Intip Khasiat Perasan Air Singkong Untuk Perawatan Kecantikan!

Khasiat, perasan, air, singkong, untuk, perawatan, kecantikan, penyakit, maag, lambung, sari, pati, manfaat, jerawat, noda, hitam, flek, bekas, kulit, wajah, tepung, kanji, masker,Menggunakan masker untuk merawat kecantikan (sumber: femalefirst.co.uk)

Tanaman ketela pohon atau biasa dikenal dengan singkong, memiliki beragam manfaat bagi perawatan kulit wajah Anda. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, ternyata singkong memiliki manfaat lain terutama untuk kecantikan penggunaannya sama seperti bengkoang yaitu dijadikan masker wajah.

Selain untuk dikonsumsi, wanita India memanfaatkan singkong untuk kecantikan. Begitu juga para beauty blogger luar negeri. Bahkan tapioka yang terbuat dari singkong sudah mulai banyak dijadikan bahan campuran kosmetik. Menurut Inspiring Healthy Lifestyle, singkong merupakan bahan penting dalam kosmetik seperti krim, masker, dan bedak. Pasalnya pati singkong memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap kotoran dari kulit, termasuk minyak berlebih yang menjadikan kulit wajah mudah berjerawat. Selain itu singkong juga bisa menjadikan kulit lebih lembut.

Singkong memiliki kandungan yang mirip seperti bengkuang yang selama ini digunakan sebagai bahan pencerah wajah. Singkong bermanfaat untuk mencerahkan, menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat serta bintik hitam.

Menurut Style Craze, singkong bisa difungsikan sebagai masker, peeling scrub, atau face cleanser alami. Jika Anda ingin menjajal khasiatnya, Anda bisa menggunakan parutan singkong segar sebagai masker. Namun jangan lupa untuk memilih singkong yang tidak beracun.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat masker singkong di rumah, berikut langkah-langkahnya. Namun sebelum itu, siapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu, seperti singkong, mangkuk, parutan.

Cara Membuat Masker

Khasiat, perasan, air, singkong, untuk, perawatan, kecantikan, penyakit, maag, lambung, sari, pati, manfaat, jerawat, noda, hitam, flek, bekas, kulit, wajah, tepung, kanji, masker,

Tumpukan ketela pohon usai siap diolah

  • Kupas singkong secara vertikal untuk menghilangkan kulitnya dengan lebih mudah.
  • Cuci bersih untuk menghilangkan sisa tanah.
  • Parut singkong dan beri sedikit saja air.
  • Masker siap diaplikasikan.

Tutorial Aplikasi Masker

  • Siapkan masker.
  • Cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka.
  • Oleskan parutan singkong sebagai masker pada wajah.
  • Diamkan sampai mengering.
  • Bilas wajah dengan air dingin untuk kembali menutup pori-pori.
  • Keringkan dan tepuk-tepuk dengan handuk lembut.
  • Lakukan treatment ini secara teratur 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Masker ini akan menjadikan wajah bersih dan lebih cerah jika dipakai secara rutin. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampur masker Anda dengan madu atau minyak zaitun agar kulit menjadi lembab. Anda pun bisa mengkombinasikan masker buah-buahan lainnya seperti lemon atau jeruk nipis.

Selain dijadikan masker, Anda juga bisa menggunakan air perasan singkong sebagai toner. Ini ampuh untuk mengurangi bekas jerawat dan bintik gelap pada wajah. Cara memanfaatkan air perasan singkong untuk mengurangi bekas jerawat cukup mudah. Ambil satu buah singkong, cuci kemudian parut sampai halus. Setelah itu peras hasil parutannya, hingga hanya meninggalkan sarinya saja. Aplikasikan air perasan singkong ini secara merata ke seluruh wajah, diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Bekas jerawat pada wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk memakai sari singkong ini setiap hari hingga bekas jerawat menghilang. Tidak perlu khawatir, karena meski dipakai setiap hari, sari singkong ini tidak memiliki efek samping yang buruk bagi kulit karena ia adalah bahan alami tanpa bahan pengawet. Menariknya lagi, sari pati singkong cocok untuk segala jenis kulit, sehingga aman digunakan siapa saja.

Hasil perasan air singkong selain bisa digunakan untuk mengobati jerawat, juga bermanfaat untuk kesehatan, yakni sebagai obat untuk menyembuhkan luka secara alami dan efektif. Agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa memilih madu murni atau minyak zaitun sebagai bahan campuran bagi singkong yang berfungsi sebagai obat pelembap alami untuk kulit Anda.

Jika biasanya tepung kanji oleh sebagian besar masyarakat dipercaya dapat membantu pengobatan penyakit maag. Namun seberapa efektifkah peran kanji dalam mengobati maag, terlebih bagi penderita maag akut? Menurut pakar kesehatan, perasan singkong lebih efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag daripada tepung kanji. Kanji selama ini telah dikenal masyarakat dapat meringankan rasa sakit maag. Padahal sebenarnya sari pati singkong lebih efektif. Hal tersebut dikarenakan sari pati singkong merupakan bahan alami dibandingkan dengan kanji.

Meskipun kanji juga terbuat dari singkong, namun telah melalui proses kimiawi. Cara mendapatkan sari pati singkong cukup mudah, yakni dengan memarut singkong mentah untuk mendapatkan air perasannya.

Umumnya, maag terjadi disebabkan tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam lambung. Sehingga lambung bukannya menggiling asupan makanan yang masuk, melainkan lapisan dalam lambung. Nah, sari pati singkong tersebut berfungsi untuk melindungi lapisan lambung. Jadi seperti plester yang akan menutupi lapisan di dalam lambung. Sehingga lambung tidak ikut terkikis saat kondisi lambung sedang kosong, pati singkong telah terbukti ampuh untuk mengobati maag. Hal tersebut telah terbukti oleh banyak orang yang benar-benar sembuh setelah rutin mengonsumsi sari pati singkong. Setidaknya minum sebanyak tiga kali dalam sehari selama dua minggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: