Ingin Cegah Kulit Keriput Akibat Penuaan Dini? Yuk Coba Facial Exercise!

Kulit wajah kencang awet muda (sumber: girlyvirly.com)Kulit wajah kencang awet muda (sumber: girlyvirly.com)

Saat Anda berkaca, kerutan halus pada kulit wajah yang mulai mengendur membuat kepercayaan diri kian memudar. Menurut dr Deby Vinski, AAMS selaku Presiden WOCPM Paris (World Council of Preventive Medicine) dalam bukunya yang berjudul Perfect Beauty Anti-Aging, mencegah selalu lebih baik daripada menanggulangi. Selain perawatan rutin dengan menggunakan produk anti aging beragam tips mudah dapat dilakukan rutin untuk menunda penuaan dini.

Salah satunya adalah facial exercise, tujuannya untuk menghilangkan efek dari kebiasaan mimik wajah yang merugikan seperti berkerut pada dahi dan cemberut. Karena ternyata tanpa disadari, mimik tersebut memiliki andil dalam terbentuknya kerutan pada wajah. Olahraga semacam ini harus dilakukan secara rutin, 3-5 kali seminggu, di depan cermin. Setelah 3 bulan, akan terlihat hasilnya.

Facial exercise adalah salah satu kunci melawan penuaan dini

Alasan di balik penelitian ini berasal dari fakta bahwa bagian utama dari penuaan wajah adalah karena hilangnya lemak dan jaringan lunak, yang mengarah pada kendur dan kerutan yang berlebihan. Jika kita dapat mengangkat beban di gym dan memperbesar otot bisep kita, mengapa hal yang sama tidak dapat dilakukan untuk otot-otot di wajah kita, sehingga mengisi kontur tersebut untuk menciptakan wajah yang lebih muda?

Konsep latihan wajah atau facial exercise bukan hal baru. Pencarian Internet yang sederhana akan menghasilkan serangkaian posting blog dan buku tentang masalah ini, menggembar-gemborkan berbagai program yang menjanjikan akan menjadi sumber mata air awet muda masa depan.

Facial fitness di gym kecantikan (sumber: healthcautions.com)

Facial fitness di gym kecantikan (sumber: healthcautions.com)

Apa yang dilakukan oleh para peneliti Dermatologi JAMA dalam penelitian mereka, yang merupakan yang pertama dari jenisnya, adalah untuk memeriksa pertanyaan ini dari perspektif ilmiah yang lebih ketat. Mereka mendaftarkan 27 wanita berusia antara 40 dan 65 tahun untuk melakukan latihan 30 menit setiap hari selama delapan minggu, dan kemudian melanjutkan setiap hari selama total 20 minggu.

Dokter kulit yang tidak tahu peserta diminta untuk menilai foto mereka sebelum dan sesudah rejimen latihan. Para ahli dermatologi menemukan peningkatan pada pipi yang penuh dan memperkirakan usia partisipan pada usia 51 tahun pada awal program dan 48 pada akhir studi 20 minggu. Selanjutnya, semua peserta merasakan peningkatan dalam penampilan wajah mereka sendiri di akhir penelitian.

Meskipun hasil ini tampak menggairahkan, penelitian ini memiliki beberapa batasan yang jelas. Dari 27 pasien yang terdaftar, 11 keluar sebelum menyelesaikan studi. Salah satu alasannya mungkin karena program ini terlalu memakan waktu, hanya 30 menit sehari. Ukuran kecil keseluruhan dari penelitian ini juga membatasi generalisasi pada populasi yang lebih besar. Selain itu, juga tidak ada kelompok kontrol, yang berarti sekelompok peserta yang tidak melakukan latihan wajah, yang akan membantu meminimalisir kemungkinan bahwa peningkatan ini terjadi secara kebetulan.

Juga sulit untuk menarik kesimpulan tentang umur panjang hasil ini. Agaknya latihan harus dilanjutkan untuk mempertahankan efeknya. Tapi untuk berapa lama? Dan seberapa sering? Latihan apa yang paling bermanfaat? Dibutuhkan lebih banyak studi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Latihan wajah mungkin membantu, tetapi jangan lupakan tabir surya

Bagi mereka yang masih skeptis tetapi ingin mencoba sesuatu yang lebih berbasis bukti untuk mempertahankan keremajaan, peneliti punya satu saran sederhana, yakni gunakan tabir surya. Anda dapat memutar mata atas saran tabir surya dari dokter kulit, tetapi ada banyak penelitian yang menunjukkan peran matahari dalam penuaan dini pada kulit kita.

Ilustrasi: penggunaan krim tabir surya (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: penggunaan krim tabir surya (sumber: verywellhealth.com)

Anda dapat melindungi kulit Anda dari efek merusak ini dengan menggunakan spektrum luas, SPF 30 atau tabir surya yang lebih tinggi setiap hari, terutama pada wajah. Sebuah analogi yang sering peneliti buat adalah memikirkan permadani di depan jendela di rumah Anda. Bagaimana kelihatannya setelah lima atau 10 tahun? Jika matahari dapat memudar benda mati ke tingkat seperti itu, pikirkan apa yang bisa dilakukan untuk kulit Anda.

Gerakan untuk menghilangkan kerutan di dahi

Tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan hingga udara yang dihirup terasa habis. Buka mata sebesar mungkin dengan kondisi dahi tidak boleh berkerut, diikuti dengan dibukanya mulut Anda selebar-lebarnya. Kemudian, julurkan lidah semaksimal mungkin, tahan selama 6-10 detik. Ulangi 4 kali.

Gerakan untuk mengencangkan pipi

Dalam posisi tegak, ucapkan kata : ‘xssssssss’. Rasakan hingga dagu dan rahang Anda tertarik ke bawah. Tahan selama 6 detik, ulangi 4 kali. Gerakan ini mengencangkan area pipi hingga dagu Anda.

Gerakan untuk menghilangkan kerutan di ujung mata

Letakkan ujung jari telunjuk di atas kedua mata. Tekan perlahan sambil memejamkan mata. Perlahan lakukan gerakan agak sedikit menarik ke arah atas. Tahan selama 6 detik, dan ulangi selama 5 menit. Mata pun akan terlatih untuk tidak mengerut.

Ilustrasi: facial exercise untuk area sekitar mata (sumber: telegraph.co.uk)

Ilustrasi: facial exercise untuk area sekitar mata (sumber: telegraph.co.uk)

Beberapa hal yang penting untuk diketahui

  • Jangan terlalu sering bersiul, karena bisa menimbulkan kerutan pada area sekitar bibir dan permukaan kulit bibir.
  • Kurangi kebiasaan merokok karena dapat membentuk garis halus vertikal di sekitar bibir.
  • Jangan terlalu sering memicingkan mata, karena hal ini akan mempercepat terbentuknya garis-garis halus di ujung mata.
  • Saat sedang berpikir, jangan mengernyitkan dahi karena akan meninggalkan bekas kerutan.

Sembarangan senam wajah justru membuat kulit keriput

Menurut American Academy of Dermatology, keriput adalah lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada kulit. Kondisi ini merupakan tanda utama dari proses penuaan yang tak bisa Anda hindari. Paparan sinar matahari dan kebiasaan merokok adalah penyebab keriput datang lebih cepat pada wajah Anda.

Namun, penyebab keriput yang biasa terlihat di  wajah, seperti di hidung, bibir, telinga, mata, rahang, leher, punggung tangan, dan bahu adalah ekspresi wajah yang Anda buat setiap hari. Selama bertahun-tahun, ekspresi yang sering Anda buat ini terukir di wajah Anda secara permanen.

Dr. Francis Papay, kepala Dermatology and Plastic Surgery Institute di Klinik Cleveland, ragu terhadap klaim bahwa facial yoga sembarangan bisa membuat Anda awet muda karena kurangnya penelitian.

American Academy of Dermatology menyarankan siapa saja yang telah melakukan senam wajah sembarangan untuk segera berhenti melakukannya. Menurut mantan presiden American Academy of Dermatology Wilma Bergfeld, senam wajah sembarangan sangat tidak disarankan karena justru dikhawatirkan membuat lebih banyak keriput di wajah Anda. Melakukan gerakan facial yoga justru bisa menghilangkan elastisitas kulit.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: