Cermati Jadwal Pemberian MPASI Bayi 6 Bulan

susu, formula, komposisi, mirip, ASI, kalori, harga, sekitar, Rp 153 ribuan, untuk, khusus, 0-6 bulan, produk, mead johnson, amerika serikat, neuropro, DHA, kandungan, inovasi, pasar, mulai, 1, April, 2018Bayi sedang mengisap susu dari botol minumnya

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan mengalami perubahan besar. Sejumlah perubahan akan terlihat saat bayi berinteraksi dengan Anda. Tak hanya mulai merespons dan berkomunikasi saja, tahapan terpenting yang akan dilalui selanjutnya yakni mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Tentu saja dengan segala persiapannya, Anda wajib memperhatikan jadwal pemberian MPASI secara cermat.

Ciri-ciri bayi yang sudah siap menerima MPASI mulai dari lidah yang secara refleks berkembang baik, kemudian bayi yang mampu duduk dengan posisi benar hingga kemampuan menegakkan kepala. Tumbuh kembang bayi yang baik tersebut membuktikan saluran pencernaan telah siap menerima MPASI.

Pola makan yang teratur menjadi kunci bayi menerima MPASI dengan pembiasaan yang baik. Dalam mengolah MPASI, Anda wajib memperhatikan kandungan gizi untuk kebutuhan bayi. Tentu saja makanan yang lunak dan kaya serat menjadi salah satu yang diperhatikan sebelum memasak MPASI.

Jadwal Pemberian MPASI pada Bayi

JamAgenda
06.00-07.00 WIBPemberian ASI sesuai kebutuhan bayi
09.00-10.00 WIBPemberian puree (bubur bayi) dengan takaran 2-3 sendok makan
12.00-12.30 WIBPemberian ASI sesuai kebutuhan bayi
14.00-15.00 WIBPemberian puree (bubur bayi) dengan takaran 2-3 sendok makan
17.30-18.00 WIBPemberian ASI sesuai kebutuhan bayi
20.00-21.00 WIBPemberian ASI sesuai kebutuhan bayi

Umumnya bayi akan tidur di sela jam makannya. Jika sudah memasuki jadwal makan selanjutnya, maka tidak ada salahnya membangunkan bayi untuk makan. Jika dibiarkan tidur dan bangun dengan sendirinya, ditakutkan bayi akan merasa terlalu lapar dan menjadi rewel.

Baca juga:  Rekomendasi Pelembab Wajah Anti Aging Untuk Usia 30 Tahun Ke Atas, Biar Awet Muda

Dokter menyarankan jadwal seperti di atas disesuaikan dengan karakteristik bayi masing-masing. Sebab setiap anak dapat memiliki kebutuhan yang berbeda. Tetapi yang wajib Anda perhatikan adalah jarak waktu dan jumlah makan, yakni enam kali sehari. Jadwal di atas dilakukan sebagai simulasi dan pengamatan Anda agar dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan waktu makan.

Tips Memilih MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Cara, membuat, bubur, susu, bayi, 6, bulan, mpasi, formula, sun, milna, di, pasaran, tepung, beras, ASI, nutrisi, orang tua, pencernaan, nutrisi,

Memberi makanan pengganti ASI untuk bayi

Latih anak sebelum memasuki usia 6 bulan

Selain persiapan dari orang tua, Anda juga harus melatih anak sejak usia empat atau lima bulan. Caranya dengan pemberian satu atau dua suap puree (bubur halus) dan amati reaksi bayi setelahnya. Jika bayi menolak, tidak perlu dipaksakan, tetapi cobalah keesokan harinya.

Penting diperhatikan, meskipun latihan sudah dapat dilakukan sejak usia 4 bulan, namun pemberian MPASI tetap harus menunggu hingga usia 6 bulan. Jika bayi menunjukkan rasa suka terhadap makanan yang diberikan, bukan berarti Anda dapat langsung memberikannya dengan porsi yang banyak.

Persiapkan MPASI dengan baik

Sebelum mengatur jadwal makan bayi 6 bulan, Anda harus sudah melakukan persiapan dengan baik. Langkah pertama yang dapat dilakukan dengan mencari sebanyak-banyaknya referensi tentang MPASI. Kumpulkan berbagai resep dan praktikkan bahan-bahan tersebut di dapur Anda.

Baca juga:  Salah Mewarnai Rambut? Berikut Cara Cepat dan Mudah Untuk Mengatasinya

Kenali reaksi bayi

Variasi makanan memang diperlukan, namun sebaiknya satu menu diberikan paling tidak 2 atau 3 hari untuk mengetahui reaksinya. Jika timbul reaksi seperti alergi, maka tandanya makanan tersebut tidak dapat diberikan kembali, lebih baik pilih bahan makanan lainnya. Sebaliknya, jika bayi begitu menyukai bahan makanan, maka Anda dapat mulai menyajikan puree dengan kombinasi bahan yang lainnya.

Sajikan Puree (bubur halus) pada bayi dengan kombinasi sayuran atau buah-buahan

Jika bayi hanya diberikan puree dengan satu jenis saja, misalnya sayuran atau buah-buahan saja, hal tersebut akan berdampak pada kemampuan bayi melatih indera pengecapnya. Dengan perpaduan bahan sayuran dan buah, akan membuat lidah bayi dapat beradaptasi sekaligus gizi terpenuhi. Yang terpenting, semua langkah tersebut dilakukan sambil mengamati reaksi dari tubuh bayi.

Puree buah & sayur untuk bayi (sumber: klikdokter.com)

Puree buah & sayur untuk bayi (sumber: klikdokter.com)

Berikan makanan di waktu yang tepat

Setiap anak akan memiliki jadwal makan yang berbeda, meskipun perbedaannya tidak jauh. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jadwal makan bayi 6 bulan di atas hanya merupakan simulasi, sebab Anda dapat menyesuaikan jadwal pada anak. Untuk jadwal setiap anak sesuai dengan tingkat kenyamanannya.

Selain itu, berikanlah makanan ketika bayi tidak dalam keadaan mengantuk atau sedang rewel. Jika bayi rewel, coba berikan sedikit ASI sebelum beralih ke menu makanan padat. Jangan lupa untuk memberi makan bayi di jadwal yang sudah ditetapkan agar bayi belajar untuk memiliki pola makan yang teratur untuk kebiasaan berikutnya.

Baca juga:  Dampak Hidup Berjauhan Dengan Orang Tua Terhadap Anak

Langkah Memulai Pemberian MPASI

Setiap anak memiliki reaksi berbeda setelah pemberian MPASI, mulai dari reaksi langsung mengunyah dan menelan atau bahkan memuntahkan. Jika bayi tampak menolak MPASI, maka Anda harus menunggu beberapa menit atau beberapa hari lagi untuk mencobanya kembali.

Sewaktu memberikan MPASI, Anda boleh menyuapi air putih sebagai selingan, untuk membantu bayi menelan. Namun perhatikan respons bayi dan posisi bayi agar tidak tersedak. Saat bayi mulai tidur, Anda tak perlu melanjutkan lagi pemberian MPASI.

Sebelum menyajikan varian baru puree dari bahan lainnya, Anda harus memberi jarak pada bayi selama tiga hari setelah pemberian MPASI pertama. Rentang waktu ini diperlukan untuk melihat apakah bayi memiliki alergi terhadap makanan tersebut. Selama membuat puree, Anda wajib memperhatikan teksturnya. Sebab MPASI harus lebih lunak agar mudah dicerna bayi.

Jika ingin menambahkan rasa pada MPASI, Anda dapat menambahkan sedikit garam dan gula ke dalamnya. Tetapi hindari memberikan madu atau susu sapi pada puree bayi, sebab keduanya baru boleh diberikan saat usia mencapai satu tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: