Hal Yang Perlu & Tidak Perlu Dilakukan Ketika Memakai Minyak Esensial

essential, oil, minyak, esensial, hal, yang, perlu, tidak, dilakukan, alami, bahan, daun, herbal, cara, salah, alergi, iritasi, usia, anak-anak, kulit, bermasalah, konsultasi, dokter, menyimpan, aman, waktu, lama Ilustrasi tetesan minyak esensial (sumber: health.com)

Apa itu esensial atau essential oil? itu biasanya terbuat dari seperti daun, herbal, kayu, dan lainnya. Pembuat minyak biasanya menggunakan metode yang berbeda untuk memusatkan bahan-bahan ke dalam minyak. Anda dapat menambahkan bahan tersebut ke dalam minyak sayur, krim, atau gel mandi. Mungkin bisa juga digunakan sebagai pewangi ruangan, menggosoknya di , atau menaruhnya di kamar mandi Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial dapat memberi efek positif jika digunakan dengan cara yang benar. Selalu periksa label dan tanyakan kepada dokter jika Anda tidak yakin apakah minyak esensial itu baik untuk digunakan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Minyak Esensial

Bagaimana cara terbaik menggunakan minyak esensial? Ada beberapa kondisi yang dianggap baik jika Anda memutuskan memakai essential oil, yaitu:

Jika Anda Merasa Cemas

Cobalah wewangian seperti lavender, chamomile, dan air mawar yang dapat membantu Anda merasa lebih tenang. Anda dapat menghirup wangi minyak esensial atau bisa juga mengoleskannya ke kulit di bagian-bagian tertentu.

Peneliti berpikir bahwa minyak esensial akan mengirim pesan ke bagian otak yang memengaruhi suasana hati dan emosi. Meskipun aroma itu tidak akan menghilangkan semua stres yang Anda , tetapi aromanya dapat membuat Anda merasa rileks.

Jangan Gosok Minyak ke Seluruh Area

Minyak esensial mungkin akan disarankan untuk dipakai di lengan dan kaki, tetapi menjadi tidak aman ketika Anda memutuskan diaplikasikan ke dalam mulut, hidung, mata, atau bagian-bagian pribadi Anda. Wewangian yang biasa diaplikasikan ke beberapa bagian tubuh misalnya serai, peppermint, dan kayu manis.

essential, oil, minyak, esensial, hal, yang, perlu, tidak, dilakukan, alami, bahan, daun, herbal, cara, salah, alergi, iritasi, usia, anak-anak, kulit, bermasalah, konsultasi, dokter, menyimpan, aman, waktu, lama

Ilustrasi minyak esensial dioleskan pada kaki

Cek Kualitas Produk

Produsen yang telah terpercaya akan membuat minyak dari bahan alami tanpa campuran bahan lainnya. Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap minyak, mungkin saja minyak itu mengandung bahan lain. Tetapi, tidak semua bahan tambahan itu buruk. Beberapa minyak tambahan dari tumbuhan mungkin saja memang bisa dijadikan tambahan untuk kandungan minyak esensial yang lebih kaya.

Jangan Mudah Terpengaruh Oleh Review Menggiurkan

Hanya karena minyak esensial terbuat dari tumbuhan dan diklaim bersifat alami, bukan berarti itu aman untuk digosokkan pada kulit, atau membantu pernapasan, dikonsumsi, dan lainnya.

Bahan-bahan alami bisa saja menyebabkan iritasi, keracunan, atau alergi. Apapun yang Anda aplikasikan ke kulit, sebaiknya diuji di sedikit area kulit Anda, dan lihat bagaimana respons kulit. Jika respons kulit cenderung baik, maka bisa dilanjutkan penggunaannya, tetapi jika tidak, maka sebaiknya hentikan pemakaian produk.

Jangan Menyimpan Minyak Dalam Jangka Waktu Lama

Secara umum, disarankan untuk tidak menyimpan minyak esensial dalam jangka waktu yang relatif lama. Minyak mungkin akan terkena paparan oksigen sehingga tidak akan bekerja dengan baik. Lalu, akibatnya adalah minyak bisa menimbulkan iritasi kulit atau alergi.

Jika Anda melihat ada perubahan besar pada minyak, misalnya teksturnya berubah, baunya berubah, hal itu mungkin saja karena minyak sudah terkontaminasi dengan oksigen atau lainnya. Sebaiknya Anda tidak menggunakan minyak yang sudah disimpan dan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jangan Oleskan Minyak ke Kulit

essential, oil, minyak, esensial, hal, yang, perlu, tidak, dilakukan, alami, bahan, daun, herbal, cara, salah, alergi, iritasi, usia, anak-anak, kulit, bermasalah, konsultasi, dokter, menyimpan, aman, waktu, lama

Jintan dan minyak jintan (sumber: steemkr.com)

Minyak jinten memang biasanya digunakan ketika Anda memasak. Tetapi, jangan pernah berpikiran untuk mengoleskannya pada kulit hanya karena merasa bahwa itu minyak yang bermanfaat bagi kulit. Jika Anda mengoleskan minyak jinten, bisa saja kulit menjadi melepuh.

Minyak citrus/jeruk juga biasanya aman digunakan ketika menjadi campuran bahan masakan. Namun, bisa berakibat buruk jika Anda mengoleskannya pada kulit, terutama jika Anda termasuk orang yang suka beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari.

Begitu pula dengan minyak kayu putih. Mungkin saja minyak itu bisa memberikan efek hangat dan menenangkan bagi Anda jika menghirupnya. Namun, Anda tidak disarankan untuk meminumnya karena bisa menyebabkan komplikasi serius seperti kejang.

Konsultasi Dengan Dokter

Dokter lebih mengetahui mengenai produk apa yang aman dan memiliki efek samping. Anda akan diberi resep untuk menebus produk yang sesuai dengan kondisi . Misalnya saja peppermint dan minyak kayu putih mungkin dapat membantu tubuh dalam penyerapan obat kanker 5-fluorouracil. Jika Anda menggunakan minyak tidak sesuai dengan anjuran dokter, maka mungkin saja menyebabkan ruam, gatal-gatal, atau masalah pernapasan.

Sebaiknya Campurkan Minyak

Minyak murni terlalu kuat jika digunakan langsung. Sebelum menggunakan, Anda bisa mencampurkan minyak terlebih dahulu, biasanya dengan minyak sayur atau krim/gel mandi hingga campuran itu memiliki kandungan sedikitnya 1 persen hingga 5 persen minyak esensial. Semakin tinggi persentase kandungan minyak esensial, maka semakin besar kemungkinan kulit Anda untuk bereaksi. Jadi penting untuk mencampurnya dengan benar.

Jangan Gunakan Pada Kulit Yang Bermasalah

essential, oil, minyak, esensial, hal, yang, perlu, tidak, dilakukan, alami, bahan, daun, herbal, cara, salah, alergi, iritasi, usia, anak-anak, kulit, bermasalah, konsultasi, dokter, menyimpan, aman, waktu, lama

Ilustrasi wanita memiliki masalah kulit

Kulit yang terluka atau meradang akan menyerap lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan reaksi kulit yang tidak diinginkan. Minyak murni dapat sangat berbahaya bagi kulit yang bermasalah.

Pertimbangkan Usia

Dalam menggunakan minyak esensial, sebaiknya pertimbangkan mengenai usia juga. Anak-anak dan orang berusia lanjut mungkin lebih sensitif terhadap minyak itu. Sehingga, ketika Anda akan memberikan minyak esensial kepada anak-anak atau mungkin nenek kakek, cairkan minyak lebih banyak jumlahnya.

Perlu diperhatikan juga ada beberapa jenis minyak yang sebaiknya dihindari seperti birch dan wintergreen. Bahkan, dalam jumlah kecil, kedua minyak itu bisa saja menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada anak-anak. Sebaiknya Anda tidak memberi minyak esensial pada bayi, kecuali sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter anak.

Dikarenakan minyak esensial merupakan produk dengan bahan yang terkonsentrasi dan mungkin bisa menimbulkan masalah kesehatan serius, khususnya jika digunakan dalam dosis atau cara yang salah.

Supaya tetap terjaga kandungan di dalam produknya dan tidak berbahaya, sebaiknya simpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak serta tidak langsung terkena sinar matahari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: