Info Manfaat & Cara Konsumsi Buah Plum untuk Diet

Buah Plum untuk Diet - www.iper.it

Anda pernah mencicipi plum? yang memiliki nama latin Prunus Domestica belakangan cukup populer karena disebut-sebut bermanfaat untuk . Buah yang berwarna hitam kemerahan ini dikenal menyimpan banyak , antara lain mengandung serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan, rendah gula, rendah karbohidrat, kandungan C-nya tinggi, dan kaya akan antioksidan. Namun karena tak semua orang familiar dengan buah ini, mungkin ada di antara Anda yang masih bingung bagaimana cara makan atau buah plum. Agar tidak bingung, simak ulasannya berikut ini!

Cara Konsumsi Buah Plum

Dimakan Langsung
Apabila Anda termasuk orang yang ogah repot, Anda bisa memakan buah plum secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Ingat, plum termasuk buah yang kulitnya sebenarnya tidak perlu dikupas karena di bagian kulit buah yang rasanya cenderung asam ini mengandung antioksidan yang disebut asam chlorogenic dan juga dikenal sumber vitamin C yang baik.

Plum diyakini memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan apabila dimakan bersama kulitnya. Tapi ingat, sebelum menyantapnya, sebaiknya cuci bersih dulu buah plum menggunakan air mengalir. Kemudian untuk makan plum cukup dipotong-potong saja dan hilangkan bijinya, mirip seperti memotong buah apel.

Manfaat Buah Plum untuk Diet - intisari.grid.id

Manfaat Buah Plum untuk Diet – intisari.grid.id

Dibuat Jus
Langkah satu ini mungkin cukup difavoritkan bagi beberapa orang. Apabila Anda merasa bosan mengonsumsi plum secara langsung, Anda bisa memblender buah plum agar dapat diminum sebagai jus. Caranya mudah, siapkan beberapa buah plum yang masih segar, cuci sampai bersih, potong hingga menjadi beberapa bagian yang kecil-kecil, dan blender sampai halus. Anda bisa meminumnya begitu saja atau menambahkan madu ke dalamnya agar tidak terasa terlalu asam.

Dibuat Salad Buah
Beberapa orang yang sedang menjalani diet tentu senang mengonsumsi salad, baik salad buah-buahan maupun salad dari sayur-sayuran. Nah, apabila Anda bosan membuat salad dari buah yang itu-itu saja, tak ada salahnya mulai memasukkan buah plum ke dalam menu salad untuk diet harian Anda. Plum bisa dikombinasikan dengan buah apa saja seperti apel, pisang, stroberi, kiwi, mangga, melon, atau sebagainya agar tercipta salad buah yang rasanya lezat, mengenyangkan, dan tentunya mengandung nutrisi tinggi. Namun ingat, jika sedang diet sebaiknya hindari pemakaian mayonaise. Anda bisa menggantinya dengan yoghurt rendah lemak yang disebut-sebut lebih sehat.

Dikeringkan
Cara agar buah plum lebih awet dan tahan lama untuk disimpan adalah dengan dikeringkan. Sayangnya, jika mengkonsumsi buah plum dengan cara dikeringkan, kemungkinan beberapa kandungan nutrisi dari buah ini akan hilang. Untuk mengeringkannya pun mudah, Anda tinggal menyiapkan buah plum yang sudah dicuci bersih, lalu letakkan di sebuah nampan dan jemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari sampai buah mengering. Atau bisa juga dengan cara dioven.

Cara Mengupas Buah Plum

Beberapa orang mungkin kurang senang makan buah plum dalam kondisi utuh dan lebih senang mengolahnya menjadi selai atau semacamnya. Nah, jika Anda berencana membuat selai dari plum atau lebih senang makan buah plum tanpa kulit, berikut ini cara mudah dan praktis untuk mengupas buah plum.

Konsumsi Buah Plum untuk Diet

Konsumsi Buah Plum untuk Diet

  1. Didihkan air dalam panci. Panci harus berukuran cukup besar untuk menampung setidaknya 4 atau 5 buah plum. Isi panci dengan air yang cukup untuk merendam buah plum sepenuhnya. Agar buah plum tidak perlu terendam terlalu lama dalam air panas, pastikan air yang Anda rebus sudah dalam keadaan benar-benar mendidih. Apabila Anda terlalu lama merendam buah plum dalam air mendidih, maka buah plum akan menjadi bubur.
  2. Siapkan air es. Isi mangkok besar dengan es batu dan air untuk membuat air rendaman yang dingin untuk plum. Setelah Anda melakukan teknik blanching, Anda harus segera mendinginkan buah plum dengan memasukkannya dalam air es.
  3. Buat irisan berbentuk ‘x’ pada bagian dasar tiap plum. Dengan membuat lubang kecil berbentuk silang di bagian dasar buah plum (sisi yang berlawanan dengan tangkai), akan memudahkan Anda untuk mengupas kulit buahnya. Perlu diingat, Anda tak perlu membuat irisan terlalu dalam atau besar, cukup pakai ujung pisau untuk membuat irisan ‘x’ kecil yang menembus kulit buah dan cukup besar untuk menusukkan jari Anda ke dalamnya.
  4. Masukkan plum secara perlahan dalam air mendidih selama 30 detik saja. Jangan terlalu lama agar buah tidak hancur. Setelah 30 detik, angkat buah plum. Sebaiknya jangan merebus lebih dari 4 atau 5 buah plum sekaligus agar temperatur air tidak menurun. Alternatifnya, Anda bisa memasukkan buah plum dalam mangkok besar dan menuangkan air mendidih secara perlahan ke atas buah. Biarkan buah terendam dalam air panas selama 30 detik.
  5. Masukkan buah plum dalam air es selama 30 detik. Lalu pindahkan dari air dan keringkan.
  6. Kupas buah plum. Caranya, letakkan jari Anda di bawah salah satu bagian kulit yang sudah terkelupas dengan irisan bentuk ‘x’ di bagian dasar buah. Tarik kulit yang terkelupas, dan kulit plum pun akan mudah terkupas dalam satu lembaran yang besar. Tarik terus bagian kulit lainnya sampai kulit buah plum terkelupas seluruhnya. Apabila Anda mendapatkan buah plum yang agak licin, Anda bisa memakai ujung pisau untuk membantu melepaskan kulitnya secara perlahan. Tetapi bila kulit buah masih agak sulit untuk terkelupas, Anda mungkin bisa mencoba melakukan blanching sekali lagi.

Bagaimana? Tertarik untuk mengonsumsi buah plum sebagai bagian dari menu diet harian Anda? Tapi ingat ya, jika hendak mengonsumsi plum sebaiknya jangan menambahkan pemanis seperti gula agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh Anda tetap seimbang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: