Jangan Malas Cuci Muka, Ini Bahayanya Jika Tidur Masih Pakai Makeup!

Bahaya, masih, pakai, makeup, riasaan, saat, tidur, mencuci, muka, membersihkan, wajah, pembersih, buta, mata, eye, remover, efek, cara, sebelum, bulu, iritasi, maskara, eyeliner, sabun, kulit, regenerasi, Tidur dengan makeup yang belum bersih

‘Jangan menggunakan makeup saat tidur’, mungkin kalimat tersebut sudah sering terdengar di telinga Anda. Sengaja atau tidak, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Jika tidak, kulit wajah Anda yang menanggung akibatnya dalam jangka waktu panjang.

Kebiasaan tidur dalam keadaan masih memakai makeup akan membuat wajah seperti ladang subur untuk pertumbuhan komedo dan jerawat membandel. Makeup atau riasan yang masih menempel akan lengket bercampur dengan debu dan polusi dari luar, keringat, hingga minyak di wajah sehingga menyumbat pori-pori.

Tidur di malam hari bukan hanya untuk mengistirahatkan organ tubuh saja, kulit pun ikut beristirahat. Kulit membutuhkan waktu tidur untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel setelah terpapar berbagai radikal bebas. Bila Anda membiarkan wajah masih dipenuhi riasan saat tidur, artinya Anda mencegah proses regenerasi kulit wajah tersebut.

Radikal bebas dari lingkungan sekitar yang terperangkap di wajah dapat memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit. Akibatnya, lama kelamaan akan muncul garis-garis halus di wajah dan semakin dipertegas menjadi keriput. Jadi, tidur pakai makeup hanya akan memperbesar peluang kulit Anda mengalami kerusakan dan penuaan dini yang efeknya cukup sulit untuk diputarbalikkan.

Tidur dengan wajah masih beralas makeup juga rentan membuat kulit kering dan iritasi. Sebagai contoh, kebiasaan meninggalkan maskara selama tidur akan menyumbat folikel bulu mata dan memicu iritasi (blefaritis). Partikel maskara dan eyeliner yang rontok masuk ke mata selama tidur juga akan rentan memicu iritasi mata merah (konjungtivitis).

Bahaya, masih, pakai, makeup, riasaan, saat, tidur, mencuci, muka, membersihkan, wajah, pembersih, buta, mata, eye, remover, efek, cara, sebelum, bulu, iritasi, maskara, eyeliner, sabun, kulit, regenerasi,

Mata merah akibat iritasi (sumber: livestrong.com)

Seperti laporan New York Magazine, sebuah studi baru dari American Academy of Ophthalmology menceritakan kisah seorang wanita Australia berusia 50 tahun yang pergi ke dokter mata setelah mengalami rasa sakit dan iritasi di matanya. Ketika para dokter membuka kelopak mata atasnya untuk melihat di bawahnya, mereka menemukan massa padat yang disebut ‘konkret’ yang terdiri dari 25 tahun penggunaan mascara yang belum dibersihkan dengan benar.

Menurut penelitian, para dokter mengungkapkan bahwa jika massa telah terinfeksi, dalam kasus langka, bisa menyebabkan kebutaan. Kondisi ini dalam istilah medis disebut disfungsi kelenjar meibomian (MGD) yang juga dikenal dengan dry eye syndrome (sindrom mata kering). Angka kejadian akibat keluhan ini, menurut pakar kesehatan, meningkat di kalangan perempuan, karena berlebihan dalam menggunakan eyeshadow, eyeliner, mascara dan sebagainya.

Dalam kasus yang lebih serius, sindrom mata kering ini bisa menyebabkan blepharitis atau penglihatan kabur yang ekstrem. Dahulu kondisi ini dikaitkan dengan masalah penuaan, namun kini banyak kalangan perempuan muda yang mengalaminya.

Mahipal Sachdev, Director Center for Sight, sebuah klinik mata di India Utara mengatakan, tren penggunaan make up mata yang meningkat di kalangan perempuan muda menjadi penyebabnya.

“Eyeliner dan make up mata lainnya menyumbat kelenjar meibomian sehingga membentuk benjolan yang tidak menyakitkan tapi menghalangi penglihatan,” ujarnya dilansir dari Zeenews.

Kelenjar meibomian, lanjut Sachdev, bertugas memproduksi minyak yang mencegah air mata menguap dengan cepat. Ketika kelenjar ini tersumbat maka mata akan lebih cepat kering. “Ini adalah penyebab sindrom mata kering yang paling terkenal dan terkemuka, dan pada kasus ekstrem bisa memicu kehilangan penglihatan,” tambah dia.

Bahaya, masih, pakai, makeup, riasaan, saat, tidur, mencuci, muka, membersihkan, wajah, pembersih, buta, mata, eye, remover, efek, cara, sebelum, bulu, iritasi, maskara, eyeliner, sabun, kulit, regenerasi,

Bahaya tidur tanpa membersihkan makeup dapat berakibat fatal pada penglihatan

Dalam kasusnya, mereka dapat dengan aman menghapus massa konkret dalam prosedur 90 menit, yang sayangnya mengakibatkan jaringan parut permanen. (Meskipun jauh dari ideal, skenario ini oleh semua akun lebih baik untuk kehilangan penglihatan permanen atau komplikasi yang berhubungan dengan kesehatan mata yang lebih parah.

“Bayangan mata yang berpasir, maskara tebal, dan eyeliner bersisik mungkin mengiritasi mata dan akar bulu mata yang dapat menyebabkan kemerahan dan bulu mata yang tumbuh ke dalam,” kata dokter kulit New York City, Ellen Marmur, kepada Teen Vogue. Sementara dia menekankan bahwa produk kosmetik favorit Anda harus lulus beberapa standar keamanan yang cukup ketat sebelum Anda gunakan, bahkan dia masih mendesak Anda untuk mengambil tindakan pencegahan.

“Untuk menghapus riasan mata sebelum tidur, gunakan sesuatu yang lembut seperti Beautycounter Instant Eye Makeup Remover atau Neutrogena Oil Free Makeup Remover,” jelasnya.

Namun, Marmur menunjukkan bahwa tidak mungkin tidur dalam keadaan masih menggunakan makeup atau maskara akan langsung menyebabkan kebutaan; kondisi seperti yang ada dalam studi yang disebutkan di atas adalah hasil dari dekade perawatan yang tidak tepat, dan tidak berarti insiden terisolasi.

Jika semua ini tidak cukup untuk meyakinkan Anda untuk mengubah kebiasaan tidur dengan menggunakan make up, ada bukti fotografi maskara dalam penelitian. Dan sementara gambarnya masih sulit untuk dilihat, penting untuk memastikan bahwa kejadian seperti ini seharusnya tidak terjadi lagi, dan kebiasaan pembersihan menyeluruh menjadi bagian terpenting dalam rutinitas merias diri sehari-hari.

Cara Membersihkan Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Bahaya, masih, pakai, makeup, riasaan, saat, tidur, mencuci, muka, membersihkan, wajah, pembersih, buta, mata, eye, remover, efek, cara, sebelum, bulu, iritasi, maskara, eyeliner, sabun, kulit, regenerasi,

Menggunakan pembersih wajah khusus makeup

Akan ada bahaya yang mengancam jika Anda lalai membersihkan sisa makeup setelah aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, Anda tidak boleh menyepelekan pentingnya membersihkan makeup sebelum tidur. Akan tetapi jika Anda memakai make up, Anda mungkin memperhatikan bahwa hanya dengan mencuci muka saja, kulit belum tentu benar-benar bersih. Berikut langkah-langkah yang efektif untuk membersihkan makeup sebelum tidur, dilansir dari laman Hello Sehat:

  • Cuci tangan dengan bersih sebelum memakai riasan, atau menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit Anda.
  • Gunakan pembersih makeup khusus untuk setiap riasan tertentu. Misalnya pembersih makeup mata dan lipstik (dua area yang biasanya bandel untuk dibersihkan), dan pembersih makeup biasa untuk bagian wajah lainnya.
  • Keringkan wajah dan coba usap dengan kapas bersih. Jika masih ada sisa-sisa yang terlihat di kapas, tandanya belum bersih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya toner pembersih, micellar water, cleansing balm, milk cleanser, atau cleansing oil.
  • Cuci muka dengan sabun wajah Anda seperti biasanya. Cuci wajah dengan gerakan tangan memutar hingga Anda merasa makeup telah terbilas semua. Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah.
  • Bilas wajah dengan air dingin. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi. Jangan pelit-pelit saat membilas wajah. Benar-benar pastikan sisa residu makeup dan sabun tersapu bersih. Jika ragu, bilas wajah sekali lagi dengan tangkupan kedua tangan Anda.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya.

Setelah cuci muka, lanjutkan dengan regime skincare malam Anda seperti biasa. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap. Bila Anda cukup malas beranjak dari tempat tidur hanya untuk cuci muka, selalu siap sedia tisu basah khusus untuk menghapus makeup atau sediakan kapas dan pembersih wajah di samping tempat tidur Anda. Anda bisa membersihkan maskara yang menempel pada mata Anda di atas tempat tidur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: