Ingin Cepat Hamil? 8 Makanan Ini Diklaim Bisa Tingkatkan Jumlah Sperma!

makanan, konsumsi, sperma, kehamilan, peluang, hamil, pria, wanita, anak, kualitas, produksi, penelitian, DNA, sehat, faktor, penyebab, alkohol, kafein, suplemen, testosteron, pisang, antioksidan, tubuh, afrodisiak, nutrisi, laki-laki, akibat Ilustrasi: kegembiraan suami istri saat tes kehamilan menunjukkan hasil positif (sumber: parents.com)

Dalam merencanakan kehamilan, bukan hanya perempuan yang harus mengubah pola hidupnya. Sebagai penyumbang DNA terbesar, laki-laki juga perlu menjalani hidup . Bahkan, telah banyak penelitian yang percaya bahwa yang dikonsumsi seorang laki-laki akan berpengaruh pada kualitas sperma yang diproduksi dan peluang untuk memiliki anak.

Bagi , sangat penting bisa menjaga atau meningkatkan kualitas sperma. Rendahnya jumlah sperma juga telah dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti kurangnya seng atau vitamin dalam tubuh seorang laki-laki. Jadi, sangat penting bagi laki-laki memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan kualitas sperma secara .

Meski tak dipungkiri mereka memiliki kemampuan alami untuk memiliki atau menghasilkan sperma dalam jumlah banyak. Namun jika tidak pun, para pria tak perlu khawatir. Karena ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda meningkatkan jumlah sperma yang berkualitas. Selain menjalani sehat. Berikut ini makanan yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan usaha Anda untuk bisa membuahi sel telur istri, dilansir laman Mother&Baby.

Tiram untuk produksi sperma

Tiram adalah salah satu sumber seng atau zinc terbaik untuk laki-laki yang mampu meningkatkan produksi sperma. Kandungan zinc dari tiram juga disebut dapat meningkatkan libido. Selain tiram, laki-laki bisa mendapatkan sumber seng dari makanan lain, seperti lobster dan kerang.

Tiram dan aneka makanan laut lainnya

Dark chocolate mengandung antioksidan

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung asam amino yang telah terbukti meningkatkan produksi sperma dan air mani. Cokelat jenis ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu senjata kuat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam dark chocolate disebut dapat menandingi kandungan antioksidan yang ada dalam buah delima. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi coklat ini karena dapat menambah . Akibatnya, hormon testosteron menjadi tidak seimbang dan malah akan menurunkan jumlah sperma.

Bawang putih untuk motilitas sperma

Selain sebagai anti infeksi, bawang putih juga mengandung allicin dan selenium yang sangat baik untuk reproduksi laki-laki. Kandungan allicin dapat meningkatkan aliran darah pada organ seksual seorang laki-laki dan melindungi sperma dari kerusakan sel. Sementara, selenium merupakan jenis antioksidan yang meningkatkan pergerakan sperma ‘berenang’ menuju sel telur (motilitas). Satu hingga dua siung sehari adalah jumlah yang bagus.

Pisang meningkatkan libido

Pisang diketahui dapat meningkatkan libido pada laki-laki dan mengatur hormon seksual melalui enzim yang disebut bromelain. Vitamin C, A, dan B1 yang terdapat dalam pisang juga bisa membuat tubuh laki-laki lebih banyak memproduksi sperma.

Brokoli mengandung vitamin A

Olahan brokoli, aprikot, dan paprika merah (sumber: eatingwell.com)

Kurangnya vitamin A adalah penyebab umum rendahnya kesuburan, sehingga membuat rendahnya pergerakan sperma. Brokoli yang mengandung vitamin A bisa membantu Papa mengatasi masalah tersebut. Selain brokoli, Papa juga bisa mengonsumsi paprika merah, bayam, aprikot, ubi jalar, dan wortel.

Asparagus

Asparagus juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan volume sperma, karena tinggi akan vitamin C yang melindungi sel-sel sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kacang kenari memperbanyak jumlah sperma

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat memperbanyak jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke penis. Biji kenari bisa dikonsumsi sebagai cemilan sehari-hari atau dicampur dalam olahan sereal. Sumber asam lemak omega-3 lainnya bisa didapatkan juga dari kepiting, ikan salmon, dan ayam.  

Ginseng menambah kadar testosteron dalam tubuh

Tanaman afrodisiak ini telah digunakan untuk mengobati masalah ketidaksuburan selama ratusan tahun. Ginseng membantu meningkatkan jumlah kadar testosteron dan aliran darah pada alat kelamin laki-laki. Beberapa penelitian juga mengklaim bahwa ginseng bisa mengobati disfungsi ereksi. Pria bisa meminum teh dengan campuran ginseng untuk meningkatkan peluang kehamilan sang istri.

Bukan hanya , pria juga perlu memperhatikan gizi makanannya seperti nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas. Perbanyak juga minum air putih, hindari alkohol dan kurangi kafein juga membantu peluang untuk memiliki anak yang sehat.

Ilustrasi: sepasang suami istri dianjurkan banyak minum air putih (Google+: Liz 24getfitnow)

Setiap ejakulasi, pria menghasilkan jumlah sperma yang berbeda-beda. Katanya, semakin banyak jumlah sperma dapat membantu seseorang cepat memiliki keturunan. Pasalnya, jika semakin banyak jumlah sperma yang dihasilkan saat ejakulasi, maka peluang untuk membuahi sel telur akan lebih besar.

Jumlah sperma normal dalam sekali ejakulasi yakni sekitar 15 juta hingga lebih dari 200 juta sperma per mililiter air mani. Seorang pria dianggap memiliki jumlah sperma yang rendah jika kurang dari 15 juta sperma per mililiter atau kurang dari 39 juta sperma per ejakulasi. Masalahnya, penurunan jumlah sperma berbanding lurus dengan peluang untuk membuat mencapai kehamilan. Bila memang pembuahan tak kunjung terjadi, mungkin jumlah sperma yang pria hasilkan kurang banyak.

Tanpa disadari, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jumlah sperma pada pria menurun, seperti sering berendam di air panas, kebiasaan merokok, menyimpan ponsel di saku celana, kurang tidur, demam, alkohol dan kafein, terkena senyawa kimia, konsumsi suplemen testosteron dan steroid, konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu produksi sperma, dan masalah obesitas.

Berbagai hal dan kebiasaan di atas bisa mengancam jumlah sperma di dalam testis. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menjaganya tetap normal adalah dengan menghindari penyebabnya dan tentunya menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: