Hubungan Antara Endometriosis dan Seks yang Menyakitkan

Ilustrasi: nyeri berhubungan seks (sumber: smartparents.sg) Ilustrasi: nyeri berhubungan seks (sumber: smartparents.sg)

Ketika Anda menderita endometriosis, hubungan seks bisa menyakitkan. Tetapi itu tidak berarti Anda harus menyerah untuk menjadi intim dengan pasangan Anda. Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam pendekatan Anda terhadap seks. Ada cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit.

Apa Itu Endometriosis?

Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan yang disebut endometrium ini dapat tumbuh di indung telur, usus, tuba falopi (saluran telur), vagina, atau di rektum (bagian akhir usus yang terhubung ke anus).

Sebelum menstruasi, endometrium akan menebal sebagai tempat untuk menempelnya sel telur yang sudah dibuahi. Bila tidak dalam kondisi hamil, endometrium tersebut akan luruh, lalu keluar dari tubuh sebagai darah menstruasi. Pada kasus endometriosis, jaringan endometrium di luar rahim tersebut juga ikut menebal, tetapi tidak dapat luruh dan keluar dari tubuh. Kondisi tersebut dapat menimbulkan keluhan nyeri, bahkan dapat menyebabkan kemandulan.

Endometriosis diduga terkait dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, atau aliran darah menstruasi yang berbalik arah. Kondisi ini umumnya ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri di perut bagian bawah dan panggul.
  • Volume darah yang berlebihan saat menstruasi.
  • Sakit saat buang air besar atau buang air kecil.

Sekitar dua pertiga wanita dengan endometriosis melaporkan beberapa jenis masalah seksual. Setiap wanita berbeda, tentu saja. Beberapa melaporkan tidak ada dispareunia, atau rasa sakit selama hubungan seksual. Yang lain terluka selama dan sesudahnya. Rasa sakit dapat berlangsung berjam-jam setelah berhubungan seks dan bahkan hingga beberapa hari.

Wanita juga menggambarkan ketidaknyamanan secara berbeda. Laporan berkisar dari nyeri ringan hingga nyeri tajam, menusuk hingga nyeri yang dalam. Beberapa mengatakan penetrasi apapun menyakitkan, sementara yang lain mengatakan bahwa hanya penetrasi mendalam yang membawa ketidaknyamanan.

Hubungan Antara Endometriosis dan Seks yang Menyakitkan

Ilustrasi: nyeri pada organ kewanitaan (sumber: sheknows.com)

Ilustrasi: nyeri pada organ kewanitaan (sumber: sheknows.com)

Alasan wanita menggambarkan dan mengalami rasa sakit secara berbeda adalah karena endometriosis dapat tumbuh di berbagai tempat di sekitar rahim, saluran tuba, dan bagian belakang vagina.

Seks mungkin paling menyakitkan jika endometriosis ada di belakang vagina Anda di rahim bawah. Kadang-kadang endometriosis bahkan dapat menempelkan vagina ke dubur. Penetrasi dapat menarik atau meregangkan jaringan yang teriritasi, menyebabkan rasa sakit.

Jika endometriosis ada di tempat lain, seperti pada indung telur Anda, maka Anda mungkin tidak merasakan sakit atau kurang merasakan sakit saat berhubungan seks. Dan jika endometriosis ada di banyak tempat, hubungan seks mungkin menyakitkan apapun yang terjadi.

Emosi Memainkan Peran

Endometriosis tidak hanya mengganggu hubungan intim – itu dapat mempengaruhi seksualitas secara umum. Seks seharusnya mengenai dua orang yang saling menikmati secara fisik. Jika seks menyebabkan rasa sakit, Anda tidak dapat bersenang-senang. Ini mungkin akan mengurangi keinginan Anda untuk berhubungan seks.

Beberapa wanita mengutip endometriosis sebagai alasan dorongan seks mereka lebih rendah. Beberapa pasangan mengatakan aktivitas seksual mereka telah menurun karena endometriosis. Masalah tersebut dapat menyebabkan ketegangan dan gejolak emosional dalam suatu hubungan.

Beberapa pasangan pria mengalami masalah dengan disfungsi ereksi atau kecemasan kinerja setelah ditolak berkali-kali oleh seorang wanita. Bantu pasangan Anda memahami bahwa penolakan itu karena sakit fisik, bukan karena Anda tidak tertarik padanya.

Cara Meredakan Rasa Sakit

Berkomunikasi dengan pasangan Anda

Aktivitas seksual adalah topik yang sangat pribadi. Meskipun Anda mungkin merasa canggung membicarakannya dengan pasangan Anda, ketidaknyamanan itu mungkin kurang dari rasa sakit yang akan terus Anda rasakan jika Anda tidak berbicara. Berbicara dengan pasangan Anda tentang dispareunia akan membantu mereka memahami situasi Anda dengan lebih baik. Untuk membuatnya lebih mudah:

  • Sisihkan waktu ketika Anda dan pasangan dapat mengobrol tanpa gangguan atau gangguan.
  • Jelaskan apa itu endometriosis. Jika Anda memerlukan definisi pemula, coba ini: Ini adalah ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim saya tumbuh di luarnya. Ini mengiritasi organ-organ di sekitarnya dan membuat saya sakit.
  • Jika Anda merasa nyaman, beri tahu mereka bagaimana kondisi itu membuat Anda merasa secara fisik dan emosional.
  • Hanya menawarkan informasi sebanyak yang Anda mau.
  • Jika Anda mau, bawalah pasangan Anda ke janji dengan dokter sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan dan merasa termasuk dalam sistem pendukung Anda.

    Ilustrasi: nyeri pada organ kewanitaan (sumber: doktersehat.com)

    Ilustrasi: nyeri pada organ kewanitaan (sumber: doktersehat.com)

Berkomunikasi dengan dokter Anda

Anda mungkin tidak ingin membahas seks yang menyakitkan dengan dokter Anda, tetapi Anda harus melakukannya. Kesehatan seksual adalah bagian dari kesehatan fisik dan mental Anda, jadi ada baiknya meningkatkan keberanian. Dokter Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan untuk mengendalikan endometriosis, atau ia mungkin menyarankan operasi laparoskopi, yang merupakan perawatan umum.

Dokter bedah akan mengangkat sebanyak mungkin jaringan yang tumbuh di luar rahim. Sebagian besar orang yang pernah mengalaminya mengatakan kualitas hidup mereka meningkat dan seks tidak begitu menyakitkan.

Pikirkan tentang waktu

Rasa sakitnya mungkin bertambah buruk di sekitar menstruasi Anda. Anda mungkin mencoba menghindari seks selama waktu ini.

Bereksperimen dengan posisi

Beberapa wanita mengatakan posisi seks apapun menyebabkan rasa sakit, sementara wanita lain hanya menemukan posisi tertentu menimbulkan luka. Ini dapat membantu untuk menemukan satu tempat penetrasi dangkal atau di mana Anda memiliki kontrol atas kedalaman, seperti posisi sendok berdampingan dengan penetrasi dari belakang.

Pertimbangkan bentuk-bentuk kesenangan lain

Hubungan seksual bukan satu-satunya cara untuk menjadi dekat dengan pasangan Anda, tentu saja. Cobalah foreplay, seks oral, atau masturbasi bersama.

Gunakan pelumas

Beberapa wanita dengan endometriosis menggunakan sejenis terapi hormon untuk mengobati gejalanya. Tapi ini bisa menyebabkan kekeringan pada vagina, yang juga membuat seks tidak nyaman. Lube dapat membantu dengan itu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: