhasilan strategi pemasaran dan penyediaan barang. Hal ini dapat dilihat bahwa susu dengan penjualan tertinggi di negara satu dengan negara lainnya di dunia sangat berbeda dan bervariasi.

Penambahan AA, DHA, spingomielin pada susu formula sebenarnya tidak merupakan pertimbangan utama pemilihan susu yang terbaik. Penambahan zat yang diharap berpengaruh terhadap kecerdasan anak memang masih sangat kontroversial. Banyak penelitian masih bertolak belakang untuk menyikapi pendapat tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan pemberian AA dan DHD pada penderita prematur tampak lebih bermanfaat. Sedangkan pemberian pada bayi cukup bulan (bukan prematur) tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna mempengaruhi kecerdasan. Sehingga ESPGAN, British Nutrition Foundation, dan WHO/FAO hanya merekomendasikan pemberian AA dan DHA hanya pada bayi prematur saja.

Strategi Pemilihan Susu Formula Terbaik

Susu formula sangat berbeda dengan murni, meski bahan baku susu formula dari . Dalam susu formula, ada tambahan nutrisi yang sudah terukur dan disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan bayi. Karena itu, pemberian susu formula terbaik kepada bayi harus sesuai dengan kebutuhan bayi dan kandungan yang telah dianjurkan.

Nah, lantas bagaimana strategi atau langkah yang tepat dalam melakukan pemilihan susu formula yang terbaik bagi anak? Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan apakah anak mempunyai risiko alergi atau intoleransi susu sapi. Risiko ini terjadi bila ada salah satu atau kedua orang tua pernah mengalami alergi, asma atau ketidakcocokan terhadap susu sapi.

Pertimbangan, peringkat, susu, formula, terbaik, sufor, merek, populer, brand, murah, mahal, reaksi, alergi, kondisi, anak, fungsi, organ, tubuh, kesehatan, gangguan, pemilihan, produk, ASI, FDA, kandungan, sapi, asupan, nutrisi, tambahan, alternatif, dokter, konsultasi, komposisi,

Hati-hati kala memberi susu pada anak (sumber: babycenter.com)

Kemudian langkah kedua, harus cermat dalam mengamati kondisi dan gangguan yang terjadi pada anak sejak lahir. Gejala yang harus diamati adalah gejala gangguan saluran cerna, gangguan perilaku dan gangguan organ tubuh lainnya sejak bayi lahir. Bila terdapat risiko alergi dan gejala lain, harus lebih cermat dalam melakukan pemilihan susu. Kalau perlu lakukan konsultasi lebih jauh kepada dokter spesialis alergi anak, gastroenterologi anak atau metabolik dan endokrinologi anak.

Pertimbangan lainnya dalam pemilihan susu adalah masalah harga. Sesuaikan pemilihan jenis susu dengan kondisi ekonomi keluarga. Harga susu tidak secara langsung berkaitan dengan kandungan gizinya. Meskipun susu tersebut murah, belum tentu kalori, vitamin dan mineralnya kurang baik. Selama jumlah, jenisnya sesuai untuk usia anak dan tidak ada gangguan maka itu adalah susu yang terbaik untuk tumbuh kembang anak tersebut.

Secara umum semua susu formula yang beredar di Indonesia dan di dunia kandungan gizinya sama. Karena harus mengikuti standard RDA (Recomendation Dietery Allowence) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Dengan kata lain, penggunaan apapun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut. Perbedaan harga tersebut mungkin dipengaruhi oleh penambahan kandungan AA, DHA dan sebagainya di dalam susu formula.

Jadi kesimpulannya, pertimbangan utama dalam pemilihan peringkat susu formula yang terbaik bagi anak adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak mengakibatkan reaksi yang mengganggu fungsi organ tubuhnya. Bukan dinilai dari mahal atau murahnya harga susu atau kepopuleran sebuah merek susu formula.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: