Ide Bisnis & Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Berwirausaha

Ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga antara lain warung makan dan katering, berjualan online, membuka les privat di rumah, menjadi penulis lepas. Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha, ada tips yang mungkin bisa dilakukan, yaitu cerdas membagi waktu. Ilustrasi: bisnis sampingan ibu rumah tangga (consumerenergyalliance.org)

Menjadi bukan berarti Anda tidak bisa memiliki penghasilan tambahan. Anda bisa membuka atau usaha kecil-kecilan sebagai langkah awalnya. Jika mencari mengenai ide untuk ibu rumah tangga, ada beberapa rekomendasi.  

Beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga antara lain warung dan katering, berjualan online, membuka les privat di rumah, menjadi penulis lepas, menjadi penerjemah, buka jasa spa di rumah, bermain saham, atau menjadi desain interior rumah.

Tetapi, ide bisnis tidak hanya seperti di atas. Anda masih bisa mencari ide bisnis lainnya, sesuai dengan minat masing-masing. Untuk memicu semangat serta motivasi, ada beberapa cerita mengenai ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha berikut ini.

Ada ibu rumah tangga bernama Marnah, yang sukses menjalankan dua usahanya secara bersamaan, yaitu usaha katering dan pembuatan rempeyek. Walaupun menjalankan bisnisnya, tetapi ia tidak lupa mengerjakan pekerjaan rumah seperti umumnya, mulai memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan mengurus keluarganya.

Ia memulai usaha rumahannya sejak tahun 2000. Usaha tersebut bermula dari hobinya, yaitu memasak. Hobi tersebut kemudian dikembangkan menjadi usaha katering dan pembuatan rempeyek. Awalnya, ia berjualan rempeyek dari satu tetangga ke tetangga yang lain. Ia juga sering membantu masak ketika ada acara, ternyata tetangga/konsumennya menyukai hasil Ibu Marnah. Dari situlah, berawal usaha katering kecil-kecilan.

Lambat laun, rempeyek Marnah laris manis. Banyak orang yang memesan untuk dikonsumsi sendiri atau dijual kembali. Sayangnya, Marnah tidak bisa memenuhi permintaan konsumen yang diluar dugaan. Hal tersebut disebabkan karena masalah usaha. Namun, masalah tersebut bisa teratasi.

Ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga antara lain warung makan dan katering, berjualan online, membuka les privat di rumah, menjadi penulis lepas. Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha, ada tips yang mungkin bisa dilakukan, yaitu cerdas membagi waktu.

Ilustrasi: Ibu Marnah (republika.co.id)

Sejak tahun 2012, ia bergabung dengan sebuah lembaga pembiayaan. Setelah bergabung, ia mendapatkan suntikan modal sebesar Rp 7 juta. Uang tersebut lalu ia gunakan untuk mengembangkan usaha rempeyek dan katering miliknya. Berkat ketekunan dan kerja keras Marnah, ia mampu menjalankan kedua usahanya dengan sukses.

Kini, usaha kateringnya makin dikenal banyak orang. Dalam waktu satu bulan, bisa sampai 2 kali memakai jasanya. Rata-rata untuk 500 hingga 1000 orang. Dan, usaha rempeyeknya masih berjalan juga.

Tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, usaha Marnah tersebut juga membuka lapangan kerja bagi orang lain. Kini, ia memiliki 4 orang pekerja yang membantu menjalankan usaha katering dan rempeyeknya.

Cerita sukses lainnya datang dari, Rizky Elsany, seorang ibu rumah tangga yang tidak hanya berhasil mengurus keluarganya, tetapi juga sukses menekuni usaha nugget sebagai bisnis sampingan di sela-sela mengurus keluarganya.

Awal mula terjun ke bisnis membuat nugget, yaitu keinginannya untuk membantu teman mendapatkan tambahan penghasilan. Saat itu, temannya fokus pada bagian produksi, sedangkan ia dan suami berfokus di bagian marketing.

Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata ia tidak merasa cocok menjalin kerja sama dengan temannya. Saat itu, produksi sering terlambat, sehingga delivery (pengiriman) menjadi terganggu, dan kualitas produk mulai menurun.

Lalu, ia mulai membuka bisnis nuggetnya seorang diri, berbekal oleh pengalamannya mencari dan meracik sendiri nugget ikan yang pas. Dengan modal awal kurang dari Rp 1 juta, Rizky mencoba memproduksi nugget ikan, yang saat itu belum banyak beredar. Itulah yang menjadikannya alasan mengapa memilih berjualan nugget ikan.

Ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga antara lain warung makan dan katering, berjualan online, membuka les privat di rumah, menjadi penulis lepas. Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha, ada tips yang mungkin bisa dilakukan, yaitu cerdas membagi waktu.

Ilustrasi: nugget (1tulatv.ru)

Dalam menjalankan bisnis, ia pernah mengalami kesulitan modal/keuangan untuk membeli mesin produksi nugget skala besar. Selain itu, kesulitan juga dialami ketika ia ingin mendapatkan izin sertifikasi halal dan BPOM, khususnya bagi pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) seperti dirinya. Dan, setelah setahun mendaftar, ia mendapatkan sertifikasi halal dari Disperindag & UKM Bekasi.

Kini, usahanya sudah berhasil meliputi jangkauan pemasaran di Pulau Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi. Untuk lebih memperlancar usahanya, ia dibantu oleh dua orang karyawan bagian produksi yang direkrutnya.

Tentunya, masih banyak kisah sukses ibu rumah tangga yang menjalankan bisnisnya. Mungkin menjadi hal yang tidak mudah, di sela mengurus keluarga, seorang ibu juga mengurusi usahanya. Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha, ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan, yaitu:

Cerdas membagi waktu. Hal pertama yang harus Anda perhatikan apabila ingin menjalankan bisnis sambil menjadi ibu rumah tangga adalah kemampuan membagi waktu. Secara tidak langsung, Anda dituntut untuk menjadi seorang profesional dalam hal membagi waktu antara keluarga dan bisnis. Anda harus tahu waktu yang tepat untuk mengurus bisnis yang dijalankan serta menyisihkan waktu untuk keluarga agar urusan di rumah tidak terganggu

Ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga antara lain warung makan dan katering, berjualan online, membuka les privat di rumah, menjadi penulis lepas. Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha, ada tips yang mungkin bisa dilakukan, yaitu cerdas membagi waktu.

Ilustrasi: bisnis sampingan ibu rumah tangga (stasiundropship.com)

Bisa mengatur uang dengan baik

Dengan berbisnis, Anda tentu bisa mendapat penghasilan yang lebih besar dari keuntungan. Walaupun begitu, Anda harus tetap mengatur dan mengelola keuangan yang ada. Jangan sampai semua urusan keuangan yang Anda miliki menjadi tidak terorganisir.

Jangan melupakan tanggung jawab

Walau merupakan seorang pebisnis, Anda harus tetap sadar dengan kewajiban utama sebagai seorang ibu rumah tangga. Seorang ibu memang bisa memikirkan banyak hal dalam satu waktu, namun tidak pada praktiknya. Anda harus tahu seberapa besar porsi perhatian Anda pada bisnis dan fokus Anda untuk mengurus keluarga.

Pilih bisnis yang sesuai

Banyak bisnis yang bisa Anda pilih, baik berjalan di bidang online maupun konvensional. Satu hal yang pasti, Anda harus cermat dalam memilih bisnis apa yang ingin Anda tekuni. Sebaiknya, sesuaikan jenis bisnis tersebut dengan kemampuan yang Anda miliki.

Tetap semangat

Dalam perjalanan bisnis, hal yang wajar apabila Anda merasa bosan dan jenuh. Selain karena aktivitas rumah yang bertambah, kejenuhan bisa datang karena banyaknya hal yang Anda harus lakukan dalam mengurus bisnis.

Jika hal ini sudah mulai dirasakan, Anda boleh mengambil waktu rileks sebentar, untuk mendapatkan ide-ide segar. Sambil mengambil waktu, untuk mencegah semangat menurun, mungkin Anda bisa mengingat kembali tujuan memulai bisnis, supaya motivasi dan semangat Anda tumbuh kembali.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: