Jadi Lifestyle di Kalangan Anak Muda, Berapa Harga Menu Kopi di Starbucks?

Kopi Starbucks - (Photo: Aniepanes) Kopi Starbucks - (Photo: Aniepanes)

Dengan meneguk secangkir kopi dianggap dapat membuat pikiran menjadi tenang bagi para pecintanya. Adanya kandungan kafein dalam kopi memang cukup baik untuk apabila sesuai dengan takaran atau tidak dalam berlebih. Kegemaran dalam meminum kopi pada akhirnya menjadikan tren ‘ngopi’ sebagai sebuah gaya hidup. Diantara banyaknya kedai kopi atau coffee shop yang beredar di pasaran, Starbucks merupakan merek coffee shop yang paling di kalangan masyarakat luas.

Starbucks merupakan perusahaan kopi terkenal asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington DC. Starbucks dinobatkan menjadi perusahaan jaringan kedai kopi terbesar di dunia, karena hingga saat ini telah memiliki cabang 20.337 kedai di 62 negara termasuk Indonesia.

Kehadiran Starbucks coffee kian membius para penggemarnya di mana pun berapa. Kekuatan Starbucks di industri kopi dianggap belum mampu digeser lain meski kedai kopi semacam Starbucks semakin semarak di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, coffee shop asal Amerika ini dianggap benar-benar mengutamakan servis dan kualitas. Starbucks peduli dengan kepuasan pelanggan, salah satu hal yang penting tapi acap kali diabaikan oleh kalangan pengusaha. Hal itulah yang menjadikan Starbucks memiliki tempat di hati pelanggannya, meskipun menu kopi di kedai ini tidak dapat dibilang murah.

Salah satu kunci keberhasilan dari Starbuck ini adalah di mana hidangan kopi di Starbuck memiliki cita rasa yang tinggi dan khas yang membuat para pecinta kopi merasa terhipnotis untuk kembali mencicipi. Selain itu, Starbuck telah berhasil membuat sebuah gaya hidup di tengah masyarakat Indonesia dimana untuk meminum kopi dapat menjadi lebih  modern dan mengikuti tren masa kini.

Selain memiliki sajian kopi yang khas, Starbucks juga identik dengan logonya. Logo khas Starbuck ini berupa gambar putri duyung yang memegang dua ekornya. Putri duyung dalam logo tersebut berwujud setengah manusia dan setengah ikan. Pada mitologi Yunani kuno, lambang putri duyung dengan setengah manusia dan setengah ikan ini dikenal dengan sebutan Siren.

Siren dikenal sebagai sosok yang pandai merayu pelaut yang sedang berlayar dengan senandung yang menarik para pelaut. Selain mitos tersebut, ternyata Siren memiliki arti yang cukup mengerikan yakni obsesi, kecanduan, bahkan kematian.

Sebelum nama Starbucks muncul, rupanya sang pemilik dan pendiri yakni Gordon Bowker hampir memilih nama yang mungkin akan terdengar aneh, bahkan mengerikan. Seperti dilansir dari laman New York Post, Starbucks hampir dinamai ‘Cargo House’.

Kopi Starbucks -  (Sumber: blurstyle.com)

Kopi Starbucks – (Sumber: blurstyle.com)

“Kami memikirkan semua nama dan sangat dekat dengan penyebutan Cargo House, yang akan merupakan sebuah kesalahan mengerikan,” jelas Bowker.

Memesan di Starbucks bukan berarti Anda harus memesan kopi. Malah, di sana terdapat banyak jenis lainnya seperti teh, smoothies, dan cokelat panas. Kemasannya juga beragam mulai dari cup, tumbler dan paper cut dan terbagi dalam beberapa jenis ukuran. Sebuah gelas tall setara dengan 12oz (354 ml), sebuah gelas grande setara dengan 16oz (473 ml), dan sebuah venti setara dengan 20oz (591 ml). Beberapa Starbucks juga menawarkan dengan ukuran short, yaitu 8oz (236 ml), atau trenta – dengan ukuran 31oz (916 ml).

Ukuran tall biasanya mencakup sedikit (single shot) espresso, grande meliputi dosis ganda (double shot) espresso, dan venti juga sama, kecuali bagi minuman es berukuran venti, yang mengandung dosis tiga kali lipat (triple shot) espresso. Jika pelanggan ingin espresso lebih banyak daripada ukuran yang dipesan, maka pelanggan harus membayar biaya tambahan, tetapi pelanggan dapat mendapatkan espresso dalam jumlah yang diinginkan tanpa harus meningkatkan ukuran keseluruhan minumannya.

Dengan adanya beragam ukuran pada gelas kopi Starbucks ini maka berpengaruh pada harga yang ditawarkan untuk setiap menu kopi yang ada. Misalnya untuk jenis menu Frappuccino Caramel blended coffee untuk ukuran tall dibanderol dengan harga Rp38.000, untuk ukuran grande seharga Rp43.000, sementara untuk ukuran venti dihargai Rp46.000.

Contoh lainnya adalah menu blended juice cream Manggo Passion Fruit Juice Drink dengan ukuran tall Rp33.000, grande Rp38.000, dan venti Rp41.000.

Starbuck sendiri tidak hanya menawarkan jenis minuman yang berkualitas tinggi karena menggunakan baku yang di impor langsung dan resep yang terjaga membuat seduhan kopi mereka mengena di hati pelanggan, juga memberikan suasana yang nyaman sehingga memberikan kepuasan bagi para penikmat kopi.

Tren ngopi di Starbucks bersama keluarga dan orang terdekat dianggap membuat lupa waktu lantaran kenyamanan yang diberikan oleh pihak kedai kopi. Pelanggan bebas memilih tempat yang bebas asap rokok, ataupun smoking area.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: