5 Jamu Untuk Wanita Lepas Bersalin Agar Tubuhmu Kembali Singset

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Mengandung dan melahirkan membutuhkan proses yang panjang. Mulai dari trimester pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya; sang bunda berjuang untuk menjaga tubuhnya. Berat badan yang menambah berkali-kali lipat kini menjadi kendala yang butuh diselesaikan agar badan kembali singset. Karena itu, butuh jamu untuk wanita lepas .

Ramuan dinilai lebih aman dan cocok untuk ibu selepas bersalin. Minim risiko adalah alasan kenapa memilih jamu untuk wanita lepas bersalin ini. Cara membuatnya yang mudah dan bahan-bahan yang mudah didapat pula, juga menjadikan ibu-ibu selepas bersalin berminat untuk mengkonsumsinya.

Lalu, kira-kira apa saja ya, jamu untuk wanita lepas bersalin ini? Simak yuk!

1. Jamu untuk wanita lepas bersalin: jahe dan kayu manis

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Jamu yang satu ini cukup aman dikonsumsi bagi ibu selepas melahirkan. Jamu untuk wanita lepas bersalin ini membutuhkan dua bahan utama, yakni jahe dan kayu manis. Rempah-rempah tersebut mampu memulihkan sekaligus meningkatkan stamina dan sistem imun ibu selepas bersalin. Tubuh akan menjadi bugar lagi.

Ramuan ini dibuat dengan cara yang mudah dipraktekkan di rumah. Yakni dengan cara mencampurkan jahe dan kayu manis, ditambah air, asam jawa, beras, bengle dan pulo sari. Bahan-bahan tadi kemudian direbus sampai mendidih. Bunda bisa meminumnya ketika hangat, setiap hari sesuai keinginan.

2. Daun pepaya

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Tidak hanya bermanfaat sebagai lalapan ketika makan, daun pepaya juga bisa digunakan sebagai jamu untuk wanita lepas bersalin. Daun pepaya ini memiliki khasiat untuk mengembalikan singsetnya tubuh ibu seperti sebelum hamil. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah demam, mengatasi keputihan, menghilangkan jerawat, serta melancarkan ASI.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan berupa daun pepaya, daun sambiloto, asam jawa, daun iler, daun sendok, kayu rapet, jinten dan juga air. Cuci bersih semua bahan lalu haluskan dan rebus sampai mendidih. Air rebusan yang telah disaring bisa dikonsumsi 2 kali sehari.

3. Beras kencur

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Jamu untuk wanita lepas bersalin selanjutnya adalah beras kencur. Manfaat yang diberikan beras kencur ini cukup beragam. Mulai dari memperlancar ASI, diet , mengembalikan stamina tubuh, menyegarkan badan, dan tentunya mengembalikan badan bunda seperti sedia kala.

Cara membuatnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada beras, kencur, jahe, kunyit, jeruk nipis, asam jawa, gula jawa, daun pandan, air, serta garam. Beras dicuci bersih dan direndam 3 jam. Bahan-bahan lainnya direbus dengan air sampai mendidih, diambil sarinya.

Beras ditumbuk sampai lembut, ditambahkan air sari perasan, diaduk hingga merata. Tambahkan perasan jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan sementara agar berasnya mengendap. Minum jamunya yang tidak ada endapan berasnya, ya.

4. Kunyit asam

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Mengencangkan otot kendur yang terjadi ketika hamil merupakan khasiat utama yang didapatkan dari kunyit asam. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk ibu yang baru saja melahirkan. Otot-otot setelah melahirkan tentu tidak akan sesingset ketika dulu belum melahirkan. Kunyit asam bisa membantu mengencangkannya.

Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan kunyit, gula jawa, asam jawa, serta air. Mencampur semua bahan dan dihaluskan, kemudian merebusnya sampai mendidih. Memisahkan air dari ampasnya, lalu meminum sari pati yang telah disaring. Bisa dikonsumsi setiap hari sampai tubuh bunda kembali fit.

5. Paket jamu bersalin

Jamu untuk wanita lepas bersalin

Solusi yang paling gampang adalah mengkonsumsi jamu untuk wanita lepas bersalin dari apotek, yakni paket jamu bersalin. Biasanya sudah ada di pasaran, di apotek-apotek di seluruh Indonesia. Paket jamu bersalin ini bisa berupa parem, tapel, pili, pil hingga bubuk. Tentu dengan resep dan dosis dari sang apoteker.

Namun sebelum itu, bunda diharapkan untuk konsultasi terlebih dahulu untuk menentukan dosis yang tepat. Ada beberapa larangan bagi bunda yang mengalami gangguan liver, dilarang mengkonsumsi paket jamu bersalin ini.

Nah, itu dia tadi sederet jamu untuk wanita lepas bersalin agar badan kembali singset seperti ketika sebelum hamil. Ramuan jamu ini tergolong gampang dibuat sendiri di rumah, dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit mencarinya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: