Ingin Meningkatkan Daya Ingat? Berikut Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan

cara, mengingat, ingatan, memori, cara, melupakan, sesuatu, peneliti, penelitian, flashbulb, kepalan, tangan, tikus, kemampuan, peningkatan, kanan, kiri, saran, peristiwa, gambar, istilah, nama, manusia, ilmu, biologis Catatan kecil untuk para pelupa

Begitu banyak ingatan yang ditentukan oleh (atau setidaknya terkait) peristiwa besar dalam hidup. Namun, mungkin ketika Anda memasuki peran baru seperti menjadi ayah atau ibu, disibukkan dengan pekerjaan, ada kemungkinan Anda melupakan hal-hal itu.

Mengapa sebagian besar orang bisa melupakan sesuatu? Menurut Zaldy S. Tan, Direktur Memory Disorders Clinic, Beth Israel Deaconess Medical Center, AS, mengatakan bahwa melupakan sesuatu menunjukkan betapa sibuknya otak Anda. Jadi ketika Anda tidak memerhatikan sesuatu dengan seksama, maka memori yang terbentuk tidaklah begitu jelas dan itulah sebabnya Anda menjadi kesulitan untuk mengingat informasi itu lagi.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Universitas Edinburgh mengeksplorasi ilmu di balik proses biologis yang mendorong penciptaan ingatan manusia. Proses biologis itu disebut dengan memori flashbulb, dan dengan memahami satu konsep kecil ini dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda sendiri untuk mengingat informasi penting.

Para peneliti menemukan hal menarik ketika mereka melakukan uji coba terhadap tikus. Caranya adalah dengan memegang tikus sebelum dan sesudah mereka ingin mengingat sesuatu. Hasilnya, kemampuan mengingat menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, subjek uji diharuskan berjalan melintasi permukaan lantai yang baru dan berbeda, lebih mampu mengingat lokasi sumber makanan. Jadi bagaimana ini bekerja pada manusia?

Pada dasarnya, ketika Anda bersemangat atau tertarik sesuatu yang baru, otak akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamine dan mengangkutnya ke area otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan ingatan. Dorongan kecil dopamine membantu Anda membentuk memori pada saat itu. Jadi, kejutan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan ingatan Anda.

cara, mengingat, ingatan, memori, cara, melupakan, sesuatu, peneliti, penelitian, flashbulb, kepalan, tangan, tikus, kemampuan, peningkatan, kanan, kiri, saran, peristiwa, gambar, istilah, nama, manusia, ilmu, biologis

Sebuah kejutan dapat meningkatkan ingatan

Profesor Richard Morris, dari Pusat Sistem Kognitif dan Saraf di Universitas Edinburgh, mengatakan bahwa kejutan kecil terjadi sepanjang waktu dengan cara halus yang mencerminkan kehidupan pribadi dan minat seseorang. Entah bagaimana, hal baru yang mengejutkan menciptakan lingkaran kenangan yang lebih baik untuk semua kejadian yang biasanya sepele pada hari seseorang yang biasanya dilupakan.

Baca juga:  Tanda-Tanda Penuaan Pada Kulit & Bagaimana Cara Mengatasinya

Morris mengaku bahwa dirinya telah lama mengetahui bahwa dopamin memainkan peran dalam pembentukan memori, tetapi penelitiannya menunjukkan keterlibatan hippocampus. Menariknya, bagian otak itu juga dipercaya sebagai pusat emosi.

Jadi bagaimana Anda bisa menggunakan berita gembira kecil ini untuk meningkatkan ingatan Anda sendiri? Cobalah kiat-kiat berikut untuk meningkatkan ingatan ketika Anda ingin mengingat informasi penting:

  • Alihkan perhatian. Anda mungkin merasa seperti menjadi seseorang super produktif dan fokus dengan tetap konsentrasi pada pekerjaan, tetapi Anda cenderung tidak mengingatnya nanti. Tidak ada salahnya jika dalam bekerja, Anda mengambil jeda YouTube selama dua menit. Berhentilah percaya mitos bahwa multitasking dapat menciptakan produktivitas yang lebih besar.
  • Rayakan kemenangan dengan cepat. Dopamine dilepaskan ketika Anda menyelesaikan sesuatu, jadi Anda bisa membuat daftar tugas-tugas kecil yang dapat diatasi untuk segera diselesaikan dengan cepat sepanjang hari.
  • Istirahatkan badan secara teratur. Setelah bangun tidur, Anda bisa melakukan lompat tali. Bisa juga dengan memilih menggunakan tangga di kantor dibanding lift. Bahkan jika Anda memiliki waktu untuk bangun dan melakukan 10 lompatan di samping meja, Anda memberikan sedikit dorongan endorfin dan dopamine kepada diri sendiri. Lompat itu juga akan membuat Anda lebih banyak kreatif.
  • Ambil kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Itu tidak harus berarti mempelajari keterampilan yang sama sekali baru. Bisa dimulai dengan cara sederhana seperti pergi ke luar ketika hawa dingin dan kembali masuk rumah/ruangan.
Baca juga:  Studi: Penggunaan Smartphone Saat Makan Bisa Picu Obesitas

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengembalikan ingatan Anda yaitu mengepalkan tangan. Sering mengalami kesulitan mengingat sesuatu? Tak ada salahnya mencoba saran yang satu ini. Kepalkan tangan untuk beberapa saat.

Menurut sebuah penelitian, mengepalkan tangan kanan selama sekitar 90 detik terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat suatu, sedangkan mengepalkan tangan kiri membantu mengingat kembali peristiwa yang lalu. Manfaat mengepalkan tangan terungkap dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Montclair State University dipimpin Ruth Propper.

cara, mengingat, ingatan, memori, cara, melupakan, sesuatu, peneliti, penelitian, flashbulb, kepalan, tangan, tikus, kemampuan, peningkatan, kanan, kiri, saran, peristiwa, gambar, istilah, nama, manusia, ilmu, biologis

Mengepalkan tangan, cara lain untuk meningkatkan daya ingat

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE. Penemuan tentang mengepalkan tangan menunjukkan pergerakan tubuh yang sederhana dengan jangka waktu tertentu dapat mengubah cara otak bekerja, termasuk dalam mengingat. Penelitian selanjutnya adalah apakah pengepalan tangan berpengaruh pada kemampuan kognitif, misalnya verbal atau spasial. Penelitian ini didasarkan pada riset sebelumnya dari UCLA.

Menurut penelitian tersebut, stimulasi di area tertentu pada otak bisa meningkatkan kemampuan mengingat. Penulis penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pengepalan tangan secara terpisah dapat meningkatkan aktivitas neuron pada area frontal lobe di contralateral hemisphere. Seringnya mengepalkan tangan berhubungan dengan meningkatnya stimulasi hemisphere untuk terus bekerja, dan selalu dalam fase berproses.

Baca juga:  Waspada! Ternyata Begini Efek Buruk Stres pada Tubuh Wanita

Untuk membuktikan bagaimana mengepalkan tangan berefek pada memori dan mengingat hal lampau, peneliti menggunakan 51 partisipan. Para partisipan harus mengepalkan tangan, kemudian mengingat 72 kata. Partisipan dibagi menjadi 5 kelompok sesuai perlakuan yang diterapkan. Kelompok 1 mengepalkan tangan kanan 90 detik, sebelum dan setelah mengingat kata. Kelompok 2 mengepalkan tangan kiri sebelum dan setelah mengingat kata. Kelompok 3 mengepalkan tangan kanan sebelum mengingat, dan tangan kiri setelah mengingat kata-kata tersebut. Kelompok 4 mengepalkan tangan kiri sebelum mengingat dan tangan kanan setelah mengingat. Kelompok 5 berfungsi sebagai kontrol, yang tidak mengepalkan tangan.

Hasilnya, kelompok yang mengepalkan tangan kanan sebelum mengingat kata dan tangan kiri setelahnya, memperlihatkan hasil terbaik. Penelitian ini sekaligus juga membuktikan kebenaran penelitian di UCLA. Penelitian lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah mengingat kata berhubungan dengan stimulasi penglihatan seperti, mengingat wajah dan hal spasial.

Anda diharuskan mengingat sederet istilah atau nama? Anda akan lebih mudah mengingatnya jika istilah atau nama itu dikaitkan dengan gambar gambar tertentu, apalagi jika Anda memang ‘visual learner’ (diperkirakan dalam populasi jumlahnya mencapai 65 persen).

Misalnya jika Anda harus mengingat besok ada meeting jam 4 sore, cobalah mengaitkannya dengan grup band favorit Anda yang beranggotakan 4 orang. Ini mungkin terdengar konyol, tapi cara ini terbukti dapat memudahkan Anda mengingatnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: