Ide Sederhana dan Menyenangkan Berolahraga Bersama Keluarga

Ide, olahraga, bersama, keluarga, jenis, latihan, kebugaran, manfaat, kesehatan, menyenangkan, orang tua, anak, quality, time, kebiasaan, hidup, sehat, bersepeda, jogging, berjalan, aktivitas, gym, Olahraga sambil bermain bersama keluarga

Tahukan Anda mengapa itu penting untuk ? Karena hal itu dapat menurunkan risiko jantung, mengendalikan berat badan, dan membantu -anak menjadi lebih baik di sekolah. Dan itu memungkinkan -anak membakar energi. Selain itu, kegiatan keluarga dan kebugaran pada usia dini dapat membantu -anak membentuk kebiasaan hidup seumur hidup.

Orang tua menjadi contoh utama bagi anak untuk mau berolahraga bersama. Dengan kesibukan saat ini yang menjadikan orangtua harus sama-sama bekerja, belum lagi kondisi jalan raya yang macet, kebersamaan bersama seluruh anggota keluarga menjadi hal yang cukup langka. Apalagi untuk berolahraga bersama. Inilah salah satu penyebab makin banyaknya anak mengalami obesitas karena orangtua sering tidak memiliki waktu untuk berolahraga bersama. Padahal olahraga bersama merupakan salah satu cara menumbuhkan kesadaran bagi seluruh anggota keluarga.

Tetapi jangan berharap anak-anak Anda mengerti – atau bahkan peduli – tentang hal-hal itu. Tugas Anda adalah membuat mereka melihat bahwa bergerak dan berolahraga bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Ketika berolahraga terasa seperti bermain, seluruh keluarga Anda akan menikmatinya lebih banyak dan lebih mungkin untuk mematuhinya.

Olahraga bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan atau waktu libur. Selain dapat meningkatkan tubuh, quality time bersama orang yang dikasihi pun juga bisa didapatkan. Jenis olahraga pun bervariasi dari yang gratis hingga yang memerlukan pembayaran, dilakukan di dalam atau luar ruangan. Berikut adalah lima ide untuk kebugaran keluarga yang dapat membuat Anda semua bergerak.

Luangkan Waktu untuk Bermain

Sisihkan 30 menit tiga kali seminggu untuk melakukan latihan menyenangkan dengan anak-anak Anda. Jadikan ini bagian dari rutinitas setelah sekolah atau setelah makan malam Anda. Jika anak-anak Anda masih muda, mereka mungkin menyukai hopscotch atau petak umpet. Bermain sepak bola atau latihan menembak dengan anak-anak yang lebih tua.

Ide, olahraga, bersama, keluarga, jenis, latihan, kebugaran, manfaat, kesehatan, menyenangkan, orang tua, anak, quality, time, kebiasaan, hidup, sehat, bersepeda, jogging, berjalan, aktivitas, gym,

Meluangkan waktu bermain dengan anak-anak

Berjalan atau Bersepeda

Olahraga ini adalah yang paling mudah dan tanpa biaya karena dapat dilakukan sekitar komplek rumah. Atau dapat juga dilakukan di taman yang dekat dengan area tempat tinggal anda yang terdapat jalur jogging. Bila Anda memiliki anjing peliharaan, anda pun juga dapat membawanya untuk ikut pagi. Bila anda ingin suasana yang berbeda, anda dapat juga membawa keluarga pagi bersama di jalan utama pada saat Car Free Day.

Saat ini, bersepeda mulai digemari kembali dan Anda dapat mengajak keluarga berolahraga dengan cara bersepeda bersama. Seperti jogging, bersepeda dapat dilakukan di sekitar rumah atau di jalan utama pada saat Car Free Day. Bila Anda tidak punya sepeda untuk setiap anggota keluarga, Anda dapat menyewanya di beberapa tempat wisata. Di sana juga tersedia jalur sepeda yang terpisah dari jalur jogging.

Rencanakan Pertemuan Keluarga Aktif

Sajikan kebugaran keluarga serta kue di pesta ulang tahun anak Anda dengan merencanakan game aktif seperti tag atau estafet balapan. Anak-anak yang lebih besar mungkin menikmati mengadakan pesta dansa.

Setiap pertemuan besar anak-anak juga merupakan kesempatan besar untuk memainkan olahraga tim. Pergilah ke lapangan sepak bola atau lapangan basket terdekat. Ide pesta aktif lainnya: pesta kolam renang, in-line atau seluncur es, atau memanjat di gym rock indoor. Pada pertemuan keluarga atau liburan, matikan TV dan berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau lakukan pendakian singkat di taman setempat. Atau ajak semua orang di luar untuk permainan menangkap atau bola basket.

Menyanyi dan Menari

Sisihkan waktu untuk pekerjaan dan lakukan bersama sebagai satu keluarga. Mainkan musik saat Anda membersihkan, dan bergiliran memilih lagu favorit. Anak-anak yang lebih muda suka membantu dan dapat mengambil mainan atau menyapu lantai sambil menari dengan sapu. Anak-anak yang lebih tua bisa membersihkan debu dengan vacuum cleaner dan membantu merapikan tempat tidur.

Manfaatkan Aktivitas Berkebun

Nikmati aktivitas berkebun di halaman bersama. Anak-anak yang lebih muda dapat membantu menanam dan merawat taman. Anak-anak yang lebih tua dapat membersihkan daun-daun kering menjadi tumpukan – dan kemudian membuangnya ke dalam tong sampah.

Ide, olahraga, bersama, keluarga, jenis, latihan, kebugaran, manfaat, kesehatan, menyenangkan, orang tua, anak, quality, time, kebiasaan, hidup, sehat, bersepeda, jogging, berjalan, aktivitas, gym,

Menghabiskan waktu di kebun belakang rumah

Jika Anda menemui kesulitan untuk mengajak seluruh anggota keluarga berolahraga, cobalah cara berikut ini.

Berikan contoh yang baik

Orangtua akan selalu menjadi contoh atau figur yang ditiru dan menjadi panutan anaknya. Sehingga kebiasaan berolahraga seluruh keluarga dimulai dari Anda. Tak hanya memberi contoh, orangtua juga sebaiknya terlibat dalam aktivitas fisik. Jangan hanya menyuruh orang lain untuk menggerakkan tubuh, jadilah orang pertama yang memberi contoh.

Tentukan gaya berolahraga anak Anda

Setiap orang di keluarga Anda akan memiliki gaya berolahraganya masing-masing, dari yang cenderung menikmati olahraga sendirian hingga berorientasi kerja tim, dari olahraga yang melakukan kontak hingga berfokus pada individu. Dengan mencoba melibatkan gaya berolahraga yang mereka sukai, entah itu kelas tari atau yoga, tenis atau golf, Anda akan menambah kemungkinan para anggota keluarga menjadi senang berolahraga.

Jadikan seluruh keluarga terlibat

Berolahraga dengan anak-anak Anda tidak hanya baik bagi kesehatan namun juga untuk waktu kebersamaan bersama keluarga. Anak pada dasarnya ingin bergerak saat bersama dengan Anda. Sebagai keluarga, Anda bisa bergabung dengan sebuah kelas bersama seperti misalnya seni bela diri, yang mengajarkan disiplin, pertahanan diri, dan penyesuaian dengan seluruh tubuh.

Fokus pada hal yang menyenangkan

Berolahraga bersama keluarga tidak selalu berarti harus ke gym. Ketika Anda dan keluarga melakukan lompat tali, melompat-lompat di atas trampolin, atau berenang bersama di kolam renang, kegiatan ini juga berarti berolahraga bersama anak-anak. Kegiatan yang menyehatkan termasuk misalnya mengendarai sepeda, berlarian mengejar anak saat bermain petak umpet, atau lempar tangkap.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: