Inilah Sebab Bibir Hitam dan Cara Memerahkannya Dengan Minyak Zaitun Mustika Ratu

Bibir Merah Merona - (Sumber: okezone.com) Bibir Merah Merona - (Sumber: okezone.com)

Bibir memang seharusnya tidak berwarna gelap, apalagi jika warnanya menjadi hitam. Bibir hanya terdiri dari 3 hingga 5 lapisan sel. Sedikitnya lapisan tersebut membuat bibir mengandung lebih sedikit penghasil pigmen melamin alias warna .

Organ ini juga memiliki pembuluh darah, yang karena tipisnya lapisan bibir, maka bisa terlihat. Inilah yang menyebabkan bibir memiliki warna merah. Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Ketiadaan dua kelenjar tersebut menjadikan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah.

Beberapa perempuan merasa terganggu dengan warna bibir mereka yang tidak secerah seharusnya, atau warna nya gelap/hitam. Diperlukan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Hal yang perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan bibir dapat menjadi hitam, sekaligus membantunya supaya cerah/merah seperti warna bibir yang seharusnya. Beberapa tindakan tersebut antara lain:

Mengurangi minuman berkafein. Berubahnya warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena seringnya mengonsumsi minuman panas berkafein, seperti kopi atau teh. Mengurangi frekuensi jenis minuman panas berkafein di atas dianggap bisa menghilangkan warna gelap atau hitam di bibir.

Hindari Mengonsumsi Kopi - (Sumber: ottencoffee.co.id)

Hindari Mengonsumsi Kopi – (Sumber: ottencoffee.co.id)

Hindari menggigit atau menjilati bibir. Kebiasaan tersebut dianggap bisa membuat bibir berwarna gelap. Oleh karena itu, apabila Anda menginginkan warna bibir cerah/merah, kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

Berhenti menggunakan kosmetik yang mengandung kimia berbahaya. Kebanyakan kosmetik yang menawarkan hasil instan biasanya mengandung merkuri yang dianggap berbahaya, seperti peeling, , dan asam untuk mencerahkan bibir. Salah satu efek yang mungkin muncul adalah kerusakan kulit, termasuk menjadi gelap. Untuk itu, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk membaca label dan sebisa mungkin konsultasikan kepada dokter kulit.

Berhenti merokok. Mengisap rokok juga bisa berdampak kepada warna bibir karena kandungan nikotinnya berisiko menggelapkan bibir. Selain itu, tembakau dan tar juga berperan terhadap makin gelapnya bibir. Panas dari rokok berpotensi membuat kulit memproduksi lebih banyak melamin sehingga memungkinkan membuat bibir lebih gelap. Jika ingin mendapatkan bibir berwarna alami, maka alasan di atas sudah cukup untuk membuat Anda berhenti merokok.

Lindungi bibir dari sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir lebih gelap dari seharusnya. Hal ini dianggap wajar karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya  di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm dan . Utamakan tabir surya yang mengandung SPF lebih dari 20

Memijat bibir. Selain menghindari kebiasaan di atas, mengusir warna gelap di bibir bisa dilakukan dengan cara memijat. Memijat bibir kemungkinan bisa meningkatkan aliran darah ke daerah itu sehingga membuat warnanya cerah. Agar kian besar kemungkinan berhasilnya, disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat.

Cobalah oleskan bahan-bahan alami. Beberapa resep rumahan bisa dijadikan rujukan untuk mencerahkan warna bibir, misalnya dengan mengoleskan jus lemon yang kaya akan C. ini memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit. Anda dapat mengoleskan madu sebelum tidur untuk melindungi dan melembutkan bibir.

Selain beberapa cara di atas, ada satu hal lagi yang mungkin bisa Anda lakukan untuk memerahkan bibir. Bahan yang digunakan yaitu minyak zaitun dan juga gula. Kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Menumpuknya sel kulit mati dianggap dapat membuat warna bibir menjadi gelap atau hitam. Hal itu juga berlaku bagi kulit wajah. Apabila Anda tidak pernah melakukan pengangkatan sel kulit mati, misalnya di wajah, maka wajah akan terlihat kusam.

Oleh karena itu, perlu dilakukan scrubbing, tidak lupa juga untuk area bibir. Anda bisa menggunakan minyak zaitun apa saja, misalnya merek Minyak Zaitun Mustika Ratu. tersebut terbuat dari minyak biji zaitun serta dilengkapi aromatic essential rose dan jasmine oil yang berguna untuk kulit badan dan untuk pijat.

Minyak zaitun memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang banyak manfaatnya terhadap kesehatan, dan juga kecantikan. Minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun ini dinilai mengandung lemak, vitamin E, K, dan sedikit zat besi.

Produk minyak zaitun Mustika Ratu diklaim baik juga sebagai pelembap untuk melembutkan kulit kering dan bersisik agar kulit tampak halus dan lembut. Selain mengandung beberapa kandungan di atas, produk ini juga mengandung biji mojokeling untuk membantu menyegarkan kulit.

Minyak Zaitun Mustika Ratu - (Sumber: babykosmetik.com)

Minyak Zaitun Mustika Ratu – (Sumber: babykosmetik.com)

Untuk perawatan badan sehari-hari, Anda dapat menggunakannya secara merata pada tangan, kaki, dan juga badan. Sebaiknya produk tersebut digunakan sebelum memakai lulur. Sedangkan untuk perawatan bibir, minyak zaitun dapat dicampurkan dengan gula pasir. Komposisinya mungkin bisa 1:1.

Sedangkan untuk bibir, Anda dapat melakukan scrubbing, yaitu dengan cara mengambil minyak zaitun yang dicampurkan dengan gula ke seluruh bibir. Gosok secara perlahan, hingga dirasa cukup mengangkat sel kulit mati.

Selesai melakukan scrubbing,ramuan atau adonan tersebut diamkan selama kurang lebih satu menit di bibir. Lalu, bersihkan dengan air hangat atau lap basah. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengaplikasikan lip balm di seluruh bibir untuk memberikan kelembapan.

Anda dapat melakukan perawatan tersebut secara rutin, sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, jika terjadi iritasi pada bibir Anda, sebaiknya tindakan tersebut dihentikan, atau dikurangi frekuensi scrubbingnya, atau bisa juga memperhalus cara Anda menggosok bibir pada saat menggunakan scrub.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: