Jangan Takut Menjadi Tua, Anda Justru Bisa Menikmati Hidup Bahagia di Usia Senja

Ilustrasi: mengisi waktu luang di usia senjaIlustrasi: mengisi waktu luang di usia senja

Menjadi tua terkadang ditakutkan oleh sebagian besar orang. Tetapi yang gagal disadari oleh banyak orang adalah bahwa hal itu juga sering membawa kebahagiaan yang lebih besar dan kepuasan secara umum.

Sementara orang dewasa menengah dipenuhi dengan banyak tanggung jawab karier dan keluarga, menjadi lebih tua sering kali menawarkan kebebasan yang lebih besar dari beban ini. Faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang seringkali lebih bahagia saat mereka berada di usia paruh baya. 

Sebagai contoh, satu studi oleh para peneliti David Blanchflower dan Andrew Oswald mempelajari kebahagiaan orang-orang di 72 negara. Mereka menemukan bahwa di sebagian besar negara, orang paling tidak bahagia selama akhir 40-an tetapi sering mengalami kebahagiaan dan kepuasan hidup yang jauh lebih besar di tahun-tahun berikutnya.

Ketika orang tidak lagi memiliki begitu banyak tanggung jawab sehari-hari, mereka dapat mengambil kehidupan dengan lebih santai. Mereka dapat lebih memikirkan kehidupan mereka dan dengan lebih banyak perspektif, yang juga merupakan sesuatu yang alami seiring bertambahnya usia. Akibatnya, seiring bertambahnya usia, semakin mudah untuk menjadi jelas tentang prioritas Anda dan menginvestasikan waktu dan perhatian Anda pada hal-hal yang paling penting bagi Anda, seperti ketika Anda memiliki kesehatan Anda, Anda memiliki segalanya – yang mana tentu saja hal ini tidak ada pada seorang anak muda, anak yang sehat yang menerima begitu saja kesehatannya. Hidup lebih sepenuhnya sesuai dengan prioritas mereka yang sebenarnya, orang tua sering mengalami perasaan sejahtera.

Usia juga kerap menghadirkan mellowing. Orang-orang yang dulunya impulsif, marah, atau sangat peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka sering menjadi kurang kuat secara emosional dalam bidang-bidang ini. Anda mungkin tidak terlalu khawatir tentang penilaian orang lain, merasa lebih baik tentang diri sendiri, dan memiliki hubungan yang lebih memuaskan.

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin juga menemukan diri Anda mengukur hidup Anda dengan jumlah waktu yang tersisa, yang dapat memotivasi Anda untuk menemukan cara untuk berdamai dengan hidup Anda. Anda mungkin lebih cenderung berusaha melepaskan, atau kurang dikonsumsi oleh, kekecewaan, penyesalan, dan dendam. Dan Anda mungkin lebih terbuka untuk menikmati kesenangan dan kebahagiaan hidup – baik besar maupun kecil.

Pria & wanita di usia senja

Pria & wanita di usia senja

Jika Anda merawat tubuh dan pikiran Anda dengan baik ketika Anda memasuki tahun-tahun emas Anda, Anda bahkan akan lebih berkembang di tingkat fisik, emosional, dan sosial. Banyak dari ini terjadi karena mempertahankan gaya hidup sehat: berolahraga secara teratur, cukup tidur (termasuk tidur siang seperlunya), menjalani diet sehat, dan menjaga kehidupan sosial yang aktif dan mendukung secara emosional. Penting juga untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam dengan membaca, mempelajari hal-hal baru, dan tetap terlibat secara intelektual di dunia sekitar Anda. Dan jika Anda melakukan upaya untuk menumbuhkan sikap positif, Anda juga akan memiliki kombinasi yang unggul.

Tentu saja, tidak semua orang menjadi lebih bahagia seiring bertambahnya usia. Beberapa orang diatasi oleh banyak stres dan perjuangan penuaan. Yang lain hanya menjadi dewasa dari orang-orang muda yang tidak bahagia menjadi orang tua yang tidak bahagia. Meski demikian, penuaan dapat memiliki manfaatnya. Dan jika Anda fokus pada sisi negatifnya, Anda memberi diri Anda kesempatan yang lebih baik untuk bahagia dan puas saat Anda berada dalam ‘golden age’ Anda. 

Kunci Tetap Hidup Bahagia di Usia Senja

Terus aktif dan rasa percaya diri, adalah salah satu kunci kebahagiaan bagi mereka yang memasuki  usia senja. Menurut psikolog Darmayanti Utoyo Lubis, banyak masalah kesehatan dan masalah psikologis yang dialami mereka yang masuk usia lansia dipicu oleh perasaan tak lagi dibutuhkan. 

Dan ini banyak dialami para pekerja yang memasuki masa pensiun. Rasa bahagia, ujarnya, salah satunya didapat dari kemandirian seseorang. 

“Saat seseorang merasa dirinya tidak bisa berbuat banyak dan menyusahkan orang lain, ada penurunan rasa percaya diri dan akibatnya hidup tidak bergairah. Pada orang tua, kondisi ini dapat semakin memburuk dan menyebabkan kondisi kesehatan terus merosot,” terang Darmayanti.

Damayanti menambahkan, secara alami fungsi tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Dan dengan rajin beraktivitas, maka penurunan fungsi ini bisa ditahan lajunya.

Nah, meski usia sudah tidak muda lagi bukan berarti Anda tidak mendapat kebahagiaan layaknya anak muda. Berikut tips menikmati kehidupan di usia 50 tahun seperti dikutip magforwomen.

Menjaga kesehatan

Semakin tua usia Anda, tentu kondisi tubuh ikut menurun. Cobalah jalan-jalan untuk menjaga tubuh tetap fit. Olahraga adalah cara terbaik untuk tetap aktif dan fit. Bergabunglah terapi tawa untuk merasa baik dan bahagia. Tertawa dengan orang lain dan merasa ceria sepanjang waktu.

Ilustrasi: aktivitas menjaga kesehatan

Ilustrasi: aktivitas menjaga kesehatan

Meditasi

Bermeditasi selama 30 menit secara teratur merupakan dasar untuk merasa bahagia. Meditasi dapat membantu untuk menjaga keseimbangan yang tepat dalam tubuh. Nikmati hidup dengan bermeditasi dan mempraktikkan trik pernapasan yang tepat.

Pergi berbelanja

Berbelanja secara royal pada hal-hal yang ingin Anda miliki akan membuat Anda merasa baik dan bahagia. Nikmati hidup dengan pergi ke tempat-tempat yang menarik dan baru.

Lakukan rutinitas

Ikuti rutinitas dalam hidup dan Anda akan selalu tetap bahagia. Dedikasikan waktu untuk melakukan hal-hal tetap. Makan malam lebih awal juga dengan tidur lebih awal. Ketika Anda mengikuti rutinitas, semuanya akan jatuh ke tempatnya. Ini akan memiliki dampak besar pada kehidupan Anda dan disiplin.

Nikmati kehidupan

Anda ingin menari atau menyanyi? Jangan menahan emosi Anda. Putar musik favorit Anda dan mulai lah menari seperti tidak ada yang mengawasi Anda. Atau menyanyikan lagu favorit Anda. Semua hal-hal kecil dalam hidup dapat memberikan kebahagiaan besar. 

Jangan khawatir

Pada usia ini kehidupan, Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal sepele. Fokus pada hal-hal yang membuat Anda bahagia. Jangan khawatir pada anak-anak atau cucu. Mereka sudah cukup dewasa untuk menangani hidup mereka. Anda boleh memberi nasihat pada kehidupan anak, tapi biarkan mereka menjalani kehidupan masing-masing. Jangan terlalu dibuat pusing.

Berbagi pengetahuan

Tetap bahagia dengan berbagi pengetahuan Anda dalam hidup. Ketika Anda berbagi pengalaman dan pengetahuan, itu akan membuat Anda bermakna bagi orang lain.

Secara umum, kunci bahagia di usia senja adalah tidak pernah merasa tua untuk sesuatu. Anda bisa tetap aktif bersepeda, jalan kaki, berenang, angkat beban, juga mengasah pemikiran dengan diskusi soal ekonomi, politik, sejarah, seni, dan film populer.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: