Ingin Coba Jualan Saat Ramadhan? Ini Referensi Jajanan Bulan Puasa yang Paling Laris!

Sop Buah - resepmasakanta.blogspot.co.id Sop Buah - resepmasakanta.blogspot.co.id

Bulan Ramadan memang menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, bulan Ramadhan sekaligus bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda yang memiliki jiwa-jiwa dagang atau bisnis. Percaya atau tidak, ketika tiba bulan puasa biasanya masyarakat Indonesia justru cenderung lebih konsumtif. Mereka akan berbondong-bondong membeli makanan, pakaian, hingga HP (handphone) baru. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk berjualan aneka makanan atau di rumah atau pasar Ramadan.

Setidaknya ada beberapa jajanan yang paling laris saat bulan puasa. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Cilok

Makanan sejuta umat ini mungkin terlihat murahan. Namun pada saat bulan puasa seperti saat ini peminat jajanan cilok justru bukan hanya didominasi oleh anak-anak saja, orang dewasa pun seringkali tampak berjubel dan rela mengantre lama di depan seorang pedagang cilok yang ada di pinggir-pinggir jalan.

Jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini memang telah mengalami beberapa kali evolusi. Dari yang sebelumnya hanya menggunakan saos merah sebagai bumbunya, kini sudah semakin berkembang dengan kombinasi saus bumbu kacang yang gurih mirip seperti bumbu batagor. Atau ada pula yang hadir dengan nama cilok Bandung yang di dalamnya diselipkan sedikit abon agar terasa lebih gurih dan tentunya menggugah selera.

Apabila Anda tertarik untuk jualan cilok di bulan Ramadhan, Anda bisa mengkreasikan cilok dalam bentuk cilok bakar yang ditusuk dengan tusuk sate atau menjualnya dalam keadaan masih hangat dan dibubuhi bumbu sambal yang sangat pedas.

Cilok - Sekilas Info

Cilok – Sekilas Info

Gorengan

Pada hari-hari biasa mungkin jajanan seperti aneka gorengan tidak terlalu populer karena masyarakat lebih memilih mengonsumsi makanan yang mereka anggap . Namun percayalah, bahwa ketika puasa orang cenderung lebih ‘lapar mata’ dan ingin mencicipi setiap makanan yang ada di hadapannya ketika berbuka kelak.

Oleh sebab itu memanfaatkan momen puasa dengan berjualan aneka gorengan di sekitar kompleks perumahan Anda atau di pasar Ramadan mungkin bisa dicoba. Gorengan termasuk dagangan yang cukup laris saat puasa. Anda bisa mencari resep gorengan yang lezat lewat internet maupun media atau menyaksikan video cara membuatnya lewat YouTube.

Jika sudah berhasil membuat gorengan yang renyah dan nikmat, pastikan untuk menentukan harga jual yang terjangkau saja. Lebih baik untung sedikit tapi laku banyak kan, daripada ambil untung banyak tetapi untungnya sedikit?

Gorengan - www.jurnalbandung.com

Gorengan – www.jurnalbandung.com

Sop Buah

Es sop buah dapat menjadi alternatif jajanan bulan puasa yang paling laris. Mengapa? Beberapa orang, terutama kalangan mahasiswa dan anak kost biasanya tidak sempat untuk masak sendiri saat bulan puasa begini, apalagi untuk sekadar membuat takjil. Oleh sebab itu mereka biasanya lebih memilih untuk membeli hidangan takjil yang siap saji dan tinggal minum saja ketika waktu berbuka tiba, seperti sop buah satu ini.

Anda bisa mengemas es sop buah dalam sebuah wadah cup tertutup agar lebih mudah dibawa dan dijual ke . Isian dalam sop buah ini bisa disesuaikan dengan ketersediaan buah yang sedang ada di pasaran dan tentunya yang Anda miliki. Anda bisa mencampurkan buah-buahan yang segar dan manis rasanya seperti apel, jeruk, melon, blewah, semangka, avokad, dan buah lainnya di dalam sop buah tersebut. Semakin berwarna buah-buahan yang Anda masukkan, tentunya akan semakin minat para konsumen untuk membelinya.

Sop Buah - resepmasakanta.blogspot.co.id

Sop Buah – resepmasakanta.blogspot.co.id

Kolak Pisang Ubi

Bagi sebagian orang, puasa tanpa kolak pisang rasanya belum lengkap. Namun terkadang beberapa orang merasa malas membuatnya sendiri. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual minuman kolak pisang di pasar Ramadan terdekat.

Kolak pisang biasanya akan terasa nikmat jika ditambahkan dengan singkong atau labu. Jika kesulitan menemukan singkong atau labu, Anda bisa menjajakan kolak pisang saja. Namun pastikan rasa kuahnya benar-benar legit dan lezat. Supaya aromanya menggoda, Anda bisa menambahkan daun pandan dan kayu manis ke dalam kuah kolak pisang. Tips agar hasil kolak pisang bisa sempurna, pastikan untuk sesekali mengaduk santannya hingga kolak benar-benar matang agar ketika sudah jadi nanti santannya tidak pecah dan membuat tampilan kolak menjadi kurang indah.

Kolak Pisang Ubi - buroso.com

Kolak Pisang Ubi – buroso.com

Risoles Mayo

Risol mayo sebenarnya termasuk dalam kategori gorengan. Namun jarang ada penjual gorengan yang juga menjual risoles mayo dalam deretan dagangannya. Risoles mayo bisa Anda jadikan alternatif jajanan yang Anda jajakan ketika bulan puasa.

Risoles mayo tidak hanya lezat, tetapi juga cukup mengenyangkan. Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli risoles dalam wujud beku (frozen) untuk kemudian digoreng sendiri ketika ada permintaan. Dengan demikian walau dagangan Anda tidak habis dalam sehari pun Anda masih bisa menyimpannya kembali di freezer untuk kemudian digoreng pada keesokan harinya.

Apabila Anda memutuskan untuk berjualan risoles mayo, pastikan untuk mengemasnya dengan rapi di dalam sebuah wadah mika. Jangan hanya membungkusnya dengan plastik apalagi kresek saja. Kemaslah dengan wadah mika, kemudian lengkapi isinya dengan cabai dan saus sambal dan tomat. Dengan demikian, peluang pembeli melirik dagangan Anda tentunya menjadi lebih besar.

Selain jajanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba berjualan jajanan lainnya versi Anda sendiri seperti es kepal Milo, minuman dingin, masakan rumahan yang siap saji, es cincau, sosis bakar, atau bahkan bisa juga menjual aneka kering seperti kastengel, nastar, lidah kucing, kurma coklat, semprit, dan masih banyak lagi.

Risoles Mayo - www.diahdidi.com

Risoles Mayo – www.diahdidi.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: