Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer dari Daun Kemangi

Ilustrasi: memakai hand sanitizer (Anna Shvets via pexels)Ilustrasi: memakai hand sanitizer (Anna Shvets via pexels)

Sejak pandemi virus corona (Covid-19) merebak, kebutuhan akan hand sanitizer pun meningkat. Ketika awal-awal terjadinya pandemi, harga hand sanitizer bahkan meningkat drastis. Oleh sebab itu masyarakat berupaya untuk kreatif menciptakan hand sanitizer yang memiliki sifat antiseptik dari bahan-bahan alami seperti dari daun kemangi.

Antiseptik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa, untuk mengurangi kemungkinan infeksi, sepsis atau pembusukan. Beberapa antiseptik adalah germisidan sejati, yang mampu menghancurkan mikroba, sementara yang bersifat bakteriostatik hanya mencegah atau menghambat pertumbuhannya. Antiseptik sering digunakan misalnya untuk membersihkan luka, mensterilkan tangan sebelum melakukan tindakan yang memerlukan sterilitas.

Hand sanitizer merupakan salah satu bahan antiseptik berupa gel yang sering digunakan masyarakat sebagai media pencuci tangan yang praktis. Produk hand sanitizer ada yang berbentuk cair dan ada yang berbentuk gel. Masyarakat pada umumnya menyukai penggunaan hand sanitizer dalam bentuk gel karena menimbulkan rasa dingin di kulit dan mudah mengering. Bahan sediaan gel tersebut yang bisa digunakan adalah carbopol 94, sebab mempunyai stabilitas tinggi dan toksisitasnya rendah, sehingga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan gel sebagai antibakteri.[1]

Baca juga:  Apa Itu Lucid Dreaming?

Hand sanitizer dengan cepat membunuh spektrum luas mikroba, termasuk bakteri, virus, dan jamur. Namun, hand sanitizer dapat digunakan ketika tidak ditemukan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan. Hand sanitizer tidak dapat menjadi pembersih yang baik dan tidak dapat menggantikan cuci tangan, terutama saat tangan terlihat kotor.[2]

Hand sanitizer mulai marak digunakan setelah diketahui bahwa di Indonesia terdapat masyarakat positif Covid-19 yang membuat sediaan hand sanitizer di pasaran habis dalam waktu yang singkat. Kelangkaan hand sanitizer di pasaran memunculkan kekhawatiran banyak orang, sehingga memproduksi dan mengonsumsi hand sanitizer secara mandiri dilakukan sebagai antisipasi penularan Covid-19.

Ilustrasi: memakai hand sanitizer (Anna Shvets via pexels)

Ilustrasi: memakai hand sanitizer (Anna Shvets via pexels)

Namun dengan inisiatif tersebut tidak sedikit juga orang yang membuat hand sanitizer dengan menggunakan bahan serta formulasi yang tidak tepat. Padahal hand sanitizer bekerja efektif sebagai antibakteri dengan kandungan alkohol sekitar 60-90%.[3]

Hand Sanitizer dari Daun Kemangi

Bahan alami yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai hand sanitizer adalah daun kemangi (Ocinum cannum). Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat sebagai obat, pestisida nabati, penghasil minyak atsiri, sayuran, dan minuman penyegar. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropis termasuk di Indonesia juga ada.

Baca juga:  Pengobatan dan Tips Berdamai dengan Disfungsi Ereksi

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh biro penelitian dan aplikasi, Universitas Ataturk, Turki, menunjukkan bahwa ekstrak ethanol dari daun kemangi (Ocinum cannum.) mempunyai daya anti bakteri terhadap sembilan species termasuk dari genus Acinetobacter, Bacillus, and Micrococcus. Sedangkan ekstrak methanol dan hexanol dari daun kemangi (Ocinum cannum) menunjukkan adanya aktivitas anti bakteri terhadap tiga belas species dari tujuh genus termasuk Acinetobacter, Bacillus, Brucella, Eschericia, Micrococcus, dan Staphylococcus, dan efek anticandida terhadap Candida albicans.

Hand sanitizer alami, yakni dari ekstrak daun kemangi dapat memberikan solusi terkait dengan bahaya yang diberikan hand sanitizer yang menggunakan alkohol karena ekstrak daun kemangi mengandung minyak atsiri.[4]

Daun kemangi (sumber: klikdokter.com)

Daun kemangi (sumber: klikdokter.com)

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Kemangi

Bahan Hand Sanitizer Daun Kemangi

  • Daun Kemangi
  • Lidah Buaya
  • Daun Sirih
  • Air

Langkah Pembuatan Hand Sanitizer Daun Kemangi

  1. Blender larutan awal dengan mencampur daun kemangi dan air secukupnya.
  2. Keluarkan larutan pertama, kemudian cuci bersih blender.
  3. Untuk larutan kedua, isi dengan daging lidah buaya dan ditambahkan air secukupnya.
  4. Apabila sudah, campurkan kedua larutan tersebut dalam sebuah wadah dengan perbandingan yang sama, yakni 1:1.
  5. Tambahkan perasan air daun sirih sebagai wewangian dan hand sanitizer dari bahan alami ini bisa Anda gunakan kapan saja sesuai kebutuhan.
Baca juga:  Sudah Tahu Belum? Ini Manfaat & Cara Mengolah Kacang Macadamia

Bagaimana? Cukup mudah kan cara membuat hand sanitizer dari daun kemangi? Meskipun cukup ekonomis dan bahannya mudah ditemukan, upayakan untuk tetap mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir demi menjaga tangan Anda terbebas dari kuman atau bakteri yang masih menempel.

[1] Zulkifli, dkk. 2020. Berkarya Bersama di Tengah COVID-19 (hlm 258). Herdah, editor. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

[2] Hasnidar, dkk. 2020. Ilmu Kesehatan Masyarakat (hlm 128). Alex R, editor. Medan: Yayasan Kita Menulis.

[3] Abdussalam, I dkk. 2020. Optimalisasi Potensi Hadapi Pandemi (hlm 12-13). Enok R, editor. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

[4] Cahyani, NME. 2014. Daun Kemangi (Ocinum Cannum) Sebagai Alternatif Pembuatan Handsanitizer. Jurnal Kemas 9(2): 136-142. Jember: Universitas Negeri Semarang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: