Jangan Salah, Begini Loh Urutan Pemakaian Skin Care yang Tepat

Ilustrasi: persiapan merawat kulit tubuh dan wajah Ilustrasi: persiapan merawat kulit tubuh dan wajah

Agar kulit terjaga, banyak menggunakan berbagai lebih dari satu. Namun ternyata, masih banyak orang yang keliru dalam menggunakannya. Padahal, menurut dokter kulit di London, dr. Sam Bunting, urutan pemakaian skin care yang salah bisa mengurangi efektivitas produk yang digunakan. Bahkan, kulit bisa mengalami iritasi dan dehidrasi.

Urutan Pemakaian Skin Care yang Tepat

Skin care atau produk perawatan kulit ada banyak jenisnya. Mulai dari pembersih wajah hingga tabir surya. Nah, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang digunakan, Anda harus menggunakannya dengan urutan yang tepat. Kunci utama dalam memakai skin care yaitu menggunakan produk dengan tekstur dari yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, gunakan produk berbahan dasar air sebelum memakai produk lain yang berbahan dasar minyak. Berikut urutan skincare yang tepat:

Sabun cuci muka

Membersihkan wajah menjadi langkah pertama yang perlu diterapkan sebelum Anda memakai produk perawatan lainnya. Dengan wajah yang , produk-produk selanjutnya yang akan digunakan akan lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit. Jadi, urutan skincare yang tepat memang dimulai dari facial wash alias sabun muka.

Exfoliator

Salah satu penyebab wajah terlihat kusam adalah menumpuknya sel kulit mati. Oleh karena itu mengeksfoliasi wajah perlu dilakukan. Pilih scrub dengan butiran halus agar tidak iritasi. Lakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Anda bisa melakukannya di pagi atau malam hari setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih.

Toner

Setelah membersihkan wajah dengan sabun, gunakan toner. Toner membantu mengangkat kotoran dan minyak yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka. Selain itu, dr. Christine Choi Kim, dokter kulit di Los Angeles, Amerika Serikat, menyatakan bahwa toner membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan pelembap dan serum.

Ilustrasi: aplikasi toner wajah

Ilustrasi: toner wajah

Booster

Booster sendiri berguna untuk memberi nutrisi tambahan yang diperlukan kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skin care yang akan dipakai setelahnya. Cara memakai booster sama seperti hydrating toner, hanya tinggal ditepuk-tepuk di kulit wajah secara perlahan.

Gunakan Serum

Sama halnya dengan tubuh, wajah juga membutuhkan asupan nutrisi. Nah, salah satu cara yang bisa Anda gunakan yaitu dengan pemakaian serum. Serum memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang memiliki beberapa manfaat. Manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu mengurangi minyak berlebih, mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

“Serum memberikan bahan aktif ke dalam kulit secara paling efisien,” kata Ranella Hirsch, seorang dokter kulit di Boston. Plus, mereka mudah disesuaikan. Pilih dua atau tiga serum yang masing-masing mengobati salah satu kekhawatiran Anda: formula dengan peptida untuk kerutan, asam salisilat untuk kulit berminyak, dan licorice atau lidah buaya untuk menenangkan kemerahan.

Eye atau eye serum

Mata merupakan salah satu bagian yang paling rentan terhadap kekeringan dan penuaan. wajah biasanya memiliki bahan-bahan yang terlalu keras untuk kulit mata. Oleh karena itu diperlukan eye cream atau eye serum yang memang dirancang khusus untuk kulit halus di area mata. Eye cream biasanya lebih banyak mengandung minyak, sehingga dapat membantu mencegah kekeringan.

Tambahkan antioksidan

Vitamin C adalah salah satu bahan yang dibutuhkan setiap jenis kulit. “Ini mencerahkan, melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi kolagen,” kata ahli kimia kosmetik Ni’Kita Wilson, yang merekomendasikan penggunaan serum yang kuat.

Pelembap

Pelembab adalah kunci dari setiap rutinitas pelapisan karena “melumasi serum pada kulit Anda, yang dapat membuatnya lebih efektif,” kata Wilson. Jangan ragu untuk tetap menggunakannya: Cobalah Kiehl’s Ultra Facial Cream untuk kulit normal dan berminyak, serta bareMinerals Butter Drench Restorative Rich Cream untuk kulit kering.

Ilustrasi: menuangkan lotion pelembap (sumber: blavity.com)

Ilustrasi: menuangkan lotion pelembap (sumber: blavity.com)

Pelembap Sederhana

Jika kulit sensitif Anda memerah karena memikirkan untuk menggunakan bahkan satu produk perawatan, cobalah memakai pelembab sederhana, bebas pewangi terlebih dahulu dan kemudian serum di atas. “Krim akan mengurangi potensi serum,” kata Hirsch, “tetapi mereka juga cenderung menyebabkan iritasi.”

Tambahkan minyak

Dalam dosis kecil, minyak membuat kulit bercahaya. Letakkan di area kering setelah krim – sebagai aturan, minyak dapat menembus pelembab, tetapi tidak sebaliknya. Kami menyukai Rodin Luxury Face Oil, dengan biji bunga matahari dan minyak jojoba. Lewatkan minyaknya jika Anda memakai lebih dari dua serum di bawah pelembab Anda, — pada titik tertentu, Anda tidak bisa menghindari terlihat berminyak.

Jangan lupa perlindungan

Sinar matahari dapat membawa pengaruh buruk untuk kulit kita. Oleh karena itu penggunaan sunscreen tidak boleh Anda lewatkan. Sunscreen dapat melindungi kulit wajah dari sinar matahari dan mencegah kanker kulit. Aplikasikan sunscreen di tahap akhir penggunaan skin care Anda.

“Tabir surya adalah langkah terakhir Anda di pagi hari,” kata Jeannette Graf, seorang dokter kulit di Great Neck, New York. “Itu menetap di atas kulit Anda, jadi jika itu terjadi lebih dulu, itu mencegah bahan lain dari penetrasi.” Supergoop Unseen Sunscreen cukup ringan untuk dilapisi beberapa produk.

Retinoid

Mengakhiri rutinitas malam hari Anda dengan retinoid membuat Anda terlihat jauh lebih muda. (Setiap dokter kulit merekomendasikan super ingredient ini.) “Saya meletakkan retinol saya di atas serum dan krim – pelembab membantu retinol untuk menembus dengan lebih baik dengan lebih sedikit iritasi,” kata Brandt, pencipta produk Dr. Brandt Do Not Age Transforming Pearl Serum and Time Reversing Cream.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: