Rekomendasi Produk Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

Ilustrasi: wanita memakai toner wajah (sumber: oureverydaylife.com)Ilustrasi: wanita memakai toner wajah (sumber: oureverydaylife.com)

Banyak wanita yang mungkin belum sepenuhnya paham seperti apa manfaat toner untuk skincare atau perawatan kulit sehari-hari. Padahal keberadaan toner bisa membersihkan sisa-sisa kotoran atau make-up yang masih menempel di wajah, sekaligus membantu merawat wajah lewat kandungan berbagai zat bermanfaat di dalamnya.

Seperti halnya memilih produk skincare lainnya, memilih toner pun perlu disesuaikan dengan jenis kulit Anda agar hasil yang dirasakan pun bisa maksimal. Agar lebih paham seputar toner dan jenisnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Toner

Toner pada dasarnya memiliki beberapa fungsi, yakni balancing atau mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses mencuci wajah, exfoliating atau mengangkat sel kulit mati, hydrating atau memberi hidrasi pada kulit, serta penetration atau mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya agar produk dapat terserap dengan baik.

Toner yang baik seharusnya bisa mencakup keempat fungsi tersebut. Tetapi tak semua toner dapat langsung memberi sejumlah manfaat itu. Oleh sebab itu, Anda setidaknya membutuhkan 2 jenis toner untuk memenuhi empat manfaat tersebut, yakni Acid Toner dan Hydrating Toner.

Baca juga:  Kesal Dengan Benjolan Kecil di Bawah Mata? Oleskan Produk Krim Retinol Untuk Milia

Ilustrasi: menuangkan toner (sumber: healthline.com)

Sebagai informasi, acid toner adalah toner yang memiliki kandungan untuk membantu proses eksfoliasi harian wajah dan di dalamnya mengandung beberapa bahan seperti AHA, BHA, atau PHA. Sedangkan hydrating toner merupakan toner yang membantu mengembalikan kondisi kulit usai proses pembersihan dan memakai acid toner, sekaligus untuk menghidrasi kulit. Hydrating toner juga cukup baik untuk membantu penyerapan produk perawatan kulit selanjutnya.

Menurut Fauzi & Nurmalina (2012), menggunakan toner setelah membersihkan wajah memang menimbulkan efek segar pada kulit. Bukan hanya itu, toner juga bisa mengurangi risiko kulit pecah serta minyak pada kulit.

Selain membuat toner sendiri di rumah, Anda juga dapat menggunakan toner yang sudah jadi dan tersedia di berbagai toko kosmetik atau pusat perbelanjaan. Jika tak ingin repot-repot membuat toner sendiri, saat ini juga sudah ada beberapa hydrating toner yang dirancang untuk kulit berminyak. Berikut ulasan lengkapnya.

Produk Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion (instagram: @hadalaboid)

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion (instagram: @hadalaboid)

Adalah produk pre-moisturizing, yakni digunakan sebelum pelembab. Dalam Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion diklaim mengandung 3 jenis Hyaluronic Acid untuk membantu meningkatkan kelembapan pada kulit dan mempertahankan keseimbangan serta kelembapan kulit. Selain itu, produk seharga Rp43 ribuan yang dikhususkan kulit berminyak ini juga dapat mengunci kelembapan di dalam kulit untuk hidrasi yang lebih baik, sehingga kulit akan terasa lebih halus, lembut, dan tetap elastis.

Baca juga:  Mengenali Pemicu Skin Picking Disorder (SPD) Dan Bagaimana Mengatasinya

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner

Sensatia Sandalwood Facial Toner (sumber: apaceritatami.com)

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner (sumber: apaceritatami.com)

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner adalah produk lokal yang diformulasikan khusus kulit berminyak dan kombinasi, hydrating tanpa alkohol ini membersihkan pori-pori yang tersumbat juga menenangkan kulit. Kandungan cendana di dalamnya membantu menyeimbangkan bagian kering dan berminyak pada wajah, sementara manggis menambahkan unsur antioksidan yang menutrisi, serta ekstrak lidah buaya biasa digunakan untuk meredakan beberapa permasalahan kulit seperti jerawat dan eczema. Anda dapat menggunakan Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner sebanyak dua kali sehari setelah membersihkan wajah untuk membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit wajah. Produk ini dibanderol seharga Rp160 ribu.

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90%

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% (instagram: @naturerepublicbali)

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% (instagram: @naturerepublicbali)

Produk seharga Rp190 ribu ini memiliki formula ringan tanpa lemak yang diklaim bebas dari 6 bahan berbahaya seperti paraben, warna buatan, dan minyak mineral. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% diklaim sangat memberi kelembapan untuk memberi nutrisi secara efektif dan memberi efek pendinginan pada kulit, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau mengalami masalah kulit kusam.

Baca juga:  Botox Mampu Kurangi Frekuensi Migrain Kronis?

Reaksi setiap orang setelah menggunakan produk toner tertentu bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda merasa cocok dan tidak merasakan efek negatif, bisa melanjutkan pemakaian. Namun sebaliknya, jika Anda merasa tidak cocok atau bahkan kulit mengalami iritasi, timbul kemerahan, atau bahkan muncul jerawat yang lebih dari biasanya, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Referensi:

Fauzi, Aceng R, Nurmalina Rina. 2012. Merawat Kulit dan Wajah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: